isi Halaman
Home / Varitas / Jangan Tertipu dengan Ikan Mirip Chagoi

Jangan Tertipu dengan Ikan Mirip Chagoi

Ada sejenis ikan yang sangat mirip warnanya dengan Chagoi, tapi yang membedakannya adalah bentuk badan. Itulah ikan Grass Carp. Jika Chagoi memiliki bentuk badan yang kekar (bulky) seperti gulungan benang, sangat berbeda halnya dengan Grass Carp yang tampak kurus panjang.

Grass Carp
Grass Carp, warnanya mirip Chagoi, tapi lebih langsing

Sekelumit infomasi tentang Grass Carp

Grass carp adalah satu-satunya ikan dari genus Ctenopharyngodon. Konon berasal dari perairan di daratan Asia bagian Timur sejak dari Vietnam Utara sampai ke perbatasan Siberia -China. Ikan ini hidup liar di danau, namun juga telah dibudidayakan oleh penduduk setempat untuk dikonsumsi. Karena perawatannya yang mudah dan kemampuannya dapat tumbuh besar dalam waktu singkat membuat budidaya ikan ini diminati.

Selain dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi, GrassCarp, di Eropa dan Amerika ikan ini juga bermanfaat untuk mengendalikan gulma sebab ikan ini dapat melahap tanaman air dalam jumlah banyak .

Ikan GrassCarp merupakan ikan air tawar yang hidup pada suhu antara 20 derajat hingga 30 derajat celcius. Namun, ikan ini masih dapat hidup dengan baik di kisaran suhu 15 derajat celcius.

GrassCarp termasuk ikan yang cepat sekali pertumbuhannya. Dalam 6 bulan saja, GrassCarp dapat tumbuh yang semula 20 cm menjadi 45 cm. Ukuran ikan dewasa bisa mencapai lebih dari 120 cm.

Sangat mirip Chagoi

Grass Carp VS Chagoi

Jika dibandingkan dengan Chagoi, maka warna GrassCarp yang hijau kecoklat-coklatanan ini mirip sekali bahkan struktur sisiknya juga mirip atau bahkan sulit dibedakan dengan Chagoi. Pada bagian kepalanya juga mirip, namun bentuk badan Grass Carp secara keseluruhan terlihat panjang dan ramping.  Jadi jika diamati sepintas dari bentuk badannya, maka Grass Carp terlihat berbeda dengan Chagoi.

Chagoi ini panjangnya 100 cm

GrassCarp banyak yang berukuran lebih dari 100 cm, namun harganya jika dibandingkan dengan Chagoi, tentu terpaut jauh. Karena warnanya yang mirip Chagoi, banyak pehobi pemula yang menyangka ikan Grass Carp itu adalah Chagoi.

Pernah ada yang menjual beberapa ekor GrassCarp betina dalam keadaan menggendong telur dan berukuran besar (lebih 100 cm) dan sangat mirip dengan Chagoi, sehingga si penjualpun menyatakan bahwa itu adalah Chagoi. Oleh sebab itu, jika anda berminat membeli Chagoi berukuran besar, maka sebelumnya anda harus lebih teliti dan memastikan bahwa itu adalah benar-benar Chagoi dan bukan GrassCarp yang murah harganya.

Faktanya, koi dengan panjang lebih dari 100 cm, memang lebih didominasi dari jenis Chagoi, namun tak banyak pemelihara koi yang memilikinya. Selain itu, pemilik koi dengan panjang lebih dari 100 cm, sangat jarang yang bersedia menjual, karena koi yang sudah besar hingga panjangnya lebih dari 1 meter adalah sebagai bukti keberhasilan pemilik dalam merawat koi.

Demikianlah semoga bermanfaat

#donibastian

Telah dibaca 222 kali, hari ini 1 kali

Baca juga yang ini..

Tips Memilih Bayi Asagi (Asagi Tosai)

 Ada satu varietas koi yang sangat indah warnanya, yaitu dengan sisik seperti jaring yang berwarna …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

KONTAK ADMIN GILAKOI.COM

Silakan mengirim pesan kepada kami, atau kontak WA 0812 9429 1117. Terimakasih

X
Kontak Admin