Home / ARTIKEL UTAMA / Mengenal 13 Kategori Varitas Koi

Mengenal 13 Kategori Varitas Koi

Sejak pertama kali Koi diketemukan oleh petani ikan di Jepang,  budidaya Koi terus dikembangkan. Bukan lagi sebagai ikan konsumsi melainkan untuk dipelihara sebagai penghias kolam. Setelah melalui berbagai macam uji coba kawin-silang (crosss breeding), kini Koi telah memiliki aneka macam pola dan warna yang dikelompokkan di dalam berbagai varitas.

Varitas Koi dibagi menjadi 13 kategori. yaitu :

  1. Kohaku
  2. Taisho Sanshoku
  3. Showa Sanshoku
  4. Utsurimono
  5. Bekko
  6. Asagi – Shusui
  7. Koromo
  8. Kawarimono
  9. Ogon
  10. Hikarimoyo – Mono
  11. Hikari – Utsurimono
  12.  Kin-ginrin
  13.  Tancho
Kohaku

1.KOHAKU

Dari asal kata ‘kohaku’ yang berarti ‘merah dan putih’, Kohaku adalah salah satu varitas Koi yang selalu dibicarakan terlebih dulu dibandingkan dengan yang lainnya. Bukan hanya karena Kohaku yang diketemukan pertama kali, tetapi karena sosok Kohaku  memang istimewa. Dengan hanya dua warna saja, Kohaku terkesan sangat elegan. Justru dengan kesederhanaan  warna yang ada pada punggungnya, maka Kohaku tampak kontras bila berada di antara kerumunan Koi lainnya. Oleh sebab itulah maka di dunia Koi terdapat perumpamaan “Keeping Koi Begins And Ends With The Kohaku”

Pada pandangan pertama, orang akan lebih tertarik pada kecantikan Kohaku. Setelah itu barulah melirik varitas lainnya seperti Showa, Sanke, Ogon dll. Namun pada akhirnya, para pecinta Koi yang sudah bertahun-tahun memelihara Koi, pilihan mereka akan kembali jatuh kepada Kohaku sebagai Koi favoritnya.

Awal mula

>>>Selanjutnya, silakan Login atau Join bersama 2,655 anggota lainnya <<<

BUKU GILA KOI

BUKU GILA KOI + CD E-book

Cara Memelihara Koi dan Apresiasi

Hard Cover dan Soft Cover

Beli Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat