Apakah Anda Tertarik Membeli Ikan Louhan? Ini Tips Memilihnya!

Gilakoi.com – Berbicara masalah hobi, ada banyak orang yang memiliki hobi yaitu memelihara ikan louhan. Ikan air tawar ini memang memiliki penampilan yang unik dan menarik.

Selain bentuk jenong yang ada di kepalanya, warna dari ikan ini juga cukup menarik perhatian. Lalu bagaimana sebenarnya tips memilih ikan Louhan.

Tips Memilih Ikan Louhan

Ikan jenis air tawar ini sebenarnya memiliki beberapa varian. Keunikan lainnya yang juga bisa kamu dapatkan dari ikan ini adalah warnanya yang bisa berubah. Jika kamu memeliharanya sejak kecil, maka bisa melihat perubahan warna yang menarik ini.

Ikan louhan juga termasuk ikan yang mudah pemeliharaanya. Selain itu, ikan ini juga tidak mudah terkena penyakit. Lalu seperti apa tips memilih ikan louhan untuk kamu yang baru mau memeliharanya?

1. Perhatikan Kualitas Indukan

Hal pertama yang bisa menjadi tips untuk memilih ikan louhan adalah memperhatikan kualitas indukan. Secara tidak langsung, kualitas dari induk akan berpengaruh juga terhadap anakan.

Secara mudah, dengan melihat kualitas indukan maka kamu juga bisa membayangkan bagaimana anakan louhan ketika tumbuh nantinya.

2. Ciri Fisik

Hal lain yang juga perlu kamu perhatikan ketika akan memilih ikan louhan adalah ciri fisik yang ada pada tubuhnya. Misalkan, jangan memilih anakan louhan yang tidak memiliki jenong di kepala. Anakan ini memang murah, namun harganya juga akan tetap murah ketika nanti dewasa.

Ciri fisik lainnya yang juga perlu kamu perhatikan misalnya, pastikan tidak ada bercak putih ataupun jamur pada badan ikan tersebut. Ciri fisik lainnya yang juga perlu kamu perhatikan adalah pastikan punggung ikan tidak bengkok, dan tidak ada kerusakan pada sirip. Tanda tersebut menandakan ikan tidak sehat.

Bentuk fisik ikan yang paling banyak dicari adalah yang memiliki bentuk badan bulat, tebal, dan memanjang. Selain itu, ikan yang berkualitas juga memiliki bulatan merah pada kedua bola matanya.

Read More

3. Motif dan Warna

Tips memilih ikan louhan lainnya adalah memperhatikan masalah motif dan warna. Ikan dengan kualitas baik akan memiliki motif mutiara pada bagian tubuhnya. Besar atau kecilnya motif ini tidak terlalu berpengaruh.

Selain itu, motif lain yang menunjukan kualitas dari ikan ini adalah adanya garis marking. Semakin unik motifnya maka semakin bagus. Kualitas terbaik juga ditunjukan oleh garis marking yang warnanya hitam pekat dari pangkal sirip ekor sampai bagian kepala ikan tersebut.

Selain itu, masalah warna juga bisa menjadi indikator apakah ikan tersebut berkualitas atau tidak. Warna ikan yang paling banyak diminati adalah warna merah pada insang, sirip dan perut.

Gradasi ikan juga menjadi hal yang penting. Kombinasi terbaik untuk ikan ini adalah warna merah pekat pada bagian bawah dan menjadi cerah semakin ke atas.

4. Agresifitas Ikan

Sifat dan agresifitas ikan louhan juga merupakan hal yang akan sangat diperhatikan oleh para pecinta ikan ini. Cara mudah untuk melihat ikan yang agresif ini adalah dengan melihat ciri fisiknya. Ikan yang agresif biasanya akan memiliki bagian belakang yang mekar dan sirip bagian atas yang tidak mingkup.

Cara lain untuk melihat agresifitasnya adalah dengan memasukan jari tangan ke kolam tersebut. Anakan louhan yang bagus akan mengikuti gerakan tangan tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.