Koi Showa Sanshoku – Informasi Lengkap

Definisi dan Sejarah Koi Showa

Koi yang memiliki pola warna merah dan putih dengan warna dasar hitam dikenal dengan “Showa Sanshoku”.

Pada tahun 1927, Showa Sanshoku pertama kali dibudidayakan oleh seorang petani Koi di Jepang Jukishi Hoshino, yaitu dengan menggunakan pasangan Induk Ki Utsuri dan Kohaku.

Awalnya Showa Sanshoku, berwarna coklat kekuning-kuningan, kemudian dikembangkan oleh Tomiji Kobayashi dan berhasil memproduksi Showa dengan warna merah (Hi) yang lebih pekat dengan menggunakan induk Yagozaemon Kohaku, yang kemudian terkenal sebagai yang terbaik.

koi showa
Showa Sanshoku

Showa Sanshoku atau yang popular dengan sebutan singkat Showa ini, adalah salah satu varitas Koi yang sangat digemari oleh para pecinta Koi di seluruh dunia. Dari namanya ‘Sanshoku’, yaitu ‘San’ yang berarti ‘tiga’ dan ‘Shoku’ artinya ‘warna’, maka varitas Showa ini cukup mudah dikenali.

Showa yang bagus menurut para pakar atau yang telah berpengalaman dalam mengapresiasi Koi, bolehlah dipakai sebagai acuan dalam memilih Showa, baik untuk dipelihara sendiri di rumah, apalagi jika untuk mengikuti kompetisi Koi atau yang biasa dikenal dengan Kontes Koi atau Koi Show.

Pedoman Menilai Kualitas Showa

Koi Showa
Terdapat pola warna hitam di area kepala Showa

1. Pola hitam di bagian kepala

Secara umum, dalam memilih Koi, pertama-tama yang diamati adalah pada bagian kepala. Pola warna hitam wajib ada di area kepala Showa yang mengarah ke bagian mulut. Showa yang bagus, di bagian kepala terdapat perpaduan pola dengan kombinasi 3 warna, yaitu hitam, merah dan putih dengan komposisi yang seimbang. Showa memiliki ciri utama antara lain pola warna hitam (sumi) terdapat di bagian kepala dan hendaknya melebar sampai menyentuh atau setidaknya mengarah ke bagian mulut.

Hindari membeli Showa, tanpa ada pola warna hitam di bagian mulut, apalagi sama sekali tak ada warna hitam di kepalanya, kecuali untuk jenis Kindai Showa.

Pola hitam sebaiknya cukup lebar atau berbentuk zig-zag seperti lukisan halilintar. Jika di bagian kepala tidak ditemukan sedikitpun warna hitam, maka Koi tersebut layak diragukan sebagai Showa, sebab bisa jadi itu adalah Koi dari jenis Sanke.

Pada dasarnya, terdapat 2 (dua) jenis pola di kepala Showa yaitu Menware (‘Men’ artinya ‘wajah’. ‘ware’ berarti ‘terbelah’) yaitu bentuk pola hitam yang membelah bagian kepala (A). Jenis pola lainnya seperti letter V dan terdapat warna hitam di hidung (B).

Koi showa menware
Pola hitam seperti membelah kepala menjadi dua bagian (Menware)

Koi Showa letter V
Pola warna hitam membentuk letter V

2. Motoguro

Pada pangkal sirip (pectoral fins) terdapat pola warna hitam atau yang populer disebut Motoguro atau Motogoro sebagai salah satu ciri utama Showa. Sebaiknya Showa memiliki motoguro yang tampak seimbang di kedua siripnya.

Namun demikian, bukan berarti semua Koi Showa Sanshoku selalu memiliki motoguro. Kadangkala motoguro dapat melebar hingga menutupi seluruh bagian sirip, terutama terjadi pada Showa Tosai (umur kurang dari setahun).

 

Info seputar “Motoguro”

Perkembangan Pola Motoguro

Bentuk pola Motoguro mengalami perubahan seiring dengan pertumbuhan badan dan kondisi lingkungannya. Bisa saja terjadi ketika masih kecil, motoguro belum begitu terlihat (A), namun setahun kemudian motoguro tampak makin jelas (B).

Atau sebaliknya, saat masih kecil, warna hitam motoguro tampak menutupi seluruh bagian sirip dan ketika dewasa terlihat mengecil dan tampil lebih indah, sebagaimana pada gambar berikut ini :

koi showa

3. Komposisi Pola

Pada bagian punggung Showa Tradisional, lebih didominasi oleh pola warna hitam (sumi). Sedangkan pola warna merah (hi) dan putih (shiro) hanyalah sebagai penyeimbang. Showa dengan perpaduan warna hitam dan merah yang seimbang (balance), sangat disukai.

Namun demikian ada pula jenis Showa dengan warna putih yang lebih dominan di bagian punggungnya atau yang lebih dikenal dengan nama Kindai Showa (Modern Showa).

koi Showa kindai
Kindai Showa (Showa Modern)

Ketiga kriteria diatas adalah ciri pokok Showa, namun agar lebih jelas berikut ini adalah ciri-ciri Showa yang berkualitas.

Ciri-ciri Showa Berkualitas

• Kualitas warna hitam yang pekat dan mengkilat. Pola hitam lebih dominan bila dibanding warna lain. Warna merah sebaiknya pekat (tidak kekuning-kuningan/oranye) dan warna putih seputih salju.

• Komposisi pola antar warna secara keseluruhan seimbang (balance) sejak dari bagian kepala hingga ekor.

• Terdapat pola hitam, seperti membelah bagian kepala (menware) atau yang membentuk letter V.

koi showa menware
Pola hitam seperti membelah kepala menjadi dua bagian (Menware)

• Bentuk badan yang proporsional, bulat panjang, terutama melebar di bagian punggung.

Memang tidaklah mudah memperoleh Showa yang dapat memenuhi semua kriteria diatas, namun demikian hal ini setidaknya dapat digunakan sebagai acuan dalam memilih Showa yang berkualitas

JENIS SHOWA LAINNYA

koi showa

Tentang Kindai Showa

Showa yang didominasi warna putih dikenal dengan Kindai Showa. Mengapa diberi nama ‘Kindai Showa’ ?
Sebab jenis Showa ini baru populer pada sekitar tahun 1980-an, jadi dianggap sebagai Showa masa kini sehingga diberi nama Kindai Showa, yang mana ‘Kindai’ artinya ‘modern’. Namun demikian, Kindai Showa tetap termasuk di dalam kategori varitas Showa Sanshoku.

Kindai Showa lebih dominan warna putih

Cara Menghasilkan Kindai Showa

Sebagaimana diketahui, pada awal pemunculan Showa adalah hasil cross breeding antara Kohaku dengan Ki/Hi Utsuri. Varitas Showa akan mudah diperoleh di dalam pembudidayaan Koi, tentu jika melalui pasangan induk yang keseluruhannya adalah dari jenis Showa. Selain itu, Showa juga dapat dihasilkan dari persilangan antara pasangan Hi Utsuri.

Dari hasil pemijahan pasangan Showa dan Kohaku, selain diperoleh Showa, tidak menutup kemungkinan ditemukan juga Utsuri, Bekko dan Kindai Showa dalam satu peranakan.

Tak ada breeder (petani Koi) yang dapat menghasilkan khusus Kindai Showa, meskipun yang diambil sebagai induk adalah dari pasangan Kindai Showa sekalipun. Justru dari hasil pemijahan tersebut akan diperoleh Kindai Showa dalam jumlah yang relatif sedikit (minoritas), sebab karakteristik Kindai Showa secara genetik kurang dominan atau dengan kata lain bahwa Kindai Showa diperoleh secara tidak disengaja dari sebuah proses pemijahan Koi.

Untuk memperoleh Kindai Showa berkualitas baik, cukup dengan menggunakan pasangan induk Showa dengan kualitas yang baik pula. Sebab secara tidak langsung dari keturunannya nanti akan dapat diperoleh Kindai Showa yang berkualitas.

Menurut penulis, Kindai Showa adalah jenis Showa yang ‘nanggung’. Mengapa demikian? Sebab Kindai Showa ini memiliki tampilan sepintas seperti Sanke, bahkan ciri utama Showa tradisional yaitu keberadaan motoguro pada siripnya, tidak diperlukan lagi.

Selain itu jika ditelaah lebih jauh, Kindai Showa bahkan tidak ada pakem yang jelas. Artinya, untuk menilai Kindai Showa menjadi sangat relatip, tergantung selera atau kesukaan masing-masing individu.
Berbeda halnya dengan Showa traditional, yang lebih jelas pakemnya, dalam arti bahwa sebagian besar para pakar menilai kualitas Showa dengan cara yang sama.

Traditional Showa VS Kindai Showa

Untuk memperoleh gambaran mengenai perbedaan antara Showa Tradisional dan Kindai Showa, berikut ini penjelasannya.

Ciri-ciri Koi Showa Tradisional antara lain :

1. Terdapat motoguro (warna hitam dipangkal sirip dada) yang seimbang antara sirip sebelah kiri dan kanan.
2. Terdapat bercak/pola warna sumi/hitam di punggung dan di kepala menuju ke bagian mulut.
3. Pola hitam melebar dan cukup dominan dan tidak ada spot (bintik-bintik hitam). Bila ada, maka sangat minimal (minor).
4. Pola Hi (merah) yang lebar berada di punggung dan sebagian terdapat di kepala.

Beberapa ciri Showa Tradisional tersebut kadangkala tidak diketemukan pada Kindai Showa yaitu:

• Tidak terdapat motoguro pada sirip dada
• Pola warna hitam tidak terdapat di bagian mulut (bibir)
• Warna hitam tidak menjadi warna dominan.

Meski demikian untuk menilai kualitas, maka Kindai Showa tetap harus memiliki salah satu dari 3 ciri khas Showa yaitu :

a. Motoguro
b. Terdapat warna hitam di kepala atau mulut
c. Pola hitam yang lebar di punggung

Sebagai contoh misalnya saja seekor Kindai Showa yang tidak memiliki motoguro, maka sebagai kompensasinya harus ada pola hitam di bagian kepala atau mulut. Sebaliknya jika tidak ada pola hitam di kepala, tetapi harus ada motoguro yang seimbang dst.

Dalam suatu kondisi, bila tidak ada satupun ciri-ciri khas Showa di atas, maka Koi dengan tiga warna yaitu merah, putih dan hitam, sudah bisa dipastikan masuk ke dalam varitas Sanke..

Sangat sedikit Kindai Showa yang berhasil memenangkan kontes Koi. Bukan karena kecenderungan atau trend, tetapi memang karena Kindai Showa dengan kualitas bagus sangat jarang ditemui.

Namun demikian bukan berarti Kindai Showa tidak pernah menang di dalam acara kontes Koi, sebab sangat tergantung dari kondisi peserta lain (competitor) pada kelas yang sama.

Tips Memilih Showa

inazuma gilakoi
Inazuma Showa. Showa dengan pola warna merah menyerupai halilintar (Inazuma)

Showa Sanshoku atau biasa disingkat Showa, adalah salah satu varitas koi yang sangat digemari. Dari namanya Sanshoku, yaitu San yang berarti Tiga dan Shoku artinya warna, maka Showa cukup mudah di kenali.

Sesungguhnya tidak ada patokan untuk memilih koi. Terserah anda saja, yang penting anda senang memilikinya. Namun demikian, akan lebih membanggakan bila selain kita memiliki Koi yang tidak hanya bagus menurut kita, tapi orang lain juga mengakuinya.

Showa yang bagus menurut para pakar atau yang telah berpengalaman dalam meng-apresiasi koi, bolehlah kita pakai sebagai acuan dalam memilih Showa untuk dipelihara di kolam anda. Apalagi bila anda ingin mengikuti kompetisi koi atau yang biasa kita kenal dengan Kontes Koi atau Koi Show.

Untuk itu, dalam memilih Showa yang baik, anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

  1. Pola hitam di kepala.

koi showa
Pola warna hitam wajib ada di area kepala dan mengarah ke bagian mulut showa.

Secara umum bila anda ingin memilih Koi, pertama-tama lihatlah di bagian kepala. Showa yang bagus, dibagian kepala terdapat perpaduan pola dengan kombinasi 3 warna, yaitu hitam, merah dan putih. Pada umumnya Showa, dan ini juga sebagai ciri utamanya, bahwa pola warna hitam (sumi) harus ada dibagian kepala dan hendaknya sampai menyentuh atau setidaknya mengarah ke bagian mulut. Hindari membeli Showa, tanpa ada pola warna hitam di bagian mulut, apalagi sama sekali tak ada warna hitam di kepalanya.

Bila di bagian kepala tidak ditemukan sedikitpun warna hitam, maka koi tersebut boleh diragukan, sebab bisa jadi itu adalah dari jenis Sanke.

Idealnya, komposisi ketiga warna cukup berimbang di bagian kepala Showa.

2. Motoguro

motoguro
Pada pangkal sirip Showa, terdapat pola warna hitam, atau yang seringkali disebut Motoguro.

Ciri utama showa, bisa di ketahui dibagian siripnya (pectoral fins/sirip dayung). Sirip Showa yang bagus adalah memiliki motoguro, yaitu pola warna hitam di pangkal siripnya. Mengenai Motoguro dapat dibaca lebih detail disini.

Pada Showa, terkadang terdapat motoguro yang melebar hingga menutupi seluruh bagian sirip, terutama untuk Showa Tosai (Tosai adalah istilah untuk koi yang umurnya kurang dari setahun). Motoguro pada Showa, bisa berubah bentuknya seiring pertumbuhan badannya. Atau bisa juga ketika masih kecil, motoguro belum tampak jelas. Begitu sudah berumur 3 atau 4 tahun, motoguro pada Showa baru muncul.

3. Punggung Showa

Pada bagian punggung hingga ekor, Showa tradisional, lebih didominasi oleh pola dengan warna hitam. Pola warna merah (hi) dan putih (shiro) hanyalah sebagai penyeimbang. Namun demikian ada pula Showa dengan warna putih yang lebih dominan di bagian punggungnya atau yang lebih dikenal dengan nama Kindai Showa (Modern Showa). Showa dengan perpaduan warna hitam dan merah yang seimbang, sangat disukai.

kindai-showa
Kindai Showa adalah showa dengan dominasi warna putih.

 

Kesimpulan

Memang tidaklah mudah memperoleh Showa yang memenuhi semua kriteria diatas, namun demikian anda bisa menggunakan pedoman diatas dalam memilih koi dalam varitas Showa, setidaknya sebagai acuan  untuk mengarah kepada kualitas yang baik. Dengan kesabaran dan ketelitian, suatu saat tentu anda akan mendapatkannya, meski dengan harga yang relatif tinggi.

 

showa
Ini adalah contoh Showa berkualitas, dengan komposisi 3 warna yang berimbang.

Demikianlah paparan tentang Koi Showa, semoga bermanfaat

#gilakoi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BUKU BARU .. !Terbit Juli 2020

BUKU 'DOKTER KOI'

Informasi lengkap tentang jenis penyakit dan cara pengobatan.

Lihat
WhatsApp chat