Karashigoi, Jenis Koi yang Terkenal Cepat Besar (Jumbo)
Home / Varitas / Karashigoi

Karashigoi

karashigoi
Induk Karashigoi (oyagoi) milik Konsihi Koi Farm Jepang. Ada yang panjangnya 130 cm

Karashigoi adalah jenis Koi yang memiliki warna kuning polos yang amat mirip dengan Kigoi. Orang Jepang memberi nama ‘karashi’ karena warnanya yang kuning mirip Mustard. Mustard adalah sejenis makanan berupa saus atau pasta yang terbuat dari biji-bijian (rempah-rempah).

Warna kuning pada Karashi goi agak berbeda jika dibandingkan dengan Kigoi. Jika Kigoi memiliki warna kuning padat, sedangkan Karashi goi warnanya kuning agak kecoklat-coklatan.

Karashigoi
Karashi (Japanese mustard). Sejenis makanan berupa saus atau pasta yang terbuat dari biji-bijian (rempah-rempah). Warna kuning pada Karashigoi mirip warna makanan ini.

Awal Mula

Jenis Karashigoi ini termasuk jenis koi yang baru muncul, yang mana adalah hasil cross breeding antara Chagoi dengan Kigoi. Oleh sebab itu wajar saja bila warna Karashi goi adalah sebagai campuran antara warna coklat milik Chagoi dan warna kuning milik Kigoi.

Jenis warna Karashi goi ada yang tampak agak kecoklatan tapi ada juga yang terlihat kuning terang dan sangat mirip dengan Kigoi.

Hal yang menarik dari koi jenis Karashi goi ini adalah pertumbuhan badannya yang relatif lebih cepat jika dibandingkan jenis koi lain dan berpotensi menjadi Koi Jumbo (berukuran lebih dari 1 meter). Hal ini karena Karashigoi mewarisi sifat genetika dari Chagoi yang memang dikenal sebagai koi dengan badan kekar (bulky) dan panjang.

Namun demikian, tidak semua karashi goi bisa tumbuh besar menjadi Koi Jumbo, tergantung  pada  faktor genetika dari induknya. Karashigoi termasuk di dalam kelompok varitas Kawarimono

Doitsu Karashi goi (tanpa sisik) – Foto : Nishikigoi.life

AKAME KARASHIGOI

Terkadang ditemukan Karashigoi yang mana di bagian matanya berwarna merah atau pink. Ini yang disebut dengan Akame Karashigoi. ‘Akame’ dalam bahasa Jepang berarti ‘mata merah’.
Karashigoi dengan mata merah (akame) termasuk koi langka. Oleh sebab itu harganya relatif lebih mahal, namun sesungguhnya ini adalah koi albino.

Mata Merah atau Akame. ‘aka’ berarti ‘merah’, dan ‘me’ artinya ‘mata’. Akame koi sesungguhnya adalah jenis koi albino.

Breeder Karashigoi

Di Jepang, ada pembudidaya (koi breeder) khusus Karashi goi yatu Konishi Koi Farm yang berada di daerah Hiroshima. Sejak tahun 1919, Konishi Koi Farm sudah mulai mengembangkan koi khususnya untuk jenis Shusui, Kujyaku dan Karashi goi. Oleh sebab itu, tak heran jika Konishi Koi Farm sangat populer sebagai penghasil Karashigoi di Jepang dan telah diekspor ke manca negara.

Joji Konishi, pemilik Konishi Koi Farm generasi ke-3, spesialis budidaya Karashigoi di Jepang

 

Karashi goi 107 cm, Jumbo Champion pada acara Holand Koi Show (HKS) 2017 di Belanda.
Telah dibaca 144 kali, hari ini 1 kali

Baca juga yang ini..

Sejarah Koi Tanpa Sisik – Doitsugoi

Sebagaimana diketahui, ikan koi yang sekarang ini menghuni kolam sebagai ikan hias adalah berasal dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.