JOIN NOW

Memanfaatkan Ikan Koi Mati. Dibuang Sayang, Dimakan Tak Tega

ikan mati

Terus terang, saya ikut merasa prihatin ketika melihat adanya banyak ikan koi mati milik seorang pehobi. Disisi lain juga sangat menyayangkan mengapa bisa terjadi demikian. Mungkin bagi sebagian pemelihara Koi hanya bisa menatap pasrah melihat puluhan ekor Koi kesayangannya mati masal. Mereka seringkali tak pernah tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara memelihara ikan koi agar dapat hidup sehat dan tak mengalami kejadian yang sama.

Terlepas dari apapun penyebabnya, jika anda mengalami (semoga tidak ya..) ikan koi mati dalam jumlah banyak  atau sampai puluhan hingga ratusan ekor, maka selanjutnya apa yang dilakukan terhadap bangkai ikan-ikan koi yang mati tersebut?

Apakah anda tega memasak dan memakan daging ikan kesayangan anda sendiri? Ataukah harus dikubur, dibuang atau bagaimana?

Jika anda benar-benar pecinta Koi sejati. maka tak akan tega memakan daging ikan Koi peliharaan anda, yang tentu sangat disayangi. Namun demikian, jika sekadar dibuang atau dikubur, maka tentu anda tak akan memperoleh manfaat apapun, dan hanya menyisakan kepedihan yang mendalam.

Ada sebuah alternatif lain untuk memanfaatkan bangkai ikan Koi yang mati tersebut, yaitu…

mengolahnya menjadi pakan Koi. Jika jumlah ikan Koi mati cukup banyak, maka anda dapat mengolahnya menjadi pakan koi dalam jumlah atau berat yang lumayan juga.

Perkiraan Berat Hasil Olahan Pakan

Sebagai perkiraan jumlah berat pakan hasil pengolahan ikan Koi Mati yaitu 25 % dari berat ikan basah. Sebagai contoh jika total ikan mati ada 30 ekor, dan rata-rata beratnya 300 gr, maka berat ikan koi mati sekitar 9 Kg. Jika diolah menjadi pakan makan akan diperoleh pakan seberat 2,25 Kg. Lumayan lah  ya..

Manfaat daging Koi untuk Pakan Koi

Ikan Koi mati yang diolah menjadi pakan Koi, maka mutunya sangat istimewa, atau barangkali boleh dibilang tak ada duanya. Mengapa demikian?

Begini penjelasannya..

Protein yang terkandung di dalam pakan koi yang banyak dijual dipasaran, biasanya berasal dari tepung ikan dan atau udah, tetapi biasanya yang digunakan adalah dari bahan dasar ikan campuran dari berbagai jenis, baik itu ikan laut maupun ikan tawar. Karena itu, maka struktur proteinnya juga berbeda-beda.

Sementara itu, pertumbuhan Koi akan sempurna jika mendapatkan makanan dengan asupan protein dengan struktur yang sama dengan Koi. Atau dengan kata lain, protein yang paling bagus terkandung pada pakan yang bahan dasarnya juga dari ikan Koi.

Itulah alasannya, mengapa protein yang terkandung di dalam daging ikan Koi sangat bagus jika dijadikan pakan koi.

 Cara Mengolah Pakan Koi dari Ikan Koi Mati

Doni Bastian

Baca juga yang ini..

Tips Memilih Jaring Ikan Untuk Menangkap Koi

Jangan disepelekan, jaring ikan koi yang digunakan dapat membahayakan koi anda antara lain, sisik atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.