JOIN NOW

Koi Warna Kuning Ki Utsuri dan Hi Utsuri, Apa Bedanya?

UTSURI

Koi warna kuning Ki Utsuri dan Hi Utsuri termasuk varitas Utsuri yang mana ciri utamanya memiliki pola belang-belang seperti papan catur.  Orang Jepang jika memberi nama pada pada binatang peliharaan termasuk ikan Koi selalu mengikuti kondisi yang ada pada koi tersebut. Demikian juga untuk koi Utsuri. Dari namanya ‘utsuri’ berarti ‘pantulan’ atau ‘perpindahan’ (reflection).

Ada 3 jenis  Utsuri yaitu dengan warna putih (shiro utsuri), kuning (Ki-Utsuri) dan merah (hi utsuri). Sedangkan warna hitam sebagai dasarnya.

Pada artikel ini saya lebih fokus membicarakan tentang koi warna kuning Ki-Utsuri dan Hi Utsuri saja. Mengapa? Sebab keduanya ini memiliki warna yang kadang sangat mirip dan banyak orang yang salah sangka.

warna koi kuning

KI UTSURI VS HI UTSURI

Pada Ki-Utsuri, ‘ki’ berarti ‘kuning’ sedangkan pada Hi Utsuri,  ‘hi’ berarti ‘merah api’. Sesungguhnya antara warna kuning dan merah tentu tak sulit untuk dibedakan. Namun kadangkala, ada koi Hi Utsuri namun warnanya mirip KiUtsuri, sehingga banyak yang rancu dalam membedakannya.

Hi Utsuri sesuai namanya, memang seharusnya berwarna merah. Namun seringkali ditemukan Hi Utsuri yang warna merahnya cenderung ke kuning oranye, sehingga banyak yang menganggapnya sebagai Ki-Utsuri.

Padahal Ki-Utsuri memiliki warna kuning yang khas, yang tidak dimiliki oleh Hi Utsuri.

warna koi kuning

Bagaimana membedakan Ki-Utsuri dan Hi Utsuri?

Sebenarnya mudah saja membedakan KiUtsuri dengan Hi Utsuri. Sebab warna kuning KiUtsuri menyerupai warna daun ginkgo biloba, sebagaimana tampak pada gambar berikut  :

Daun Ginkgo Biloba

 

koi warna kuning
Hi Utsuri. Meskipun warnanya tampak kuning, tapi koi ini termasuk Hi Utsuri. Karena warnanya yang oranye kekuning-kuningan, banyak yang menyebutnya KiUtsuri
koi warna kuning
Sekumpulan koi KiUtsuri

Jadi, untuk membedakannya cukup mudah bukan?

Warna merah pada Hi Utsuri

Hi Utsuri dengan warna merah tua, sangatlah langka. Kalaupun ada tentu harganya cukup tinggi. Pada umumnya yang banyak ditemui adalah Hi Utsuri yang berwarna oranye.

Hi Utsuri dengan warna merah tua sangat langka
Ki-Utsuri dan Hi Utsuri  yang langka

Baik Ki Utsuri maupun Hi Utsuri yang berukuran besar (diatas 70 cm), juga sangat langka. Oleh sebab itu, harganya juga tidaklah murah.

Berikut ini beberapa gambar koi Hi Utsuri yang berukuran besar :

koi warna kuning

Kinki Utsuri

Jenis Kinki Utsuri juga termasuk koi langka. Sepintas seperti KiUtsuri, namun warnanya mengkilat, seperti warna metalik.

KinKi Utsuri, warnanya mengkilat (metalik)

 

Berikut ini Video Kinki Utsuri

Demikianlah semoga bermanfaat..

#donibastian

Baca juga yang ini..

ikan koi

Ikan Koi Asli dari Indonesia, ‘Banana Koi’ Makin Populer

Daftar Isi1 Ikan Koi Asli Indonesia1.1 AWAL MULA1.2 KARAKTER BLOODLINE1.3 PENAMPILAN1.4 APRESIASI – Ikan Koi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.