JOIN NOW

Koi Tancho, Awal Mula dan Karakteristiknya – Informasi Lengkap

KOI TANCHO

Bagi para pecinta Koi, tentu tak asing lagi dengan Koi Tancho. Memang, Tancho tidak selalu tampil sebagai pemenang di dalam acara kontes Koi (Koi Show), bahkan beberapa Kontes Koi tidak menyediakan kategori khusus Tancho. Namun demikian tidak terlalu berlebihan untuk mengatakan bahwa Tancho adalah salah satu varitas yang paling populer. Tepatnya, Tancho memiliki pola yang unik, tidak seperti pada varitas Koi lainnya.

Tancho adalah jenis ikan koi yang hanya memiliki warna Hi (merah) dan membentuk pola bulat (lingkaran) tepat di bagian kepala. Tancho yang bagus, tidak terdapat pola atau warna lain di badannya, walau hanya satu sisik saja.

Jika ada Koi yang memiliki pola lingkaran tepat di kepalanya seperti Tancho tetapi masih memiliki beberapa pola dan warna lain, maka bukan disebut Tancho, melainkan “Maruten”.

koi tancho

Asal Muasal Nama ‘Tancho’

Awal mula pemberian nama Tancho adalah terinspirasi dari salah satu jenis burung bangau yang ada di Jepang, yang mana pada bagian kepalanya terdapat bulu berwarna merah dan bentuknya bulat. Nama bangau itu adalah Tancho (Tancho Crane).

Tancho Crane, bangau yang di bagian kepala terdapat warna merah

Konon, kata Tancho terdiri dari ‘Tan’ artinya ‘merah’ dan ‘Cho’ yang artinya ‘bagian atas’ (top). Jadi, ketika pertama kali Koi ini ditemukan, mengingatkan pada burung bangau Tancho. Sejak saat itulah nama Tancho menjadi populer untuk Koi dengan pola bulat yang berada tepat di bagian kepala.

Sedangkan Maruten adalah berasal dari kata dalam bahasa Jepang, ‘Maru’ yang artinya bulat (lingkaran) dan ‘Ten’ yang berarti titik atau penanda. Jadi Koi Maruten kurang lebih berarti Koi yang memiliki tanda bulat pada bagian kepalanya.

Berikut ini beberapa contoh Koi Maruten :

tancho

Jenis Tancho yang paling popular adalah Tancho Kohaku. Sedangkan jenis Tancho lainnya, juga terdapat pada beberapa varitas antara lain Tancho Sanke, Tancho Showa dll sebagaimana dapat dilihat pada gambar berikut :

Resiko Membeli Tancho Showa Tosai

Bagaimana memilih pola bulat pada Koi Tancho?

Pola bulat pada kepala Tancho, idealnya memang seperti bulat koin. Namun untuk memperoleh Tancho asli dengan pola sempurna seperti koin, tentu sangatlah sulit bahkan tidak ada.

Mengapa demikian?
Sebab sesungguhnya Koi jenis Tancho ini diperoleh secara kebetulan. Tak ada satupun pembudidaya Koi (Koi breeder) termasuk di Jepang, yang secara sengaja memproduksi Koi khusus Tancho. Tancho bisa didapatkan dari hasil pemijahan semua varitas, namun untuk memperoleh pola bulat sangat kecil kemungkinannya. Jadi sesungguhnya, Tancho termasuk Koi yang langka.

Oleh karena polanya yang unik, maka harga Tancho cukup mahal di pasaran. Meski demikian, hampir semua pemelihara Koi selalu ingin memiliki setidaknya seekor Tancho untuk dipelihara di kolam mereka..

Pola bulat pada kepala Tancho yang baik adalah tidak terlalu kecil dan tepat berada di tengah-tengah area kepala. Warna merah pada pola bulat sebaiknya tidak sampai menyentuh mulut maupun kedua mata. Pola Tancho yang benar-benar bulat sempurna (menyerupai bulat koin), sangat jarang dan bahkan tidak ada.

Jika masih terdapat jarak antara batas terluar pola dan mata maka operasi dapat dilakukan dengan mudah untuk memperoleh pola bulat yang sempurna seperti koin.

Jika ada Tancho dengan pola bulat yang sempurna seperti koin, justru menimbulkan pertanyaan terhadap keaslian polanya. Tentu ada yang bertanya, apakah ada pola Tancho yang tidak asli?

Jawabannya adalah ada. Bentuk pola pada Tancho bisa saja sebagai hasil rekayasa atau yang populer dengan istilah Tancho Kerokan (Koi Cutting) atau Minor Surgery.

koi tancho
Aneka Tancho Tosai yang berumur dibawah 1 tahun

Resiko Membeli Koi Tancho Tosai

Tancho dengan pola dan kualitas warna yang baik, tentu harganya cukup tinggi di pasaran, apalagi untuk Koi dengan panjang badannya sudah lebih dari 40 cm. Jika ingin memiliki Tancho dengan harga yang terjangkau, anda bisa membelinya sejak Koi masih kecil atau berumur dibawah 1 tahun (tosai) yang mana biasanya panjang Koi dibawah 30 cm. Namun demikian, perlu dipahami bahwa terdapat beberapa resiko yang mungkin terjadi jika membeli Tancho Tosai antara lain :

1. Perubahan bentuk pada pola bulat

Semua pehobi Koi tentu ingin memiliki Tancho dengan pola bulat di kepalanya yang tetap sempurna hingga Koi menjadi besar. Namun tidak jarang terjadi, seiring dengan pertambahan umurnya, maka pola bulat pada Tancho juga ikut berubah. Perubahan ini bisa saja terjadi karena pernah dilakukan operasi kecil (cosmetic surgery) di kepalanya.

Tujuan rekayasa pola pada Tancho tidak lain adalah agar penampilan Tancho menjadi lebih baik. Operasi yang dilakukan untuk merekayasa pola Tancho yaitu dengan mengangkat sebagian kulit di bagian kepala untuk membentuk pola bulat agar tampak lebih sempurna. Operasi ini tentu akan menimbulkan resiko tumbuhnya kembali warna merah pada bagian yang pernah dilakukan operasi, meski luka telah sembuh. Kemungkinan lainnya adalah adanya perkembangan pola bulat pada Tancho belum berakhir (belum finish) atau dengan kata lain, seiring dengan pertumbuhan badan Koi, bisa saja warna merah pada pola bulat di kepala Tancho juga ikut berkembang atau membesar sehingga pola bulatnya menjadi tidak sempurna.

2. Tumbuh spot warna hitam atau merah

Selain perubahan pada pola bulat di kepala, pada bagian punggung Tancho bisa juga tumbuh bercak warna (spot) merah atau hitam. Meski hanya satu sisik saja, tentu hal ini akan mengurangi keindahan Tancho. Ada pula yang bisa saja terjadi yaitu pada awalnya hanya tumbuh satu sisik berwarna hitam atau merah, namun seiring dengan bertambahnya umur Koi, makin bertambah lebar dan jelas hingga pola baru. Bila sudah terjadi demikian maka namanya akan berubah menjadi Tancho Sanke atau Maruten Kohaku.

3. Tumbuh sisik Ginrin

Ada juga Tancho yang tiba-tiba tumbuh sisik Ginrin yang tidak merata. (Ginrin adalah sisik yang berwarna putih keperakan). Kemungkinan besar jika hal ini terjadi, Tancho tersebut adalah memang keturunan dari Kohaku Ginrin. Jadi sewaktu masih kecil, belum tumbuh sisik ginrin dan baru muncul setelah Koi beranjak dewasa.

Kemungkinan lainnya yang bisa saja terjadi terkait dengan adanya sisik yang baru tumbuh adalah sebagai pengganti sisik aslinya yang telah dicabut. Mengapa sebuah sisik sengaja dicabut atau dihilangkan? Sebab sisik tersebut berwarna merah atau hitam, sehingga dalam rangka untuk mempertahankan penampilan Tancho agar tetap baik, maka sisik berwarna merah atau hitam tersebut harus dicabut (dihilangkan).

Memang begitulah resikonya bila membeli Tancho Tosai. Oleh sebab itu, tak ada satupun penjual yang berani menjamin pola Tancho akan tetap bertahan (tidak berubah) jika Koi makin besar.

Tidak Ada Koi Tancho Asli dengan Pola Bulat Seperti Koin

Saya hampir tak percaya jika ada Koi jenis Tancho yang memiliki pola merah di kepala yang bentuknya benar-benar bulat. Meski banyak yang mengaku bahwa Tancho miliknya Asli, tapi saya tak pernah percaya jika yang mengatakannya itu bukan peternak Koi (Koi Breeder). Bahkan jaminan dari seorang Breeder sekalipun, juga tak bisa dipastikan kebenarannya, kecuali memang dibuktikan dengan foto-foto atau video perkembangan Tancho sejak masih kecil (burayak) hingga besar.

Bisakah anda mencari, mana Tancho yang asli?

Jika memang Tancho bulat koin tidak ada, lalu kenapa seringkali ada orang yang memiliki atau menjual sekumpulan Tancho sekaligus yang polanya bulat seluruhnya dalam satu keranjang? Menurut saya itu hanyalah sekumpulan tancho-tancho hasil rekayasa tangan-tangan trampil semata.

Tentu anda bertanya, apakah pola bulat pada Tancho bisa direkayasa? Jawabannya bisa, tapi tidak semua. Maksudnya, ada sebagian Tancho yang tak bisa direkayasa, karena beberapa kondisi.

Mengapa saya berani mengatakan bahwa tidak ada Koi Tancho asli yang polanya seperti koin??

Begini analisis saya..

Koi dengan pola Tancho, sesungguhnya hanyalah hasil budidaya koi secara kebetulan saja. Maksudnya, untuk memperoleh Koi jenis Kohaku dengan pola tunggal hanya dibagian kepala, tak bisa dilakukan dengan sengaja. Oleh sebab itu, tak ada satupun pembudidaya koi (koi Breeder) bahkan di Jepang sekalipun yang mampu memproduksi koi khusus untuk jenis Tancho.

Agar terlihat lebih bagus, maka kapala Tancho harus dikerok atau dioperasi.

Koi Tancho dengan pola di kepala yang nyaris bulat, itupun sesungguhnya adalah barang yang sangat langka, sebab memang tak bisa diproduksi secara masal, dan hanya dapat diperoleh secara kebetulan saja.

Jika tak percaya, anda boleh buktikan sendiri. Ambil seekor induk Tancho siap telur dan pasangkan dengan beberapa koi jantan yang semuanya dari jenis Tancho. Pijahkan dan amati koi jenis apa yang akan anda peroleh dari hasil pemijahan tersebut.

Yang jelas dari hasil perkawinan pasangan Koi yang semuanya dari jenis Tancho, anda tak akan pernah memperoleh Kohaku dengan pola yang bagus, bahkan tak ada satupun yang jadi Tancho dengan pola bulat seperti koin. Jikapun diperoleh beberapa jenis Tancho, maka polanya banyak yang tak sempurna, bahkan terkesan berantakan.

Di Jepang sekalipun, hampir tidak ada Koi yang berukuran besar (jumbo) dengan pola yang bulat sempurna seperti koin. Yang ada adalah Tancho, dengan pola bulat di kepala, namun tidak seperti koin, sebagaimana beberapa gambar serikut ini.

Tancho Asli, justru memiliki pola bulat yang tidak sempurna seperti koin.
Tancho Asli
Beginilah penampakan Koi Tancho yang asli..

Lalu kenapa pola bulat pada Tancho menjadi persoalan dalam artikel ini?

Tentu saya tak punya hak dan wewenang untuk menilai Koi jenis Tancho bagaimanapun bentuk pola bulatnya. Sebab saya tidak sedang menjadi seorang juri Kontes koi dan disisi lain, itu adalah sepenuhnya hak anda untuk membeli, memiliki dan memelihara koi jenis Tancho atau apapun jenis dan polanya. Sepanjang anda senang mempunyai koleksi jenis Tancho, terlepas seperti apa pola dan warnanya, maka sama sekali tak ada persoalan bukan? Menurut saya, koi yang bagus adalah Koi sesuai yang anda suka. Sudah, itu saja.

Namun demikian, saya dalam hati terkadang merasa lucu, jika ada orang yang mengaku atau ngotot bahwa Tancho miliknya adalah Tancho asli dengan pola bulat sempurna seperti koin. Apalagi ada penjual yang berani menjamin bahwa Tancho yang dijualnya adalah asli, hanya untuk meyakinkan pembeli dengan harga tinggi, padahal dia bukanlah seorang breeder yang tau persis riwayat Tancho yang dijualnya itu sejak lahir.

Kerok Koi Untuk Memperbaiki Pola Koi Tancho, Perlukah? 

Tancho adalah salah satu jenis koi yang terdapat pola berbentuk bulat di bagian kepala. Koi ini sangat populer, apalagi bagi para pehobi koi di Jepang sebab pola tancho tampak seperti bendera negara mereka. Bagaimana dengan di Indonesia? Sama saja, Tancho juga sangat digemari oleh para pecinta koi di seluruh tanah air.

Pola Tancho tidak hanya terdapat pada varietas Kohaku, namun juga terdapat pada varietas lain seperti mislanya Tancho Showa, Tancho Goshiki, Tancho Sanke dan masih banyak lagi. Namun apabila pola bundar di kepala yang diikuti oleh pola lainnya pada punggung Kohaku maka disebut Maruten atau Maruten Kohaku.

Karena Tancho banyak sekali penggemarnya, maka koi ini tak akan lama bertahan di kolam display milik para penjual koi. Begitu tiba di outlet penjual, berapapun jumlah Tancho yang tersedia, pasti langsung habis diserbu para pembeli. Bahkan banyak pula pehobi yang tidak kebagian dan harus   memesan secara khusus.

Tancho asli dengan pola yang bulat sempurna yang persis seperti koin, sangat-sangat jarang ditemukan.

Mengapa demikian?

Jangankan untuk memperoleh Tancho yang bulat sempurna, para breeder di Jepang sekalipun, tak ada yang sanggup memproduksi koi khusus Tancho.

Tancho sesungguhnya diperoleh tanpa sengaja diantara ribuan anakan koi dalam satu pemijahan. Kemungkinan memperoleh Tancho dalam satu pemijahan sangatlah kecil, dan itupun bila ada, sangat jarang ditemukan pola Tancho yang bulat sempurna.

Namun demikian, para breeder bila ingin memperoleh jenis Tancho lebih banyak, maka bisa dengan menggunakan pasangan induk Koi yang semuanya dari jenis Tancho. Tapi hal ini juga tidak akan menjamin bahwa seluruh keturunannya akan diperoleh Tancho, tapi setidaknya menambah besar kemungkinan didapatkan lebih banyak anakan Tancho.

Bila memang Tancho yang benar benar bulat seperti koin sangat jarang ditemui, lalu mengapa begitu banyak orang memelihara Tancho yang polanya bulat sempurna, mungkin termasuk yang ada di kolam anda?

Itulah yang sedang dipertanyakan disini, apakah Tancho anda asli diperoleh tanpa ada unsur rekayasa ataukah sebagai hasil operasi (cosmetic surgery)?

Saya rasa, tak ada satupun yang berani menjamin bahwa koi Tancho anda asli, kecuali oleh peternaknya sendiri. Itupun juga bisa sekadar ‘lips service‘ saja, sebab hanya dia dan Tuhan saja yang tahu, apa yang sesungguhnya terjadi.

Lalu apa masalahnya dengan Tancho asli atau hasil rekayasa?

Sama sekali tidak ada masalah, sepanjang anda memeliharanya untuk menghiasi kolam anda sendiri. Kecuali bila anda mengikuti kontes koi (Koi Show), kemungkinan besar untuk Tancho rekayasa akan sulit menang sebab para juri tentu akan meragukannya sehingga tak akan bisa tampil sebagai juara.

Pola Tancho yang bulat sempurna seperti koin, ditengarai sebagai hasil rekayasa (Koi Kerokan)

Bagaimana caranya untuk mengetahui keaslian Tancho?

Ini pertanyaan paling sering dilontarkan, sehubungan dengan banyaknya Tancho kerokan (cutting koi) yang beredar di pasaran. Untuk mengetahui apakah Tancho anda asli atau tidak, memang terkadang sangat sulit dilakukan. Namun bila ada Tancho yang benar-benar bulat sempurna seperti koin dan pada pinggir pola tampak sangat rapi, maka patut diragukan keasliannya.

Yang jelas, bila pola tancho anda bulat dan lebar sampai menyentuh kedua mata koi, maka dipastikan bahwa pada area tersebut adalah pola asli, sebab pada bagian ini tak bisa dioperasi atau sangat sulit dioperasi, karena tak ada jarak dan beresiko menimbulkan cacat bila sampai menyayat mata. Area pola yang seringkali menjadi obyek operasi adalah dibagian kepala dekat leher, sebagaimana tampak pada gambar.

Tancho yang mudah dioperasi adalah yang pola bulatnya tidak cukup lebar, sehingga terdapat jarak antara pola dengan kedua mata.

Mengapa terkadang sulit untuk memastikan keaslian Koi Tancho?

Begini, Tancho yang semula tidak bulat benar, atau belepotan, bisa saja dioperasi atau dikerok untuk mendapatkan bentuk yang lebih sempurna. Namun hal ini tentu akan meninggalkan bekas luka. Dimana letak lukanya? Tentu berada tepat di garis terluar pada bulatan polanya, bukan?

Sesungguhnya tidak semua Tancho bisa direkayasa (kerok koi). Hal ini tergantung seberapa pekat kualitas warnanya. Sebagai contoh kualitas warna merah pada Kohaku yang sangat pekat, warna merahnya sampai ke tulang kepala. Koi seperti ini bila dilakukan operasi, tentu akan meninggalkan bekas sisa warna di tulang kepala.

Setelah sembuh, masih akan tampak bayang-bayang warna kemerahan pada tulang kepala. Untuk diketahui, kulit kepala koi sangat tipis dan transparan, sehingga meskipun sudah sembuh, maka warna kemerahan pada tulang koi bekas kerokan masih tetap terlihat.

Untuk jenis koi yang warnanya tidak terlalu pekat, maka ketebalan warna hanya sebatas pada kulitnya saja atau tidak sampai menyentuh tulang. Nah, koi seperti inilah yang paling aman dilrekayasa pola Tanchonya, sebab nanti setelah benar-benar sembuh kira-kira setahun kemudian, tidak akan terlihat lagi bekas lukanya. Dengan mata telanjang, siapapun juga tak akan bisa mengetahui bahwa Tancho tersebut pernah dioperasi.

kerok koi
Operasi untuk memperbaiki pola bulat pada Tancho

Cara  mengetahui pola Tancho hasil rekayasa

Kadangkala, Tancho hasil rekayasa (Tancho Kerokan) yang belum sembuh benar, sudah terburu-buru dijual. Tancho seperti ini cukup mudah untuk mengetahuinya, yaitu amati dari jarak dekat, terutama pada bagian terluar pola bulat di bagian kepala. Jika anda teliti, maka akan terlihat bekas goresan atau sayatan di area tersebut. Untuk memastikan, cobalah meraba bagian yang ditengarai sebagai bekas luka akibat sayatan tersebut. Akan terasa ada sedikit perbedaan ketebalan kulitnya. Sebab kulit kepala yang disayat, tentu menjadi lebih tipis bukan?

Namun demikian, jika luka sayatan pada kepada Tancho sudah sembuh benar, maka ketebalan kulinya akan kembali normal, sehingga agak sulit mengetahui apakah pola Tancho pernah dilakukan rekayasa atau tidak.

Sebagai pertimbangan, pola bulat pada Tancho yang asli, ‘kiwa’nya jelas, tidak ada degradasi warna maupun bayang bayang warna merah. Kiwa adalah ketajaman warna pada tepian pola.

Akibat rekayasa pola pada Tancho

Banyak orang tidak mengetahui dampak yang timbul setelah koi Tancho direkayasa (kerok koi). Ada pula penjual koi  yang tak sabar menunggu. Koi Tancho yang belum lama dikerok, sudah dipaksakan untuk dijual. Celakanya, si pembelipun juga tidak mengetahui bahwa Tancho tersebut adalah hasil kerokan.

Luka akibat operasi pada kepala Tancho (kerok koi), baru bisa benar-benar sembuh setelah 1 tahun. Mungkin ini terlalu lama, sehingga membuat sebagian orang tidak sabar menunggu.

Perbandingan bentuk pola sebelum dan sesudah operasi

Terdapat beberapa kemungkinan yang terjadi akibat rekayasa pola (kerok koi) pada Tancho yaitu :

  1. Kemungkinan pertama adalah akan meninggalkan bekas luka yang tak bisa hilang meski sudah sembuh. Hal ini terjadi pada Tancho yang warnanya sangat pekat hingga sampai ke tulang.
  2. Setelah sembuh, masih ada beberapa bagian yang tumbuh lagi warnanya. Oleh karena itu, biasanya akan dilakukan operasi yang kedua, untuk mengangkat sisa warna yang timbul, begitu seterusnya.
  3. Tancho akan sembuh total dan tidak meninggalkan bekas luka sama sekali. Hal ini terjadi hanya pada Tancho yang memiliki warna merah tipis atau tidak terlalu pekat

Oleh sebab itu, jangan heran bila suatu ketika setelah beberapa lama dipelihara, pada bagian kepala Tancho anda akan tumbuh bercak-bercak warna merah disekitar pola bulat. Mungkin saja itu adalah bekas luka operasi yang kembali tumbuh warnanya.

Kesimpulan

Artikel ini sebatas untuk menambah wawasan anda. Terlepas dari semuanya itu, bila anda memiliki Tancho dengan pola bulat seperti koin, tak perlu lagi mempermasalahkan keasliannya. Untuk apa?

Toh secara fisik, bentuknya memang sudah bulat seperti koin sejak anda membelinya. Bahkan telah sekian lama berada di kolam anda, bentuknya masih tetap bulat. Tak usah peduli jika ada yang bilang bahwa itu adalah hasil kerokan.

Yang penting anda senang merawatnya agar koi anda dapat tumbuh makin besar dan sehat.

Demikianlah semoga bermanfaat..

Doni Bastian

Baca juga yang ini..

ikan koi

Ikan Koi Asli dari Indonesia, ‘Banana Koi’ Makin Populer

Daftar Isi1 Ikan Koi Asli Indonesia1.1 AWAL MULA1.2 KARAKTER BLOODLINE1.3 PENAMPILAN1.4 APRESIASI – Ikan Koi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.