Cara Mengatasi Ikan Bawal Susah Makan

Cara Mengatasi Ikan Bawal Susah Makan – Ikan bawal merupakan salah satu jenis ikan air tawar terbesar dari golongan ikan neotropik. Ikan bawal memiliki pertumbuhan yang relatif cepat dibanding beberapa jenis ikan air tawar lain. Ikan bawal pada awalnya dikenal masyarakat sebagai ikan hias dan diperdagangkan di pusat penjualan ikan hias.

Mungkin dari sebagian pembudidaya ada yang mengalami ikan bawal budidayanya mengalami kehilangan nafsu makan, sehingga ikan bawal susah makan jika diberi pakan.

Jika ikan bawal budidaya Anda mengalami kehilangan nafsu makan, mungkin ada beberapa faktor yang menyebabkan ikan bawal tidak mau makan seperti, kualitas air kolam buruk, pakan ikan yang diberikan tidak sesuai, ikan bawal mengalami stres, seranagn hama dan penyakit.

Nah, jika ikan bawal Anda kehilangan nafsu makan, sebaiknya Anda segera mengatasi hal tersebut. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi ikan bawal susah makan. Yuk, simak berikut pembahasannya.

Cara Mengatasi Ikan Bawal Susah Makan 

1. Menjaga Kualitas Air

Cara mengatasi ikan bawal susah makan yang pertama adalah menjaga kualitas air. Ada 4 faktor utama untuk menjaga kualitas air kolam ikan bawal, yaitu suhu air, kadar oksigen, tingkat asam basa, dan kebersihan kolam.

Monitoring Suhu Air

Suhu air dapat cepat berubah apalagi saat terjadi perubahan suhu ekstrem, untuk itu Anda harus memeriksa suhu kolam ikan menggunakan alat pengukur suhu untuk kolam.

Read More

Menjaga Kadar Oksigen

Kadar oksigen dapat diukur menggunakan DO meter. Apabila Anda menemukan kadar oksigen menurun maka gunakan aerator atau kincir untuk menyuplai oksigen pada kolam ikan bawal.

Menjaga pH Air

Apabila pH air terlalu asam maka Anda dapat memberikan kapur agar kondisi kolam kembali netral. Sedangkan bila air terlalu basa, maka Anda bisa menambahkan probiotik.

Menjaga Kebersihan Kolam

Cara menjaga kebersihan kolam saat terlihat keruh adalah Anda dapat membuang air kolam sebanyak 30% dari total keseluruhan air kemudian mengisi kembali secara berkala hingga volume air seperti awal.

2. Memantau Kesehatan Ikan Bawal

Cara selanjutnya adalah dengan monitoring kesehatan ikan bawal secara berkala. Apabila kualitas air tidak sesuai, maka dapat mengakibatkan ikan bawal stres. Ciri-ciri ikan stres biasanya ikan akan menyendiri dan berdiam di tepi kolam, serta warnanya akan memudar.

Dengan memantau kondisi ikan bawal, Anda dapat langsung melakukan penangan apabila menemukan ikan yang stres. Caranya adalah dengan memisahkannya dan melakukan pengobatan pada ikan tersebut.

3. Memastikan Kebutuhan Pakan Ikan Bawal Tercukupi

Ikan bawal harus diberikan pakan dengan nutrisi yang tinggi. Jenis pakan yang dapat Anda berikan adalah pakan alami, pelet, dan limbah makanan. Pemberian pakan dilakukan sebanyak 3 kali sehari, yaitu pagi, siang, dan sore hari. Total pemberian pakan sebesar 3-5% dari bobot tubuhnya untuk setiap pemberian pakan.

Anda perlu menerapkan sistem periodik saat memberikan pakan ikan bawal dengan memperhatikan nafsu makan ikan agar pakan selalu habis dalam satu kali pemberian pakan.

Itulah pembahasan mengenai cara mengatasi ikan bawal yang susah makan. Setelah Anda mengetahui cara mengatasi ikan bawal susah makan, maka Anda dapat menjalankan budidaya dengan maksimal. Semoga bermanfaat!

Related posts