Home / Pemeliharaan / Begini Cara Berpikir yang Benar dalam Memelihara Koi

Begini Cara Berpikir yang Benar dalam Memelihara Koi

memelihara koi
Sesungguhnya Koi ingin hidup secara alami..

Setelah mengalami kematian masal pada koi yang dipelihara, biasanya para pemelihara/pecinta koi semakin penasaran untuk mencari tahu apa penyebabnya. Mereka berusaha mendapatan informasi sebanyak-banyaknya tentang bagaimana cara memelihara koi yang benar antara lain dengan ‘searching’ google, bertanya kepada sesama pemelihara koi yang lebih berpengalaman dan nara sumber lainnya. Tujuannya jelas, yaitu mereka ingin sukses dalam memelihara ko, dalam arti bahwa koi yang dipeliharanya tetap terjaga kesehatannya dan dapat dinikmati keindahannya.

Namun demikian, meski sudah membaca banyak informasi dan berkonsultasi dengan sesama pehobi dalam komunitas pecinta koi, masih saja terjadi permasalahan pada kolam dan koi mereka? Mengapa demikian?

Kemungkinan besar karena pehobi koi tidak memahami substansi masalahnya. Karena salah dalam melakukan diagnosa terhadap suatu permasalahan, tentu saja tidak dapat menyelesaikan masalah yang ada.

Sebagai contoh misalnya terjadi kasus kematian pada koi yang baru datang. Ketika pertamakali dimasukkan ke dalam kolam, koi tampak sehat dan terlhat berenang dengan aktif (lincah). Mungkin perilaku ini dinilai bahwa koi dalam keadaan baik-baik saja. Tapi beberapa hari kemudian koi tersebut sakit dan kemudian mati.

Dalam kasus ini akan timbul berbagai macam dugaan terhadap apa yang menjadi penyebabnya.  Padahal substansi masalahnya adalah bahwa koi yang baru datang dalam kondisi stress. Seharusnya dikondisikan terlebih dahulu agar kembali normal, yaitu melalui proses karantina koi.

Masih banyak contoh kasus lainnya, dimana para pemelihara koi yang melakuan kesalahan dalam diagnosa penyebab terjadinya masalah.

Berikut ini saya ingin membagikan informasi tentang CARA BERPIKIR YANG BENAR, agar sukses dalam memelihara koi.

1.KOI TIDAK BUTUH AIR BENING

Koi hanya butuh air yang nyaman bagi mereka untuk hidup sehat. Bukan sekadar air yang bening. Sekali lagi ‘BUKAN SEKADAR AIR YANG BENING”.  Yang menginginkan air  bening adalah manusia atau pemilik kolam, dengan maksud agar kolam tampak bersih, indah  dan dapat menikmati koi yang berada di kolam.

Tapi harap diketahui bahwa sesungguhnya koi sendiri tidak semata-mata perlu air yang bening tapi koi membutuhkan tempat yang nyaman untuk hidup. Pertanyaan besarnya adalah. “KONDISI AIR SEPERTI APA YANG DIBUTUHKAN OLEH KOI?” Sebagai jawabannya, anda perlu memahami kualitas air yang dibutuhkan oleh koi, dapat dibaca disini.

2. SISTEM FILTERASI

Tujuan utama dibangun sistem filterasi air kolam adalah untuk menjaga kualitas air kolam agar tetap baik dan stabil. Stabilitas air kolam adalah hal yang sangat penting untuk dipertahankan, sebab koi mudah terpengaruh dengan perubahan kondisi air kolam. Apalagi jika terjadi perubahan kondisi air secara ekstrim, koi bisa langsung stress dan keesokan harinya sakit dan mati.

Oleh sebab itulah, sebuah kolam koi wajib dibangun sistem flter yang baik dan benar sesuai dengan kapasitas dan volume kolamnya. Disarankan kepada anda dalam membuat sistem filter agar terlebih dahulu berkonsultasi kepada yang lebih berpengalaman (ahli/expert). Beberapa jenis sistem filter kolam koi bisa dibaca disini.

3. PERAWATAN HARIAN

Merawat koi harian bukan hanya sekadar memberi pakan, namun lebih jauh adalah melakukan pengamatan terhadap kondisi air kolam dan fisik koi untuk mengetahui permasalahan sejak dini. Mengapa hal ini penting?

Sebab jika sudah terlambat, maka akan mengancam keselamatan koi lainnya. Oleh sebab itu, sambil memberi pakan, amati juga perilaku koi anda. Pastikan semua koi dalam keadaan sehat.

Jika ada seekor koi yang tampak diam dan menyendiri, atau berperilaku tidak seperti biasanya, tentu telah terjadi permasalahan di kolam anda. Segera lakukan sesuatu, untuk mengantisipasi resiko yang lebih besar.

Pemberian obat-obatan untuk merawat kolam koi juga perlu dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan pakan yang berkualitas, dan cara memberi pakan yang benar dapat dibaca disini.

4. POPULASI KOI

Jumlah koi yang berada di kolam anda, juga perlu dibatasi. Mengapa demikian? Sebab koi juga butuh ruang hidup yang cukup agar mereka dapat tumbuh dengan normal. Peliharalah koi dalam jumlah sedikit tapi yang berkualitas. Tak perlu terlalu banyak.

Jika jumlah populasi koi di kolam terlalu padat (over populated) tentu akan menambah beban kerja sistem filter yang ada dan dapat menghambat laju pertumbuhan koi.  Jumlah populasi koi yang ideal bisa dibaca disini.

5. PERAWATAN AIR KOLAM SECARA PERIODIK

Kolam koi di rumah anda adalah banguan buatan sebagai tempat hidup koi. Berbeda dengan habitat aslinya, dimana keseimbangan alami dapat mengatur sedemikian rupa sehingga kualitas air akan terjaga dengan baik. Untuk kolam koi di rumah, anda tak boleh membiarkannya tanpa perawatan apapun dan hanya mengandalkan  sistem filter yang ada.

Air kolam perlu dirawat antara lain dengan mengganti air lama dengan air baru, mengolah sumber air sebelum air dimasukkan ke dalam kolam, menambahkan aerasi jika diperlukan untuk meningkatkan kadar oksigen yang larut dalam air baik di kolam maupun di dalam ruang filter, dan yang terpenting adalah mengukur parameter air agar tidak melebihi ambang batas yang aman. Mengenai cara mengukur parameter air bisa dibaca disini.

6. KARANTINA KOI

Failitas karantina koi, wajib dibangun jika anda memiliki kolam koi. Hal ini dibutuhkan sewaktu-waktu terutama jika ada koi baru atau untuk merawat koi yang sedang sakit.

Koi yang tampak menunjukkan gejala sakit, harus segera diangat dan dipindahkan ke fasilitas karantina. Tujuannya adalah dalam rangka perawatan (pengobatan dan penyembuhan). Jika koi yang sedang sakit dibiarkan saja, maka kondisinya akan semakin parah dan koi lainnya akan terganggu atau bahkan tertular penyakit. Jika terlambat dalam menangani koi sakit, maka resiko terburuk yang bisa terjadi adalah kematian masal.

Informasi perilah teknik Karantina koi bisa dibaca disini.

Demikianlah semoga bermanfaat.

#donibastian

Telah dibaca 347 kali, hari ini 10 kali

Baca juga yang ini..

Inilah 3 Kunci Sukses Memelihara Koi

Memelihara koi itu sangat menyenangkan. Bahkan bagi para pehobi berat (koi kichi) atau saya menyebutnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.