Varitas Koi Tancho

TANCHO

Bagi para pecinta Koi, tentu tak asing lagi dengan Koi Tancho. Memang, Tancho tidak selalu tampil sebagai pemenang di dalam acara kontes Koi (Koi Show), bahkan beberapa Kontes Koi tidak menyediakan kategori khusus Tancho. Namun demikian tidak terlalu berlebihan untuk mengatakan bahwa Tancho adalah salah satu varitas yang paling populer. Tepatnya, Tancho memiliki pola yang unik, tidak seperti pada varitas Koi lainnya.

Tancho adalah Koi yang hanya memiliki warna Hi (merah) dan membentuk pola bulat (lingkaran) tepat di bagian kepala. Tancho yang bagus, tidak terdapat pola atau warna lain di badannya, walau hanya satu sisik saja.

Jika ada Koi yang memiliki pola lingkaran tepat di kepalanya seperti Tancho tetapi masih memiliki beberapa pola dan warna lain, maka bukan disebut Tancho, melainkan “Maruten”.

koi tancho

Asal Muasal Nama Tancho

Awal mula pemberian nama Tancho adalah terinspirasi dari salah satu jenis burung bangau yang ada di Jepang, yang mana pada bagian kepalanya terdapat bulu berwarna merah dan bentuknya bulat. Nama bangau itu adalah Tancho (Tancho Crane).

Tancho Crane, bangau yang di bagian kepala terdapat warna merah

Konon, kata Tancho terdiri dari ‘Tan’ artinya ‘merah’ dan ‘Cho’ yang artinya ‘bagian atas’ (top). Jadi, ketika pertama kali Koi ini ditemukan, mengingatkan pada burung bangau Tancho. Sejak saat itulah nama Tancho menjadi populer untuk Koi dengan pola bulat yang berada tepat di bagian kepala.

Sedangkan Maruten adalah berasal dari kata dalam bahasa Jepang, ‘Maru’ yang artinya bulat (lingkaran) dan ‘Ten’ yang berarti titik atau penanda. Jadi Koi Maruten kurang lebih berarti Koi yang memiliki tanda bulat pada bagian kepalanya.

Berikut ini beberapa contoh Koi Maruten :

tancho

Jenis Tancho yang paling popular adalah Tancho Kohaku. Sedangkan jenis Tancho lainnya, juga terdapat pada beberapa varitas antara lain Tancho Sanke, Tancho Showa dll sebagaimana dapat dilihat pada gambar berikut :

Bagaimana memilih pola bulat pada Tancho?

Pola bulat pada kepala Tancho, idealnya memang seperti bulat koin. Namun untuk memperoleh Tancho asli dengan pola sempurna seperti koin, tentu sangatlah sulit bahkan tidak ada.

Mengapa demikian?
Sebab sesungguhnya Koi jenis Tancho ini diperoleh secara kebetulan. Tak ada satupun pembudidaya Koi (Koi breeder) termasuk di Jepang, yang secara sengaja memproduksi Koi khusus Tancho. Tancho bisa didapatkan dari hasil pemijahan semua varitas, namun untuk memperoleh pola bulat sangat kecil kemungkinannya. Jadi sesungguhnya, Tancho termasuk Koi yang langka.

Oleh karena polanya yang unik, maka harga Tancho cukup mahal di pasaran. Meski demikian, hampir semua pemelihara Koi selalu ingin memiliki setidaknya seekor Tancho untuk dipelihara di kolam mereka..

Pola bulat pada kepala Tancho yang baik adalah tidak terlalu kecil dan tepat berada di tengah-tengah area kepala. Warna merah pada pola bulat sebaiknya tidak sampai menyentuh mulut maupun kedua mata. Pola Tancho yang benar-benar bulat sempurna (menyerupai bulat koin), sangat jarang dan bahkan tidak ada.

Jika masih terdapat jarak antara batas terluar pola dan mata maka operasi dapat dilakukan dengan mudah untuk memperoleh pola bulat yang sempurna seperti koin.

Jika ada Tancho dengan pola bulat yang sempurna seperti koin, justru menimbulkan pertanyaan terhadap keaslian polanya. Tentu ada yang bertanya, apakah ada pola Tancho yang tidak asli?

Jawabannya adalah ada. Bentuk pola pada Tancho bisa saja sebagai hasil rekayasa atau yang populer dengan istilah Tancho Kerokan (Koi Cutting) atau Minor Surgery.

koi tancho
Aneka Tancho Tosai yang berumur dibawah 1 tahun

Resiko Membeli Tancho Tosai

Tancho dengan pola dan kualitas warna yang baik, tentu harganya cukup tinggi di pasaran, apalagi untuk Koi dengan panjang badannya sudah lebih dari 40 cm. Jika ingin memiliki Tancho dengan harga yang terjangkau, anda bisa membelinya sejak Koi masih kecil atau berumur dibawah 1 tahun (tosai) yang mana biasanya panjang Koi dibawah 30 cm. Namun demikian, perlu dipahami bahwa terdapat beberapa resiko yang mungkin terjadi jika membeli Tancho Tosai antara lain :

1. Perubahan bentuk pada pola bulat

Semua pehobi Koi tentu ingin memiliki Tancho dengan pola bulat di kepalanya yang tetap sempurna hingga Koi menjadi besar. Namun tidak jarang terjadi, seiring dengan pertambahan umurnya, maka pola bulat pada Tancho juga ikut berubah. Perubahan ini bisa saja terjadi karena pernah dilakukan operasi kecil (cosmetic surgery) di kepalanya.

Tujuan rekayasa pola pada Tancho tidak lain adalah agar penampilan Tancho menjadi lebih baik. Operasi yang dilakukan untuk merekayasa pola Tancho yaitu dengan mengangkat sebagian kulit di bagian kepala untuk membentuk pola bulat agar tampak lebih sempurna. Operasi ini tentu akan menimbulkan resiko tumbuhnya kembali warna merah pada bagian yang pernah dilakukan operasi, meski luka telah sembuh. Kemungkinan lainnya adalah adanya perkembangan pola bulat pada Tancho belum berakhir (belum finish) atau dengan kata lain, seiring dengan pertumbuhan badan Koi, bisa saja warna merah pada pola bulat di kepala Tancho juga ikut berkembang atau membesar sehingga pola bulatnya menjadi tidak sempurna.

2. Tumbuh spot warna hitam atau merah

Selain perubahan pada pola bulat di kepala, pada bagian punggung Tancho bisa juga tumbuh bercak warna (spot) merah atau hitam. Meski hanya satu sisik saja, tentu hal ini akan mengurangi keindahan Tancho. Ada pula yang bisa saja terjadi yaitu pada awalnya hanya tumbuh satu sisik berwarna hitam atau merah, namun seiring dengan bertambahnya umur Koi, makin bertambah lebar dan jelas hingga pola baru. Bila sudah terjadi demikian maka namanya akan berubah menjadi Tancho Sanke atau Maruten Kohaku.

3. Tumbuh sisik Ginrin

Ada juga Tancho yang tiba-tiba tumbuh sisik Ginrin yang tidak merata. (Ginrin adalah sisik yang berwarna putih keperakan). Kemungkinan besar jika hal ini terjadi, Tancho tersebut adalah memang keturunan dari Kohaku Ginrin. Jadi sewaktu masih kecil, belum tumbuh sisik ginrin dan baru muncul setelah Koi beranjak dewasa.

Kemungkinan lainnya yang bisa saja terjadi terkait dengan adanya sisik yang baru tumbuh adalah sebagai pengganti sisik aslinya yang telah dicabut. Mengapa sebuah sisik sengaja dicabut atau dihilangkan? Sebab sisik tersebut berwarna merah atau hitam, sehingga dalam rangka untuk mempertahankan penampilan Tancho agar tetap baik, maka sisik berwarna merah atau hitam tersebut harus dicabut (dihilangkan).

Memang begitulah resikonya bila membeli Tancho Tosai. Oleh sebab itu, tak ada satupun penjual yang berani menjamin pola Tancho akan tetap bertahan (tidak berubah) jika Koi makin besar.

Demikianlah tentang Koi Tancho, semoga bermanfaat

#gilakoi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BUKU BARU .. !Terbit Juli 2020

BUKU 'DOKTER KOI'

Informasi lengkap tentang jenis penyakit dan cara pengobatan.

Lihat
WhatsApp chat