Cara Merawat Ekor dan Sirip Ikan Cupang Blue Rim

Gilakoi.com – Bagi para pecinta ikan hias tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan hias yang satu ini, ya ikan cupang blue rim, ikan cupang jenis ini merupakan salah satu jenis ikan cupang yang populer dikalangan para penghoby ikan cupang.

Ikan cupang blue rim memiliki warna kombinasi antara putih dan biru. dengan bentuk dan warnanya itu membuat para pecinta ikan hias terlena ingin memeliharanya. ikan cupang ini memiliki keindahan dari ekor dan siripnya, apabila ekor dan siripnya rusak hara jualnyapun akan turun. maka dari itu kita harus bisa merawat ekor dan sirip ikan cupang blue rim tersebut dengan baik.

dan berikut ini akan admin sampaikan suatu tips atau cara merawat ekor dan sirip ikan cupang blue rim supaya keindahannya tetap terjaga dan tidak terkena penyakit yang ikan cupang. namun sebelum ke pembahasan cara merawatnya, abda harus mengetahui cara memilih ikan cupang blue rim yang bagus.

Cara Memilih Cupang Blue Rim Yang Bagus

saat ini cupang blue rim menjadi salah satu jenis yang menjadi best seller di kalangan penjual, banyak yang menanyakan serta request blue rim beragam jenis karena breedingnya yang lebih sulit. Blue rim dikenal sebagai ikan cupang berkasta tertinggi di kelasnya.

Namun jelas tida semua ikan cupang berkualitas, perhatikan cara memilih cupang blue rim yang bagus berikut saat Anda membelinya agar bisa lebih panjang umur dan nyata kualitasnya.

A. Aktif

Pastikan Anda memilih cupang blue rim yang aktif, yang menandakan ia punya kualitas baik. Tiap bergerak ia merespon dengan baik saat dilihat dan didekati.

B. Sirip dan Ekor

Kualitas lain dari cupang blue rim ialah pada sirip dan ekornya, yakni punya warna terang. Siripnya juga nampak terbuka dengan sempurna dan harmonis, ujung ekor dan sayapnya tidak ada bayangan. Pastikan tidak ada jarak antara ekor dengan sirip bawah maupun ekor dengan sirip punggungnya.

C. Bentuk Tubuh

Cupang blue rim yang bagus ditandai dengan tubuhnya yang normal, yakni ekor mengembang dengan sempurna, bukaan insangnya punya besar yang sama dan dapat menutup seperti sedia kala, juga sisiknya rapid an postur tubuhnya cenderung lonjong atau memanjang.

D. Sisik dan Warna

Sisik cupang blue rim yang berwarna putih atau krem terang mengkilat ditambah dengan warna biru cerah yang tidak kusam sangatlah penting, menentukan keindahan utamanya. Sebab itu pastikan Anda memilih cupang blue rim yang cerah, mengkilap, dan tidak kusam warna sisik serta lapisan tubuhnya.

Read More

Cara Merawat Ekor dan Sirip Ikan Cupang Blue Rim

Ekor dan sirip cupang blue rim itu sangat cantik dan anggun, mengkilat corak warnanya dan polanya berbeda antara satu cupang blue rim dengan yang lain, itulah yang membuatnya unik. Sayangnya ekor dan siripnya bisa mudah rapuh, sensitive pada sentuhan, bisa juga rusak karena jamur atau gigitan ikan lain.

Ekor dan sirip yang rusak memang bisa tumbuh kembali, namun jelas mencegah lebih baik daripada memperbaiki, jadi inilah yang perlu Anda pahami demi kesehatan dan kecantikan cupang blue rim. Berikut cara merawat ekor dan sirip cupang blue rim agar senantiasa indah dan jauh dari kerusakan.

A. Kualitas Air

Ganti air setiap beberapa hari sekali jika Anda ingin ekor siripnya senantiasa cantik. Rekomendasi dari komunitas penghobi cupang ialah 2 hari sekali, bisa setengah atau seluruh air yang ada. Air yang baru endapkan dulu selama 3 jam.

B. Antibiotik Alami

Karena ekor dan sirip cupang blue rim bisa rusak karena penyakit atau jamur, peru dicegah dengan antibiotik alami. Caranya dengan menambah daun ketapang sehingga air jadi lebih sehat. Beri daun ketapang kering yang bisa Anda dapatkan di toko ikan hias, airnya akan menjadi sedikit kekuningan, jangan khawatir, hal itu bukan berarti airnya kotor.

Demikianlah Tips atau Cara Merawat Ekor dan Sirip Ikan Cupang Blue Rim yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.