Ingin Membuat Kolam Ikan Koi Yang Indah? Segini Biaya yang Harus Disiapkan

Membuat Kolam Ikan Koi – Membuat kolam ikan koi di halaman rumah adalah pilihan yang favorit semua orang untuk mempercantik halaman rumah.

Koi atau secara spesifiknya koi berasal dari bahasa Jepang yang berarti ikan karpet. Lebih spesifik lagi merujuk pada nishikigoi, yang kurang lebih bermakna ikan karpet yang bersulam emas atau perak. Di Jepang, koi menjadi semacam simbol cinta dan persahabatan. Ikan Koi adalah sejenis ikan yang termasuk carp amur (Cyprinus rubrofuscus) yang mempunyai ornamen yang menarik dan jinak. Seringkali ikan ini dianggap varian dari ikan mas (Cyprinus carpio) padahal secara genetik berbeda keduanya berbeda.

Pembuatan kolam ikan koi kebanyakan bertujuan untuk mempercantik,memperindah, atau juga kebanyakan orang untuk menjadikan suasana menjadi adem, pembuatan ikan koi tidak hanya di buat di halaman rumah atau di dalam rumah, banyak juga orang orang yang membuat kolam ikan koi di halaman sekolah, halaman perkantoran, halaman mesjid, bahkan banyak juga di taman taman kota. Itu semua bertujuan untuk memperindah dan mengademkan suasana supaya pengunjung yang datang ke halaman mesjid atau ke taman taman kota bisa merasakan suasana yang adem.

Untuk pembuatan kolam ikan koi kita harus memperhatikan apa persiapan yang harus kita siapkan dari mulai perencanaan, persiapan, dan biaya yang harus disiapkan.

Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara memproduktifkan perencaan, persiapan, dan biaya yang harus dikeluarkan untuk pembuatan ikan koi supaya tersusun  sampai tujuan yang kita inginkan

 

Perkiraan biaya untuk membuat kolam ikan koi

Pemilik Garden Center Landscape & Gardening, jasa konsultan dan kontraktor kolam ikan bernama Aldo, membeberkan bahwa estimasi biaya pembuatan kolam ikan koi akan tergantung pada ukuran dan tambahan ornamen yang diinginkan.

“Estimasi biaya untuk membuat kolam ikan koi yaitu berkisar Rp 22 juta hingga Rp 25 juta dengan luas 2×2. Itu nanti bergantung dengan desainnya,” ungkap Aldo saat dimintai keterangan detikProperti, Jumat (1/9/2023) lalu.
Perkiraan pembuatan kolam ikan koi bisa bertambah biaya jika konsumen menginginkan kolam ikan koi yang lebih besar atau ingin menambahkan hiasan hiasannya seperti batu-batuan alam atau hiasan lainnya supaya kolam ikan koi lebih indah dan sesuai apa yang kita harapkan,Jika kita menambahkannya kita akan menambahkan biaya yang cukup besar.

“Biasanya kan ada tambah ornamen sama batu-batuan alam. Itu kan nanti dihitung sendiri. Tapi, kalau untuk basis kolamnya saja, ya 22 jutaan,” katanya.

Read More

Dengan demikian, Sebaiknya sebelum membuat kolam ikan koi terlebih dahulu kita harus merincikan  berapa luas area yang akan di buat kolam supaya kita bisa mengatur terlebih dahulu berapa biaya yang kita harus disiapkan.

Ada juga yang lebih mudah untuk pembuatan kolam ikan koi,Dengan cara kamu bisa menggunakan jasa konsultan dan kontraktor yang dapat membantu kita membangun kolam ikan koi yang indah di dalam rumah maupun di halaman rumah.
Demikian itu informasi yang bisa saya sampaikan untuk konsumen supaya pembuatan kolam ikan koinya sesuai apa yang kita impikan dan supaya rencananya dari awal pembuatan sampai tujuan tersusun dengan baik.

Related posts