Cara Merawat Ekor dan Sirip Cupang Avatar

Gilakoi.com – Siapa yang tidak tahu dengan jenis ikan cupang yang satu ini, Ya ikan cupang avatar, ikan ini merupakan salah satu jenis ikan cupang yang paling populer di indonesia, karena memiliki warna dan bentuk yang indah.

Ikan jenis ini termasuk salah satu jenis ikan cupang termahal karena kelangkaanya dipasaran. Ikan Cupang Avatar merupakan ikan cupang hias bukan asli dari alam, cupang jenis ini merupakan hasil dari kawin silang peternak cupang di Thailand.

Cupang Avatar didominasi warna hitam pekat dengan bintik dan garis metalik yang menyala menyerupai bintang di galaksi. Dengan demikian Cupang Avatar juga bisa disebut Cupang Galaxy.

Selain dari corak dan warnanya yang menarik. Faktor lain yang menjadikan Cupang Avatar menjadi mahal karena pemeliharaan yang bisa dibilang susah dan sulitnya menghasilkan keturunan Cupang Avatar yang berkualitas, sekalipun dari indukan yang sama.

Ada beberapa jenis ikan cupang avatar, namun dikesempatan kali ini saya akan memberikan tips atau cara Merawat Ekor dan Sirip Cupang Avatar, selengkapnya bisa anda simak dibawah ini.

Tips atau Cara Merawat Ekor dan Sirip Cupang Avatar

Ikan cupang avatar dikenal sebagai jenis yang cukup susah dalam perawatan ekor dan siripnya, ph air dan kualitas pemeliharaan menjadi kunci agar tetap hidup dengan baik dan menghasilkan anakan yang berkualitas. Agar ekor dan siripnya bisa tetap berada dalam kondisi baik, perhatikan cara merawat ekor dan sirip cupang avatar berikut ini.

Wadah Pas

Cupang avatar bisa hidup di aquarium beragam ukuran, namun lebih baik di wadah yang pas tidak terlalu besar misalnya 20 x 15 x 15 cm.

Perhatikan Airnya

Merawat sirip dan ekor cupang avatar yang baik bisa dengan cara memberi air sumur di aquarium atau wadahnya, hal ini bisa membuatnya lebih nyaman dan hidup lebih lama serta keindahan sirip dan ekornya bisa lebih terjaga.

Makanan Secukupnya

Hindari memberikan makanan berlebihan sebab jika tersisa akan mengotori aquarium dan menimbulkan penyakit yang jelas berpengaruh pada kesehatan ekor dan sirp cupang avatar. Beri makanan secara bertahap, jika makanan yang Anda beri telah habis, tak apa berikan kembali dalam jumlah yang lebih sedikit.

Read More

Kebersihan Wadah

Wadah kotor menimbulkan resiko sirip dan ekor cupang avatar rusak bahkan bisa membuatnya mati, bersihkan setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Menjemur

Menjemur cupang avatar bisa membantu membunuh bakteri dan jamur yang tumbuh di aquarium. Letakkan aquarium di suhu stabil, tidak panas dan tidak dingin, lakukan rutin agar keindahan ekor dan siripnya bisa bertahan lama.

Bagi anda yang memelihara ikan cupang avatar, tentunya pernah ingin mengetahui perawatan ekor dan sirip ikan tersebut, karena ke dua bagian tersebut merupakan salah satu hal yang sangat penting supaya ikan cupang terlihat indah dan mempesona. itulah yang dapat admin sampaikan, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.