Berantas Nyamuk dengan 8 Ikan Pemakan Jentik Nyamuk Ini

Glakoi.com – Tinggal di rumah yang banyak nyamuknya memang tidak nyaman ya, Hobbies? Sebaiknya kalian mulai membasmi nyamuk agar bisa lebih tenang dari ancaman berisik, gatal apalagi DBD. Nah, sebaiknya kalian membasmi nyamuk sejak ia masih berbentuk jentik. Caranya mudah, cukup memelihara ikan. Simak 8 ikan pemakan jentik nyamuk di bawah ini :

1. Ikan Killifish

Ikan killifish tergolong salah satu ikan yang memakan jentik. Namun tidak semua jenis bisa, yang paling bisa diandalkan untuk mengendalikan larva nyamuk adalah Banded Killifish. Tak hanya memakan jentik nyamuk, ternyata ikan ini juga memangsa cacing dan crustacea.

2. Ikan Sepat

Ikan Sepat juga tergolong ikan yang ganas memberantas jentik nyamuk. Ikan ini bisa menghabiskan 86,5 jentik per hari. Jadi, ikan sepat pemakan jentik nyamuk ini patut jadi pilihan untuk dipelihara.

3.  Ikan Cupang

Ikan yang terkenal di Asia Tenggara ini sudah tidak asing di telinga. Ikan cupang, selain tampilannya yang menarik, ternyata bisa memakan jentik nyamuk. Ikan cupang sangat mudah dipelihara karena bisa bertahan hidup dalam air yang tidak banyak. Ikan cupang tergolong ikan air tawar pemakan jentik nyamuk yang tangguh. Diketahui, mereka bahkan bisa bertahan di perairan yang tercemar limbah.

4. Ikan Koi

Ikan yang satu ini sering dipercaya membawa keberuntungan. Siapa sangka, mereka juga memakan jentik nyamuk. Namun, tidak secara alami mencari jentik, terlebih jika kalian memberikan makanan tambahan. Ketika jentik nyamuk ada di atasnya, ikan koi akan langsung memakan. Jika makanan tambahan dikurangi, ikan koi akan lebih peka lagi untuk memakan pakan alami seperti jentik nyamuk.

5. Ikan Cere

Ikan cere sering disebut mosquitofish. Tak mengherankan mendapat julukan itu, karena ikan ini bisa memakan 100 hingga 500 jentik nyamuk per hari melebihi ikan sepat. Menarik, bukan? Ikan cere juga sangat cepat memperbanyak koloninya. Jadi, Hobbies perlu menjaga pertumbuhannya agar ekosistem kolam kalian terjaga.

6. Ikan Pedang

Ikan yang selanjutnya adalah ikan pedang atau sering disebut swordtail. Ikan ini termasuk gesit apalagi ketika ada jentik nyamuk di kolam. Kalian tidak akan kecewa memeliharanya karena ikan ini juga punya look yang menarik seperti pedang, kecil dan tajam.

7. Ikan Golden Orfe

Ikan yang satu ini tidak hanya memakan jentik nyamuk, Hobbies. Mereka bahkan bisa melompat dan memangsa nyamuk terbang dewasa. Golden orfe memang sangat suka memangsa hama air, jentik nyamuk dan kumbang air.
Hobbies yang ingin memelihara ikan ini sebaiknya tidak menempatkannya bersama ikan kecil lain, ya. Kalau sedang lapar, golden fish bisa memakannya. Meski begitu, golden fish tergolong ikan sosial yang bisa hidup berdampingan dengan jenis lainnya.
Golden fish jarang berkembang biak. Dari semua anak yang dihasilkan, hanya sebagian kecil yang bisa bertahan hingga dewasa. Jadi, pengendalian jumlahnya cukup mudah.

8. Ikan Kepala Timah

Walau namanya ikan kepala timah, Hobbies tidak perlu khawatir jika ikan ini mengandung/membawa timah. Sama sekali tidak, kok. Ikan kepala timah malah tergolong lahap dalam memangsa jentik nyamuk.
Rentang waktu tiga jam setelah kalian beri makan, mereka bisa menghabiskan 53-65 jentik nyamuk. Wah, satu hari lumayan juga tuh. Ikan ini juga bisa tumbuh hingga lebih dari 55 milimeter. Nyamuk selain makan darah manusia, mereka juga memakan sari buah dan tumbuhan. Jadi, memakan jentik bisa menambah nutrisi bagi ikan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.