Cara Merawat Ikan Koi Showa

Gilakoi.com – Para pecinta ikan hias tentunya tahu dengan jenis ikan koi showa, ikan ini merupakan salah satu jenis ikan hias paling populer dikalangan para pecinta ikan hias. nah disini admin akan memberikan informasi mengenai cara merawat ikan koi showa.

Ikan koi showa, agar memiliki umur panjang dan kualitas yang bagus, perlu dilakukan perawatan yang baik, dari segi makanan dan lingkungan tinggalnya atau akuariumnya. Cobalah terapkan tips berikut ini.

A. Makanan Ikan Koi Showa

Jenis makanan ikan koi showa jelas harus memenuhi kebutuhan gizinya, untuk mendukung keindahan warna kulit dan kesehatan tubuhnya. Makanan ikan koi showa terdiri dari alami dan buatan. Makanan alami yang disukai dan baik untuknya ialah ulat yang tinggi protein,semangka dan jeruk juga disuka.

Kalian juga bisa mengolah makanan sendiri, dari udang, telur, wortel, agar-agar, dan tambahkan vitamin C atau probiotik. Blender dengan air panas, dinginkan dan potong kecil-kecil seperti bentuk cacing atau ulat agar mudah dimakan.

Biji-bijian seperti kacang polong atau jagung tidak cocok untuk ikan koi showa, hindari memberikan makanan terebut sebab tidak dapat dicerna olehnya. Makanan yang diberikan juga harus terjaga kualitasnya, tidak kadaluarsa yakni pakan buatan atau kering tidak disimpan lebih dari 3 bulan.

Porsi makan ikan koi showa ialah 5% dari berat tubuhnya untuk ikan koi showa kecil dan 2% dari berat tubuh untuk dewasa. Berikan secukupnya agar tidak kekenyangan dan tidak beresio tersisa dan mengotori kolam.

B. Setup Akuarium

Memelihara ikan koi showa tidak harus di kolam, boleh juga di akuarium, namun ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, yakni :

Akuarium minimalis

Sesuai dengan jumlah ikan koi showa yang dipelihara. Ukuran yang tepat ialah 150 x 50 x 50 cm untuk ikan koi showa 10 cm maksimal 10 ekor.

Read More

Hindari tanaman air

Sebaiknya tak memakai tanaman air sebagai hiasan sebab ikan koi showa bisa memakannya, air juga akan kotor akibat sisa daunnya berserakan.

Filter

Volume filter yang terbaik ialah 30% dari jumlah air, agar lebih hemat ruang, bisa memakai filter gantung. Media filternya ialah bioball, kapan mat, ziolite, dll untuk ruang atasnya. Cuci seminggu sekali agar tetap bersih dan tidak ada penyumbatan.

Kualitas air

Ganti air seminggu 2 kali, ganti setidaknya 20% air untuk menghindari perubahan yang ekstrem yang bisa membuat ikan koi showa stress.

Aerasi

Pasang pompa udara atau blower untuk menambah kandungan oksigen dalam air sehingga ikan koi showa bisa hidup lebih nyaman.

Lampu

Dipakai sebagai pengganti sinar matahari, lampu metal helide bisa kalian pakai.

Jangan lupa menyiapkan obat-obatan dasar seperti metil biru, garam ikan, dll yang bisa langsung dipakai jika sewaktu-waktu ikan koi showa sakit. Semua ikan koi memang indah, tapi ikan koi showa memberi pesona yang berbeda,

Bagi anda yang memelihara ikan koi showa, anda bisa mengikuti cara perawatan yang sudah admin sampaikan diatas. dan semoga cara tersebut bermanfaat untukpara penghobby ikan hias utamnya ikan koi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.