Perbedaan Ikan Gurame Jantan dan Betina

Perbedaan Ikan Gurame Jantan dan Betina – Ikan Gurami (Osphronemus gouramy) merupakan ikan asli Indonesia yang berasal dari perairan di daerah Jawa Barat. Ikan gurami merupakan salah satu komoditi perikanan air tawar yang penting karena permintaan pasar yang cukup tinggi.

Selain itu, ikan gurame juga merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang populer di kalangan masyarakat sehingga banyak orang yang membudidaya ikan gurame.

Mungkin sebagaian Pembudidaya ikan gurame ada yang belum mengetahui perbedaan ikan gurame jantan dan betina. Ternyata, cara membedakannya sangatlah mudah, lho!

Dengan mengetahui perbedaan ikan gurame jantan dan betina, dapat membantu Anda dalam proses pembenihan. Sehingga, pembenihan dapat dilakukan dengan baik dan menghasilkan benih unggul.

Pembdidaya tidak perlu bingung lagi untuk membedakannya. Karena dalam artikel ini kita akan membahas mengenai perbedaan ikan gurame jantan dan betina. Yuk, simak berikut pembahasannya.

Perbedaan Ikan Gurame Jantan dan Betina

1. Pergerakan Ikan Gurame

Perbedaan yang pertama yaitu dapat dilihat dari pergerakan ikan tersebut. Ikan gurame jantan memiliki gerakan yang lincah dikarenakan bentuk tubuh ikan yang ramping sehingga gerakannya menjadi cepat. Sedangkan ikan gurame betina memiliki gerakan lamban dikarenakan bentuk tubuh yang bulat dan besar. Ketika ikan gurame betina sedang bertelur maka gerakan ikan betina akan semakin lamban.

2. Melihat Bagian Tubuh Kepala dan Dahi Ikan Gurame

Read More

Ikan gurame jantan pada bagian kepala dan dahi memiliki ciri cenderung menonjol dan terlihat lebih jenong. Sedangkan ikan gurame betina pada bagian kepala dan dahi tidak menonjol dan tidak jenong.

3. Perhatikan Ciri Bentuk Tubuh Ikan Gurame

Dalam membedakan ikan jantan dan ikan betina gurame yang selanjutnya yang dapat diperhatikan ialah dengan melihat bentuk tubuh ikan. Ikan gurame jantan meiliki ciri bentuk tubuh yang ramping dengan bagian perut ikan terlihat lebih runcing. Hal tersebut dikarenakan ikan gurame jantan tidak meiliki rahim. Sedamngkan, ikan gurame betina meiliki bentuk tubuh bulat dan tebal pada bagian perutnya. Pada saat ikan gurame betina sedang bertelur kondisi bentuk tubuhnya akan semakin berbentuk bulat dan besar.

4. Melihat Organ Reproduksi Ikan Gurame

Ikan gurame jantan dalam melihat alat reproduksinya lebih mudah dikarenakan tubuh ikan gurame jantan memiliki tubuh yang ramping dan runcing. Alat reproduksi ikan gurame jantan terlihat lebih menonjol dan berbentuk lonjong seperti benjolan. Sedangkan ikan gurame betina alat reproduksi memiliki bentuk oval dan pada saat ditekan akan mengeluarkan cairan berwarna putih.

5. Pada Bagian Sirip Ikan Gurame

Perbedaan ikan gurame jantan dan betina yang terakhir yaitu dapat dilihat melalui sirip dan sisik ikan tersebut. Ikan gurame jantan memiliki warna sirip hitam atau warna cokelat gelap. Sedangkan ikan gurame betina memiliki sirip yang cenderung terang yaitu berwarna putih dan krem.

Selain itu, susunan ikan gurame jantan memiliki karakteristik cenderung normal. Sisik ikan gurame jantan akan terlihat tersusun rapi atau seperti ikan pada umumnya. Sedangkan sisik ikan gurame betina memiliki ciri atau terlihat terbuka dalam susunannya.

Itulah pembahasan mengenai perbedaan antara ikan gurame jantan dan ikan gurame betina. Semoga bermanfaat!

Related posts