Cara Mempercepat Pertumbuhan Sirip Ikan Cupang yang Rusak

Gilakoi.com – Diartikel sebelumnya admin sudah memberikan informasi mengenai cara merawat sirip dan ekor ikan cupang blue rim, supaya sirip dan ekornya sehat dan tidak mudah terserang penyakit, dan dikesempatan kali ini juga admin akan membahas informasi mengenai tips atau cara mempercepat pertumbuhan sirip ikan cupang yang rusak.

Keindahan warna dan bentuk ikan cupang akan membuat siapapun tertarik dengan ikan hias yang satu ini. Selain warna dan bentuk yang indah, kecantikan ikan cupang juga terletak pada bagian siripnya teman-teman. Maka kita harus hati-hati dalam menjaga sirip ikan cupang supaya tidak rusak.

Akan tetapi, sirip ikan cupang tergolong sangat rentan rusak akibat dimakan oleh ikan cupang itu sendiri ataupun akibat dari perkelahian antara sesama jenis ikan cupang itu sendiri. dan bagi anda yang megalami masalah ini, sebaiknya ikan cupang yang anda pelihara tersebut harus cepat mendapatkan penanganan supaya siripnya cepat tumbuh. Bagi anda yang ingin mengetahui caranya silahkan simak dibawah ini.

Cara Mempercepat Pertumbuhan Sirip Ikan Cupang yang Rusak

1. Ganti Air Setiap Hari

Air merupakan faktor penting untung menjaga kesehatan ikan cupang. Karena itu, teman-teman harus selalu menjaga air tempat ikan selalu bersih. Apalagi jika ikan cupang milik teman-teman sedang dalam kondisi tidak baik. Kebersihan air akan mempercepat pertumbuhan sirip ikan. Air pada wadah ikan cupang bisa diganti secara keseluruhan atau hanya sebagian saja.

2. Pindahkan Ikan Cupang Tanpa Menyentuh

Teman-teman, ikan cupang memiliki fisik yang rapuh. Jadi usahakan untuk tidak menyentuh ikan cupang ketika memindah atau mengganti air dalam wadah ikan. Lebih baik teman-teman memindahkan ikan cupang bersama dengan sedikit air. Hal ini untuk mengurangi resiko kerusakan sirip atau ekor menjadi lebih parah.

3. Beri Daun Ketapang Kering

Daun ketapang sangat bermanfaat bagi kehidupan ikan cupang. Daun ketapang kering berguna sebagai antibiotik alami dan menormalkan pH air sehingga baik untuk pemulihan dan pertumbuhan sirip ikan cupang. Caranya adalah teman-teman bisa memasukan daun ketapang kering ke wadah air ikan cupang yang siripnya rusak.

4. Beri Garam Ikan

Memberikan garam ikan dapat berguna untuk mengukur artemia yang juga bisa dipakai untuk mengobati sirip ikan cupang. Garam ikan berfungsi untuk meyeimbangkan proses osmosis dalam tubuh ikan, yang akan membantu penyembuhan luka dan menstabilkan tubuh ikan.

5. Memberi Makanan Bergizi

Ada banyak jenis makanan bergizi untuk ikan cupang, mulai dari kutu air, cacing sutra, hingga nyamuk. Namun, jentik nyamuk dianggap paling bagus dalam mengembalikan sel-sel ikan yang rusak. Hal ini karena jentik nyamuk mengandung protein yang sangat tinggi.

Nah itulah Tips atau Cara Mempercepat Pertumbuhan Sirip Ikan Cupang yang Rusak yang dapat admin sampaikan, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda yang memliki masalah ikan cupang yang siripnya rusak.

Read More

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.