Varitas Koi Koromo

KOROMO

Koromo adalah hasil perkawinan campuran (hibrida) antara Asagi dan Kohaku. Varitas ini masih termasuk di dalam keluarga Sanshoku (Koi dengan 3 warna). Dalam bahasa Jepang, ‘Koromo’ artinya adalah ‘berjubah’, ‘berpakaian’ atau ‘terselubung’. Koromo adalah Koi non metalik dengan tipe pola yang sangat mirip dengan Kohaku, Sanke atau Showa.

Warna

Komposisi warna yang ada pada Koromo antara lain biru, keunguan, ungu tua atau hitam. Koi Koromo dengan warna ungu tua, yang mirip dengan warna buah anggur disebut Budo Goromo.

Untuk mengapresiasi berbagai warna Koromo, lebih erat kaitannya dengan Koi induk yang digunakan untuk membiakkannya. Sebagai contoh, seekor Ai Goromo, merupakan hasil kawin silang antara Kohaku dan Asagi. Sketsa sisik warna biru pada Asagi akan tampak berada di dalam pola warna merah milik Kohaku. Demikian juga untuk keturunan dari Sanke maupun Showa.

Pola

Oleh karena Koromo adalah Koi hasil kawin silang, maka baik pola maupun warna di punggung, tentu akan mirip dengan induknya. Seperti pada Ai Goromo, maka pola yang ada akan mirip dengan pola Kohaku, dengan perpaduan warna Asagi. Demikian juga untuk Koromo Sanke dan Koromo Showa. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah jenis-

Jenis Koi Koromo

Ai Goromo

Kata ‘Ai’ (bahasa Jepang) berarti biru muda atau indigo. Jadi Ai Goromo adalah Koi dengan warna biru muda. Warna birunya berasal dari Induk Asagi, sedangkan warna dan pola warna merah adalah dari Kohaku.
Pada bagian tepi pola warna merah, terdapat gradasi (sashi) warna biru muda disekelilingnya dan membentuk pola seperti jaring-jaring.

Koi Koromo
Ai Goromo

Budo Goromo

‘Budo’ (bahasa Jepang yang berarti ‘anggur’ atau ‘seribu anggur’). Budo Goromo adalah keturunan Asagi dan Kohaku yang cukup langka karena terdapat warna ungu tua, membentuk pola seperti untaian buah anggur. Komposisi pola pada Budo Goromo juga akan mengikuti jenis pola pada Kohaku.

Koi Koromo
Budo Goromo

Sumi Goromo

‘Sumi’ dalam bahasa Jepang berarti hitam. Penampakan seekor Sumi Goromo ditandai dengan warna hitam di atas pola warna merah milik Kohaku. Warna Sumi pada Goromo adalah benar-benar hitam, bukan biru tua, yang melebar sampai ke bagian kepala. Koi jenis ini juga termasuk sangat langka. Namun demikian oleh karena warna hitam pada Sumi Goromo tidak merata, maka akan terlihat kurang rapi dan tidak semenarik penampilan Budo atau Ai Goromo.

Koi Koromo
Sumi Goromo

Koromo Sanke

Koi jenis Koromo Sanke ini adalah perpaduan antara Ai Goromo dan Sanke. Warna biru muda sedikit terlihat di atas pola warna merah.

Koi Koromo
Koromo Sanke

Koromo Showa

Koromo Showa adalah keturunan dari Ai Goromo dan Showa. Warna biru muda juga tampak diatas pola warna merah.

Koi Koromo Showa
Koromo Showa

Tips memilih Koromo

• Secara umum, bentuk badan Koi yang baik adalah seperti torpedo (bulat dan panjang) demikian juga untuk Koromo
• Khusus Ai Goromo, Budo Goromo dan Sumi Goromo, yang mana adalah keturunan dari Kohaku, maka untuk menilai pola sesuai dengan kriteria yang ada pada Kohaku. Sedangkan untuk Koromo Sanke dan Koromo Showa, mengikuti aturan pola yang ada pada Sanke dan Showa.
• Pada dasarnya, Koromo adalah Koi putih (termasuk pada sirip dan ekor) dengan pola dan warna pada punggungnya. Oleh karena itu, Koromo yang berkualitas, warna putihnya sebagai dasar, juga harus benar-benar putih seputih salju.
• Warna merah, ungu maupun hitam yang pekat dan cemerlang, lebih diutamakan untuk dipilih.
• Hindari memilih Koi Koromo yang terdapat banyak bintik-bintik warna (spot)

Demikianlah tentang Varitas Koi Koromo, semoga bermanfaat.

#gilakoi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BUKU BARU .. !Terbit Juli 2020

BUKU 'DOKTER KOI'

Informasi lengkap tentang jenis penyakit dan cara pengobatan.

Lihat
WhatsApp chat