Mengenal Varitas Koi Bekko

Bekko

Koi Bekko sesungguhnya masih termasuk kerabat dekat Taisho Sanke, dengan alternatif warna dasar putih, merah atau kuning. Sedangkan di punggungnya terdapat pola warna hitam. Bekko mudah ditemukan pada hasil pemijahan Koi Sanke

Pola khas pada Bekko adalah berupa bercak-bercak bitam pada punggungnya yang sepintas seperti jejak tapak kaki, atau susunan batu  sebagai pijakan kaki (stepping stone) . Bekko agak mirip dengan Utsuri, sehingga hal ini kadang menimbulkan kerancuan bagi pemula, namun sesungguhnya ada hal tertentu yang membedakannya.

Bekko VS Utsuri

Perbedaan mendasar antara Bekko dan Utsuri adalah sebagai berikut :

• Pada Shiro Utsuri (Shiro artinya putih) memiliki pola warna hitam di bagian kepala. Bentuk pola warna hitam (sumi marking) cukup dominan dan tampak membelah pada bagian kepala atau kombinasi antara pola warna hitam di hidung yang membentuk huruf Y (Y Shaped). Sedangkan di bagian kepala Shiro Bekko tampak bersih atau sama sekali tidak ada bercak atau pola warna hitam.

• Pada pangkal sirip dada Shiro Utsuri terdapat motoguro, sedangkan pada Shiro Bekko hanya berupa beberapa garis saja (stripes) atau bisa saja tidak ada garis sama sekali.

• Pola Warna hitam pada Shiro Utsuri tampak lebih dominan dibandingkan warna putih dan menyebar di punggung hingga ke bagian perut. Sedangkan pada Shiro Bekko, pola dan bercak warna hitam hanya sebatas berada di punggungnya.

Itulah perbedaan yang mendasar antara Shiro Utsuri dan Shiro Bekko. Pendek kata, Shiro Utsuri adalah Koi dengan warna dasar hitam dan pola warna putih, sedangkan Shiro Bekko adalah Koi dengan warna dasar putih dan pola warna hitam. Selain itu, jenis warna hitam pada Shiro Utsuri sangatlah berbeda dengan yang ada pada Shiro Bekko. Untuk bisa membedakan kedua jenis warna hitam tersebut diperlukan pengalaman yang cukup dalam memelihara dan mengamati kedua varitas tersebut.

Tips Memilih Bekko

Bila ingin memiliki Bekko berkualitas, dapat mengikuti beberapa tips berikut :

1. Kualitas Warna

Untuk Shiro bekko, pilih Bekko yang memiliki warna putih yang bersih (seputih salju) dengan warna hitam (sumi) yang pekat seperti warna tinta hitam. Sedangkan umtuk Ki Bekko dan Aka Bekko, warna kuning atau merah harus merata dan tampak pekat.

2. Bagian Kepala

Bekko yang berkualitas, pada bagian kepalanya tampak benar-benar bersih dan mulus, terbebas dari bercak dan atau pola warna apapun. Namun demikian bila pola warna hitam dipundak Bekko kurang seimbang, maka pola hitam sedikit di bagian kepala masih bisa diterima sebagai penyeimbang pola secara keseluruhan. Tekstur warna putih di kepala harus benar-benar putih bersih dan tidak keabu-abuan. Sebagaimana memilih Koi berkualitas lainnya, hindari membeli Bekko dengan bentuk mulut yang lancip. Sebaiknya anda memilih bentuk mulut Koi seperti pada lengkung bulat telur.

3. Bagian Pundak

Bagian pundak adalah berada diantara kedua sirip dada. Untuk Bekko yang berkualitas, pola warna hitam yang cukup lebar sangat diperlukan keberadaannya. Hindari memilih Bekko yang terlalu banyak terdapat bintik-bintik (spots) warna hitam.

4. Bagian Punggung

Pola warna hitam (sumi markings) pada punggung Bekko adalah tampak seperti jejak tapak kaki (stepping stone) hingga menjelang ekornya.

5. Bagian Sirip

Pada bagian sirip tidak terdapat keharusan memilki garis hitam. Namun bila kedua sirip Bekko memilki jumlah garis yang seimbang (balance), maka akan semakin memperindah penampilannya. Kedua sirip Bekko yang tampak bersih lebih utama untuk dipilih.

Jenis Bekko

Koi Bekko
Bekko Ginrin
koi bekko
Bekko Doitsu, tanpa sisik

Demikianlah uraian tentang Koi Bekko, semoga bermanfaat

#donibastian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BUKU BARU .. !Terbit Juli 2020

BUKU 'DOKTER KOI'

Informasi lengkap tentang jenis penyakit dan cara pengobatan.

Lihat
WhatsApp chat