Home / Tips & Trik / Ukuran Berapa Sebaiknya Anda Membeli Koi?

Ukuran Berapa Sebaiknya Anda Membeli Koi?

ukuran koi
Hana Shusui

Mungkin terasa aneh bagi anda, mengapa saya bertanya seperti pada judul tulisan ini. Apakah penting mempertimbangkan ukuran koi yang akan anda beli untuk dipelihara di rumah?

Sesungguhnya, tak pernah ada aturan yang mengharuskan anda membeli koi pada ukuran tertentu, sebab bagaimanapun juga itu adalah hak anda sepenuhnya untuk memilih koi yang anda beli dengan ukuran apapun sesuai keinginan anda. Namun demikian ada yang perlu anda ketahui, bahwa koi pada ukuran tertentu dalam arti pada usia tertentu, terdapat jenis warna yang belum tumbuh atau belum tampak sama sekali..

Penting untuk diketahui bahwa pada proses pertumbuhan dan perkembangan pola maupun warna koi mengalami peubahan dari waktu ke waktu, sesuai bertambahnya umur, terutama untuk koi pada varitas Kohaku, Sanke, terutama showa, utsuri dan pada beberapa varitas lainnya. Pada kasus tertentu bahkan dijumpai warna ginrin baru terlihat pada usia tertentu. Hal inilah sebagai alasan saya mengapa sebaiknya anda membeli koi pada ukuran atau umur tetentu.

Sebagai contoh misalnya pada varitas sanke. Seekor sanke ketika masih kecil, yatu berumur kurang dari 3 bulan, maka pertumbuhan warnanya relatif belum tampak seluruhnya, terutama pada warna atau pola sumi (hitam). Dengan demikian jika anda membeli sanke ketika masih kecil maka kemungkinan besar setelah anda pelihara beberapa bulan kemudian akan terjadi perubahan pola dan warna yang cukup signifikan.

Demikian juga jika anda akan membeli Kohaku. Kohaku yang masih kecil (ukuran 20 cm ke bawah), kualitas pola dan warnanya belum dapat diketahui secara pasti akan menuju kemana. Maksud saya, ketika anda membeli koi pada ukuran 20 cm, mungkin saja pola dan warnanya tampak sempurna. Tapi jangan salah, setelah anda pelihara beberapa waktu lamanya, bisa saja akan tumbuh warna hitam (sumi) berupa spot (bintik2) atau bayangan warna sumi yang mana semakin lama semakin tampak jelas. Dan ternyata setelah cukup dewasa, koi yang semula anda duga Kohaku, ternyata sesunguhnya adalah Sanke.

Itulah contoh kasus kemungkinan perubahan pola dan warna koi yang sangat dinamis ketika usianya masih di bawah 1 tahun (tosai)

BELILAH KOI UKURAN 30 CM

Nah, lalu pada ukuran berapa sebaiknya anda membeli koi? Sesuai pengalaman, saya sarankan anda membeli koi pada ukuran sekitar 30 cm. Mengapa demikian?

Pertama adalah soal harga. Semakin besar koi tentu akan semakin mahal, untuk kualitas yang setara. Sehingga lebih efisien jika anda membeli koi pada ukuran sekitar 30 cm.

Yang kedua adalah soal pola dan warna. Koi dengan ukuran 30 cm, relatif sudah dapat di ketahui kepastiannya termasuk jenis varitas yang mana. Meskipun akan terjadi perubahan bentuk pola dan warna, tapi relatif kecil kemungkinannya.

Yang ketiga adalah soal bentuk badan. bentuk badan koi sesungguhnya adalah hal terpenting untuk dipertimbangkan. Terutama dalam penilaian oleh juri pada kontes koi, bentuk badan merupakan faktor utama yang akan dinilai. Koi yang bagus memiliki bentuk badan bulat panjang seperti torpedo. Memang, bentuk badan koi baru bisa tampil secara sempurna jika berumur diatas 3 tahun. Namun demikian untuk koi yang masih kecil, belum dapat dipastikan kualitasnya. Untuk itu, setidaknya jika koi sudah memiliki panjang 30 cm, maka anda tentu akan lebih mudah menilai bentuk badan beserta potensinya di masa mendatang.

Pada kasus lainnya, yaitu pada koi dengan warna polos (1 warna) seperti platinum, ogon, chagoi dll, tentu anda tak perlu risau terhadap perubahan pola dan warna sebagaimana pada uraian diatas, sebab pada koi polos, tentu tak ada pola warna lainnya yang perlu dipertimbangkan. Meski demikian, yang seringkali dikeluhkan adalah tumbuhnya spot warna lainnya seperti bintak hitam ataupun merah. Pada koi polos, spot warna hitam ataupun merah biasanya baru tampak jika koi sudah berukuran besar yaitu diatas 40 cm.

Dengan demikian, anda dapat mempertimbangkan sendiri resiko yang akan anda terima jika anda membeli koi dengan ukuran kecil

Semoga bermanfaat..

#donibastian

Telah dibaca 165 x, hari ini 1 x
BUKU GILA KOI

BUKU GILA KOI + CD E-book

Cara Memelihara Koi dan Apresiasi

Hard Cover dan Soft Cover

Beli Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

KOI POND FESTIVAL 2019Festival Kolam Koi

Ikuti Lomba Kolam Koi "KOI POND FESTIVAL 2019"

Berhadiah Uang Tunai Jutaan Rupiah

Syarat dan Ketentuan
WhatsApp chat