Home / Kolam / Bagaimana Memilih Warna Cat untuk Kolam Koi ?

Bagaimana Memilih Warna Cat untuk Kolam Koi ?

Mengapa dinding kolam koi perlu dicat?  

Pertanyaan sederhana ini kadang muncul dari para pemilik kolam koi baru. Seberapa perlu kolam koi dicat? Jika tidak dicat bagaimana?
Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu mengetahui apa kegunaan atau fungsi cat kolam. Cat kolam, selain dipakai untuk memberi warna pada dinding kolam juga bermanfaat untuk menutup pori-pori pada dinding kolam agar tak terjadi rembesan air. Namun fungsi ini tidak cukup membantu menyelesaikan masalah, jika terjadi kebocoran.
Sesungguhnya, kolam koi tidak dicat juga tak ada masalah. Namun demikian, bagi pemilik kolam baru tentu ingin agar bangunan kolam miliknya tampak rapi dan indah sehingga perlu dicat.

Apa yang terjadi jika kolam koi tidak dicat?

Sebagaimana diketahui, jika kolam sudah diisi air, maka pada dinding kolam lambat laun akan tumbuh lumut. Terlepas itu kolam indoor maupun outdoor. Bedanya jika kolam yang berada diluar rumah (outdoor) yang terkena sinar matahari langsung maka pertumbuhan lumut akan lebih cepat dibandingkan pada kolam indoor (di dalam rumah). Namun yang pasti pada kedua jenis kolam tersebut akan tumbuh lumut pada dindingnya.
Apa masalahnya jika lumut tumbuh pada dinding kolam? Bukankah lumut juga bermanfaat bagi kehidupan koi?
Ya. memang lumut bermanfaat bagi koi, tapi pertumbuhan lumut pada dinding kolam tidak merata. Kondisi inilah yang membuat kolam anda tampak belang-belang karena keberadaan lumut ini.
Memang,  jika lumut sudah tumbuh merata pada seluruh dinding kolam,  maka penampilan kolam tidak lagi tampak belang-belang, tapi perlu waktu berbulan-bulan.
Jadi, agar kolam koi tampak lebih indah dan rapi, perlu dilakukan pengecatan pada seluruh permukaan dindingnya. Jika kolam sudah dicat, maka lumut tetap  akan bisa tumbuh, tapi tidak tampak belang-belang, sebab warna lumut telah tersamar  dengan warna cat.
Dengan demikian, tujuan utama pengecatan kolam hanyalah untuk memberi kesan rapi dan indah pada kolam anda. Itu saja.

Memilih Warna Cat Kolam

Mungkin ada yang bertanya, “sebaiknya pakai cat warna apa?”

>>>Selanjutnya, silakan Login atau Join bersama 1905 anggota lainnya <<<

Baca juga yang ini..

Pertolongan Pertama Pada Koi Yang Kekurangan Oksigen

Silakan Login terlebih dahulu, atau klik Register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.