Home / Tips & Trik / Cara Praktis Membuat Air Kolam Bening Dalam 2 Hari

Cara Praktis Membuat Air Kolam Bening Dalam 2 Hari

Air kolam bening adalah dambaan bagi semua pemilik kolam koi. Bukankah anda ingin memiliki kolam yang air nya bening sebening kristal?

Tak sedikit para pemelihara koi yang penasaran karena air kolamnya tak bisa bening meski sudah menggunakan berbagai macam cara. Biasanya dengan merenovasi sistem filter , baik itu menambah kapasitas maupun mengganti media filter.

Memang setelah dilakukan perubahan, maka air kolam tampak bening, tapi untuk sementara waktu saja. Setelah berjalan beberapa waktu lamanya, air kolam berangsung tapak tak sebening pada walnya.

Faktor penyebab Air kolam tidak bening 

Biasanya, terutama bagi pemilik kolam baru, setelah berjalan lebih dari 3 bulan, air kolam mulai tampak keruh. Penyebabnya antara lain :

1. Lumut

Tumbuhan lumut yang menempel di dinding kolam koi banyak janisnya. Jika yang menempel di dinding kolam berupa lumut yang meyerupai  rambut, maka biasanya kolam akan menjadi tidak bening. Mengapa demikian? Sebab jenis lumut ini sangat mudah rontok yang mengakibatkan sir kolam tampak kotor karena serpihan lumut yang rontok ini.

2. Media Filter

Jika di dalam ruang filter menggunakan jenis media seperti dacron atau jap mat, batu apung, karang jahe, maka kemungkinan besar. rongga pada media filter tersebut telah tersumbat karena meyimpan banyak kotoran.

3. Volume Ruang Filter

Mengapa volume ruang filter ini penting?  Sebab proses filterasi air kolam tentu hanya terjadi di dalam ruang filter, yang mana di dalam ruang filter ini telah tersedia berbagai macam media penyaring air.

Jika volume ruang filter tidak memadai, jumlah air yang tesaring jika dibandingkan dengan total volume air kolam dalam jangka waktu tertentu, maka tak cukup efektip membuat seluruh air kolam menjadi bening.

Oleh sebab itu, volume runag filter idealnya minimimal 30 atau 40%  dari  total volume air kolam. Sehingga dengan demikian jika air kolam berada di dalam proses filterasi selama 24 jam non stop, maka seluruh air akan dapat tersaring seluruhnya. Hal ini tentu harus didukung pula dengan kapasitas pompa yang tepat agar air dapat bersirkulasi dengan baik.

4. Pakan

Ketiga faktor tersebut sebaiknya menjadi perhatian bagi anda para pemilik kolam koi agar air kolam anda bisa tampak bening. Namun ada satu hal yang sesungguhnya paling penting, yaitu jumlah pakan yang diberikan.

Mengapa demikian?

Sebab  semakin banyak jumlah pakan yang anda berikan kepada koi-koi anda, maka akan semakin banyak pula kotoran yang membuat air kolam anda menjadi keruh dan kotor. Hal ini wajar saja, sebab koi tak memiliki lambung di dalam sistem pencernaannya.

Jadi, meskipun anda memberi pakan dalam jumlah banyak, tapi sesungguhnya tak banyak berarti bagi perkembangan tubuhnya kecuali terbuang sebagai kotoran saja.

Oleh sebab itu berikan pakan koi secukupnya saja. Bagaimana cara menghitung berat pakan koi yang ideal setiap harinya bisa di baca pada artikel lain pada situs ini, atau klik disini

Lalu bagaimana caranya agar  bisa membuat air kolam  menjadi lebih bening daripada biasanya?

Ini rahasianya !

Sebelumnya perlu diambil asumsi bahwa jika anda setiap hari bekerja, maka waktu luang bersama keluarga yang biasanya tersedia untuk menikmati keindahan koi tentu pada libur akhir pekan (SABTU dan MINGGU).

Puasa Kamis  dan Jumat

Jika anda ingin memperoleh air kolam yang jernih dari biasanya pada akhir pekan, maka pada 2 hari sebelumnya, yaitu KAMIS dan JUM’AT, jangan memberi pakan pada koi anda.

Puasakan koi anda setiap hari Kamis dan Jum’at dan jadikan ini menjadi suatu kebiasaan.

Mengapa air bisa menjadi bening?

Sederhana saja jawabannya. Sebab tentu saja karena koi tidak mengeluarkan kotoran karena dalam keadaan puasa. Jika koi sama sekali tidak mengeluarkan, dengan sendirinya air kolam akan menjadi lebih bening dari biasanya.

Selian membuat air kolam menjadi bening, kebiasaan puasa setiap 2 hari selama seminggu, membuat koi menjadi sehat dan tahan dari serangan penyakit, karena kualitas air yang selalu terjaga dengan baik.

Demikianlah tips dari saya selamat mencoba..

#donibastian

Telah dibaca 1.096 x, hari ini 4 x
BUKU GILA KOI

BUKU GILA KOI

Cara Memelihara Koi dan Apresiasi

Lihat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat