Inilah Jenis Koi Langka di Pasar Lokal

Gilakoi.com – Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Jenis Koi Langka di Pasar Lokal, bagi anda yang ingin mengetahui informasi tersebut silahkan simak artikel yang akan kami paparkan berikut ini.

Karena banyak ragam dan jenisnya, maka koi diklasifikasikan menjadi setidaknya 13 varitas. Dari berbagai varitas itu, tidak semuanya mudah diperoleh di tempat penjualan koi (koi dealer). Mau tahu, varitas apa saja yang merupakan Koi langka atau bahkan sangat sulit di temukan dipasaran?

Berikut ini liputannya..

1. Chagoi dan Doitsu Chagoi

Chagoi yang saya maksud disini adalah yang warnanya benar benar coklat seperti namanya Cha-goi. Cha berarti coklat seperti warna air teh dan Goi artinya ikan. Chagoi yang banyak tersedia di pasaran adalah yang warnanya lebih cenderung kehijauan.

Sedangkan Doitsu (baca Doits) Chagoi, adalah chagoi yang tidak berisisik.

2. Ochiba Shigure

Ochiba Shigure adalah adalah hasil persilangan antara Soragoi dan Chagoi. Koi ochiba di pasar lokal relatif kurang tegas dan pekat warna coklatnya. Ochiba yang bagus masih didominasi koi import dari Jepang.

3. Ki Utsuri dan KinKi Utsuri

Ki artinya kuning. Jadi Ki Utsuri adalah Utsuri yang didominasi warna kuning juga masih sangat sulit ditemukan di pasar lokal. Warna kuning pada Ki utsuri mirip dengan warna daun Ginkgo Biloba, berbeda dengan Hi utsuri yang warnanya merah atau kuning tua (oranye)

4. Aka Matsuba

Matsuba adalah jenis koi dengan pola seperti jaring dipunggungnya. Aka artinya merah. Matsuba yang seluruh badannya berwarna merah berikut ini masih sangat langka.

5. Beni Goi

Beni artinya merah. Jadi Beni Goi artinya Ikan merah dan memang seluruh tubuhnya berwarna merah polos seperti gambar berikut :

Read More

6. Budo Goromo

Budo artinya ungu tua seperti warna anggur. Jadi Budo Goromo adalah jenis goromo dengan warna ungu tua.  Di pasar lokal yang tersedia biasanya adalah ai goromo, ai artinya biru keunguan atau indigo, sedangkan budo artinya ungu tua. Sedangkan Goromo artinya baju.

7. Kumonryu

Kumonryu adalah untuk memberi nama koi yang dipunggungnya seperti ada lukisan naga. Koi ini juga tak mudah anda dapatkan di pasar lokal.

8. Midori goi

Midori artinya hijau, jadi midori goi adalah koi doitsu dengan warna kehijauan

9. Goshiki

Goshiki dari kata Go artinya lima Shiki artinya warna. Koi Goshiki punya 5 warna yaitu biru, biru muda, merah, hitam dan putih. Ini juga termasuk koi langka meskipun Goshiki dipasar lokal kadangkala tersedia, namun kualitasnya belum mampu bersaing dengan Goshiki import terutama pada warna merah.

Nah itulah informasi mengenai Jenis Koi Langka di Pasar Lokal yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat. anda juga dapat membaca artikel lainnya di situs gilakoi.com.

Related posts

Leave a Reply