Ciri-ciri Ikan Bawal Berkualitas

Ciri-ciri Ikan Bawal Berkualitas – Ikan bawal merupakan salah satu jenis ikan air tawar terbesar dari golongan ikan neotropik. Ikan bawal memiliki pertumbuhan yang relatif cepat dibanding beberapa jenis ikan air tawar lain. Ikan bawal pada awalnya dikenal masyarakat sebagai ikan hias dan diperdagangkan di pusat penjualan ikan hias.

Postur tubuh ikan bawal agak bulat, bentuk tubuhnya pipih, ukuran sisik kecil, kepalanya hampir bulat, lubang hidung tampak besar, sirip dada berada di bawah tutup insang, antara sirip perut dan sirip dubur terpisah, serta punggung berwarna abu- abu tua, perut putih abu-abu dan merah.

Selain itu ikan bawal juga memiliki ciri-ciri yang berkualitas. Yuk, simak lebih lanjut tentang ciri-ciri ikan bawal yang berkualitas.

Ciri-Ciri Ikan Bawal Berkualitas

Ikan bawal yang berkualitas tinggi adalah ikan bawal yang terlihat masih segar dari sisi manapun. Jika memiliki kualitas yang tinggi, ikan bawal mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Anda tidak disarankan untuk membeli ikan bawal yang tidak terlihat segar karena ikan tersebut bisa menjadi tempat berkembangbiaknya berbagai macam bakteri. Jika masuk ke dalam tubuh manusia, bakteri-bakteri tersebut akan menjadi racun yang nantinya akan menimbulkan penyakit.

Mari simak ciri-ciri ikan bawal yang berkualitas tinggi agar tidak bingung memilih ketika hendak membeli!

1. Tekstur Daging Ikan

Ciri ikan bawal berkualits yang pertama adalah pada tekstur daging ikan. Jika masih segar, ikan bawal akan mempunyai tekstur daging yang keras. Untuk mengetahui tekstur daging ikan bawal, Anda bisa menekan ikan dengan jari telunjuk. Jika tekstur daging ikan lembek dan mudah hancur, bisa dipastikan ikan sudah tidak segar dan akan membusuk dalam waktu dekat.

Read More

2. Kondisi Badan Ikan

Hal yang paling mencolok dari ikan bawal ketika pertama kali dilihat adalah sisiknya. Hal ini bisa menjadi hal pertama yang Anda perhatikan.

Untuk memilih ikan bawal yang berkualitas tinggi, pastikan tidak ada sisik yang terlepas dari tubuh ikan. Ikan bawal yang sehat dan berkualitas tinggi juga tidak akan mempunyai luka di sekujur tubuhnya.

3. Kondisi Mata Ikan

Ciri ikan bawal berkualitas selanjutnya dapat dilihat dari kondisi mata ikan. Ikan bawal segar yang mempunyai kualitas tinggi bisa dilihat dari kondisi matanya. Jika masih dalam kondisi segar, mata ikan bawal akan menonjol keluar, cenderung cembung, bening, dan terlihat jelas. Jika mata ikan sudah layu, buram, dan berkabut, artinya ikan sudah tidak segar dan kualitasnya tidak lagi tinggi.

4. Kondisi Insang Ikan

Ciri ikan bawal berkualitas yang terakhir dapat dilihat pada kondisi insang. Insang yang berwarna merah segar, bersih, dan basah adalah ciri-ciri ikan yang mempunyai kualitas tinggi. Semakin merah warna insang ikan bawal, semakin tinggi kualitasnya.

Sebaliknya, jika insang ikan bawal berwarna kecokelatan atau keabuan serta terlihat kering, ikan tersebut tidak segar atau tidak layak konsumsi. Untuk mengecek warna insang ikan, Anda bisa mengangkat penutup insang yang terletak di sisi kepala ikan.

Itulah pembahasan mengenai ciri-ciri ikan bawal yang berkualitas. Semoga bermanfaat!

Related posts