Home / Tips & Trik / Cara Mudah untuk Menghafal 13 Varitas Koi

Cara Mudah untuk Menghafal 13 Varitas Koi

Bagi anda yang baru mengenal Koi atau bahasa populernya ‘Newbie”, tentu masih rancu dalam membedakan nama-nama varitas koi. Apalagi masing-masing  Koi memiliki berbagai jenis pola dan warna, tentu makin membuat anda bingung, bukan?.

Dalam artikel ini saya ingin menyampaikan bahwa sesungguhnya nama-nama varitas Koi tidaklah serumit yang anda pikirkan. Memang. ada banyak nama-nama varitas koi, tapi jika anda paham, maka sesungguhnya tak butuh waktu lama untuk menghafal nama-nama varitas Koi tersebut.

Berikut ini tips agar anda mudah menghafal nama-nama Koi :

  1. Nama Varitas bukan untuk dihafal tapi dipahami. 

Maksud saya disini, menghafal nama koi bukanlah seperti menghafal pelajaran atau rumur-rumus matematika di sekolah. Mengapa? Sebab Koi yang mana lebih dulu populer di Jepang, maka orang2 Jepang terbiasa memberi nama binatang peliharaan mereka seperti anjing, kucing termasuk ikan Koi, sesuai dengan penampilannya.

Setiap nama Varitas dan istilah di dalam dunia Koi, sesungguhnya menyimpan makna atau arti tersendiri. Sebagai contoh misalnya nama ‘TANCHO‘.

Tancho itu dulunya adalah nama seekor burung sejenis bangau di Jepang, yang mana terdapat warna merah dan berbentuk bulat, tepat di bagian kepalanya. Nah, ketika pertamakali mereka melihat seekor koi dengan pola warna merah yang bulat di kepala. maka mereka lalu memberi nama koi tersebut dengan TANCHO.

Tancho Crane

Contoh penamaan lainnya adalah kata ‘SANSHOKU‘ atau disingkat Sanke.  kata ‘San‘ berarti tiga dan ‘Shoku‘ artinya warna. Maka Koi Sanshoku adalah koi yang punya 3 warna, yaitu Merah, Putih dan Hitam. Oleh sebab itulah ada varitas koi yang namanya Taisho Sanshoku dan Showa Sanshoku.

Sedangkan ‘Taisho‘ dan ‘Showa‘  adalah nama zaman kekaisaran di Jepang yang mana pada zaman itulah Koi tersebut dikenal pertama kali.

Hampir semua nama Varitas Koi memiliki arti. Oleh karena itu, jika anda memahami arti dari namanya, maka akan lebih mudah menghafalnya bukan?

2. Memahami nama-nama 13 Varitas Koi.

Meski warna dan pola Koi tampak sangat beragam, tapi sesungguhnya semuanya itu sudah dikelompokkan ke dalam 13 Varitas. Untuk memahaminya juga mudah, sebab ada 1 varitas, yang perlu dicatat yaitu “KAWARIMONO

Varitas KAWARIMONO ini adalah kelompok koi yang tidak memiliki ciri khas sebagaimana pada kelompok varitas lainnya. Jadi dengan demikian, semua Koi yang tidak memiliki ciri khas, maka akan dimasukkan ke dalam kelompok KAWARIMONO ini.

Arti ‘Kawari‘ dalam bahasa Jepang adalah pengganti atau wakil atau kompensasi dll. Jadi maksudnya, jika ada seekor Koi yang tidak dapat dimasukkan ke dalam kelompok varitas tertentu, maka dikelompokkan ke dalam kategori KAWARIMONO ini. Jadi tak heran jika di dalam kelompok KAWARIMONO, terdiri dari berbagai jenis koi dengan beraneka macam pola dan warna.

Nah, berarti tinggal 12 Varitas lainnya yang masing masing memiliki ciri khusus. Berikut ini ringkasannya :

  1. Kohaku : Hanya memiliki 2 warna yaitu Merah dan Putih.
  2. Taisho Sanshoku atau Sanke :  Punya 3 warna yaitu Merah, Hitam dengan dasar warna Putih.
  3. Showa Sanshoku : Memiliki 3 warna, yaitu Merah, Putih dengan dasar warna Hitam.
  4. Utsurimono, atau disingkat Utsuri memiliki pola belang-belang seperti papan catur.
  5. Bekko, dengan pola seperti bercak-bercak warna hitam di punggung.
  6. Asagi yang memiliki warna biru atau kebiru-biruan dan yang  tanpa sisik dinamakan Sushui
  7. Koromo, adalah Koi dengan pola seperti memakai jubah atau kain bermotif (batik)
  8. 9, 10 adalah jenis  Hikari artinya ‘mengkilat’ yang ciri khasnya memiliki warna metalik yaitu terdiri dari Hikarimono, Hikarimoyomono dan Hikari Utsuri.

11. Kinginrin, atau yang biasa disingkat ‘Ginrin’ yang mana memiliki ciri memiliki warna dipunggung seperti susunan sisik keperak-perakan.

12. Tancho, dengan ciri memiliki pola bulat berwarna merah hanya di bagian kepala

Dari uraian diatas, maka menjadi lebih jelas bukan? Bahwa pengelompokan varitas Koi sesungguhnya sederhana saja dan jika anda memahami arti nama varitas Koi, maka akan menjadi lebih mudah menghafalnya.

Namun demikian, memang semakin anda memiliki banyak pengalaman dalam memelihara berbagai varitas koi, maka dengan sendirinya anda akan terbiasa menyebut namanya, hingga akhirnya hanya dengan melihat sepintas saja, anda akan bisa menyebut nama yang tepat untuk Koi tersebut.

Demikianlah semoga bermanfaat.

#gilakoi

Telah dibaca 1.128 x, hari ini 2 x
BUKU GILA KOI

BUKU GILA KOI

Cara Memelihara Koi dan Apresiasi

Lihat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat