Cara Mengatasi Ikan Yang Sekarat Dengan Tepat

Gilakoi.com – Diartikel sebelumnya admin telah memberikan informasi mengenai tips ata Cara Mengatasi Air Kolam Berwarna Hijau, dan dikesempatan ini juga admin akan membahas mengenai Cara Mengatasi Ikan Yang Sekarat Dengan Tepat.

Bagi para pecinta ikan hias pasti pernah mengalami ikan yang anda peliharanya terkena penyakit atau loncat dan kemudian sakit dan selanjutnya sekarat, janganlah panik terlebih dahulu. bisa saja ikan yang sekarat masih dapat disembuhkan dengan berbagai cara.

Nah bagi anda yang memelihara ikan dirumah/di akuarium dan menemukan ikan tersebut dalam keadaan sekarat, maka kalian harus tahu cara menangani ikan yang sekarat tersebut. bagi anda yang ingin tahu cara mengatasi ikan yang sekarat silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Tips Mudah Untuk Mengatasi Ikan yang Hampir Sekarat

1 Melakukan Pergatian Air

Ikan dalam akuarium seringkali akan mengeluarkan banyak kotoran sehingga menyebabkan air akuarium menjadi kotor. Akuarium yang sangat kotor ini akan menyebabkan penuhnya bakteri dan alga yang tumbuh dengan cepat. Hal ini lah yang menjadi pemicu ikan mudah sekali sakit dan hampir sekarat. Untuk menanganinya kalan bisa melakukan pergatian air secara rutin untuk menyelematkan ikan dalam akuarium.

Dan langkah yang harus kita lakukan apabila menemukan ikan kita dalam keadaan sekarat yaitu memindahkan ikan tersebut ke akuarium lainnya, lalu bersihkan akuarium yang sebelumnya di pakai. Lakukan pembersihan akuarium secara rutin dalam seminggu sekali untuk mencegah munculnya bakteri. Usahakan untuk tidak menggunakan zat kimia apapun di dalam air sehingga tidak akan membunuh ikan.

2. Selalu Rutin Untuk Memeriksakan Kualitas Air

Selalu Menjaga kualitas air dalam kolam, Hal ini sangat penting sekali untuk dilakukan. kebanyakan ikan yang sekarat bisa dipulihkan dengan melakukan perubahan suhu pada air. Mengatasi ikan sekarat akan sangat terbantu dengan memperhatikan kualitas dalam air.

Selalu pastikan air berada diantara 10 hingga 25 derajat celcius. Kemudian lakukan pengujian tingkat keasaman air yang ada dalam akuarium. Umumnya jenis ikan akan tumbuh dengan baik pada pH netral yaitu tingkat 7.

3. Memisahkan Ikan yang Sakit

Supaya penyakit ikan tidak akan menular ke ikan yang lain, maka kalian bisa memisahkan ikan yang sakit. hal ini sangat penting supaya ikan yang sakit tersebut mendapatkan perawatan yang khusus. Untuk mengatasi ikan sekarat maka pindahkan ikan yang sakit ke akuarium menggunakan kantung plastik yang diletakkan di dalam tas kertas untuk menghindari stress pada ikan.

4. Melakukan Pemeriksaan Pada Ikan

Setelah kalian berhasil membersihkan akuarium dan mengganti air, maka amati ikan selama beberapa hari untuk melihat apakah tindakan ini berhasil memulihkannya. Biasanya kalian akan mendapatkan hasil penyebabnya sesegera mungkin. Tunggulah selama satu atau dua hari sebelum mencoba pengobatan lain sehingga akan memastikan perkembangan kesehatan ikan setiap harinya.

Read More

5. Kenali Gejala Gejala Ikan yang Sakit

Sebenarnya banyak sekali gejala penyakit pada ikan, kita sebagai pecinta ikan harus mengetahui gejala-gejala ikan sakit supaya apabila ikan sakit kita bisa langsung menanganinya.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Cara Mengatasi Ikan Yang Sekarat Dengan Tepat, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian para pecinta ikan hias. salam sukses selalu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.