Umpan Ikan Wader Paling Ampuh

Gilakoi.com – Siapa yang tidak kenal dengan jenis ikan yang satu ini, Ya ikan wader, Ikan wader merupakan salah satu jenis ikan bertubuh kecil dari suku Cyprinidae yang banyak ditemukan di perairan Indonesia. Suku Cyprinidae sendiri adalah keluarga ikan yang sama dengan ikan mas, ikan karper atau ikan mas hias.

Di alam liar, ikan ini memiliki tubuh yang lebih kecil dibanding jenis ikan mas. Dan ada banyak nama lain yang disematkan pada ikan wader, seperti ikan beunteur, ikan paray, ikan cere, wader pari atau lunjar padi. karena memang nama ikan di tiap daerah selalu berbeda-beda.

Di Indonesia terdapat banyak spesies ikan wader yang memiliki ciri khasnya sendiri. Namun wader yang masih banyak ditemukan di perairan Indonesia ada 2 jenis, yaitu wader bintik dua  dan wader pari.

Ikan ini bisa kita dapatkan dengan menggunakan pancing di sungai-sungai. dan  untuk memancing ikan wader sangatlah mudah, kita cuma harus menyediakan umpan yang disukai ikan wader. dan apabila anda ingin mengetahui berbagai umpan untuk mancing ikan wader, silahkan simak artikel berikut ini.

Umpan Ikan Wader Paling Ampuh

1. Tahu

Untuk menggunakan umpan tahu caranya terbilang sangat simpel , potong tahu kecil-kecil kemudian kaitkan pada kail . baiknya tahu di jemur terlebih dahulu sebelum di potong agar tidak mudah hancur saat masuk ke dalam air.

2. Lumut Basah

Gunakanlah lumut dengan jenis yang halus dengan warna hijau gelap , bisa juga di tambahkan dengan vanili atau garam agar aromanya lebih keluar dan teksturnya lebih lembut

3. Umpan Pelet

Umpan pelet lebih cocok di gunakan di perairan yang tenang seperti danau dan waduk , cara menggunakannya pelet di hancurkan kemudian tambahkan air hingga menjadi adonan yang kenyal agar tidak mudah hancur di dalam air.

4. Umpan Kroto

Kroto juga bisa di gunakan sebagai umpan ikan wader yang ampuh karena kroto memiliki aroma khas yang dapat menarik perhatian ikan wader.

Umpan buatan untuk ikan wader

Read More

Bahan :

  • 6 Sendok Pelet
  • 6 Sendok Pelet Bom biasanya merk samurai atau stella product
  • Kecap ikan
  • Terasi bubuk

Cara membuat :

Campurkan 6 sendok pelet dan 6 sendok pelet bom , tambahkan 1 sendok makan kecap ikan agar aroma semakin menggoda , masukan ke dalam wadah dan beri air secukupnya , tutup rapat dan biarkan selama kurang lebih 30 menit agar matang , apabila setelah matang adonan terlalu lembek bisa tambahkan pelet bom agar kenyal , terakhir tambahkan terasi udangnya . Umpan siap di gunakan.

5. Umpan tempe busuk dan terasi udang

Tempe (busuk lebih ampuh) + roti +bawang putih (separo siung aje) + terasi udang = aduk ampe pulen (siap tempur)

6. Umpan Mie instan dengan tempe busuk

(seduh jangan sampai lembek/jadiin tepung sekalian lebih baik) + tempe busuk + bawang putih (separo siung aje) + ikan tuna = aduk ampe pulen

7. Laron

Jika sedang musim laron, laron bisa langsung digunakna untuk umpan mancing wader. umpan ini sangat ampuh untuk memancing ikan wader. silahkan anda bisa mencobanya.

8. Cacing Tanah

Umpan cacing ini merupakan salah satu makanan favorit untuk ikan wader, untuk mendapatkan cacing ini sangatlah mudah, kita bisa mendapatkannya di area pemukiman warga atau bisa didapatkan di dekat kandang hewan seperti domba, sapi dll.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan, semoga artikel mengenai Umpan Ikan Wader Paling Ampuh ini bermanfaat bagi kalian yang ingin memancing ikan tersebut. salam strike dan salam satu hobby!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.