JOIN NOW

Cara Menghitung Volume Air Kolam Koi Berdasarkan Dosis Garam ikan

Sebagaimana diketahui. garam ikan merupakan salah satu obat yang sangat bermanfaat untuk merawat ikan koi.  Manfaat garam yang terlarut di air kolam selain untuk perawatan ikan koi, juga dapat digunakan untuk menghitung berapa volume air kolam koi anda.

Sedikit informasi tentang Garam ikan adalah garam krosok yang tidak mengandung yodium. Bukan garam dapur  digunakan untuk memasak. Meski bermanfaat, namun garam ikan koi harus digunakan sesuai dosis agar efektif untuk merawat ikan koi. Jika dosis garam ikan koi terlalu rendah, tentu tak berfungi maksimal, dan sebaliknya jika terlalu banyak digunakan juga dapat menimbulkan akibat buruk lainnya yaitu terutama pada media filter yang menggunakan batu ziolith

Penjelasan lebih detil tentan garam ikan dapat dibaca pada artikel berikut ini :

Garam Ikan – Manfaat dan Cara Penggunaan Untuk Merawat Koi

volume air kolam

Bagaimana menghitung volume air pada kolam non formal ?

Jika kolam anda berbentuk formal yaitu berbentuk persegi, bujur sangkar atau bulat, maka volume air kolam cukup mudah dihitung. Tapi jika kolam anda bentuknya tidak beraturan (non formal), maka anda tentu akan menemui kesulitan dalam menghitung volume airnya bukan ?

Sebagian besar para pemilik kolam yang bentuknya tidak beraturan (non formal) seringkali tidak mengaetahui secara pasti volumen air kolam milik mereka. Ada yang merasa yakin bahwa dia memiliki kolam  dengan volume air kolam koi misal  5.000 liter, tetapi setelah benar-benar dihitung dengan cermat, ternyata itu hanya 3.000  liter.

Hal tersebut akan menimbulkan kesalahan dalam menentukan dosis garam ikan koi  dan dapat berakibat fatal. Jika anda menggunakan garam berdasarkan informasi yang salah maka hal itu bisa menghancurkan seluruh ekosistem di kolam anda.

Cara Menghitung Volume Air

Jika bentuk kolam anda tidak beraturan, maka untuk memudahkan anda menghitung volume air kolam koi yaitu dengan menggunakan persamaan konsentrasi garam, dengan demikian cukup mudah untuk menghitung volume air kolam koi yang tepat.

Langkah-langkah perhitungan :

Salinity Meter
  • Pada saat anda merawat koi dengan garam ikan, anda tentu memperkirakan berapa volume air kolam anda untuk menentukan berat garam yang diperlukan. Lakukan pemberian garam sebagaimana biasa.
  • Kemudian setelah garam ikan ditaburkan ke dalam kolam, lalu periksa tingkat konsentrasi garam (Salinitas) pada air kolam dengan menggunakan alat ukur (salinitas meter) digital, misalkan tingkat konsentrasi garam 0,1 %
  • Setelah itu tambahkan lagi garam ikan untuk menaikkan kadar garam.
  • Periksa kembali kadar garam, namun pastikan bahwa semua garam benar-benar larut
  • Dari selisih persentase kadar garam yang baru, maka dapat dihitung total volume air kolam.

Rumus Volume air kolam koi

V = Kg / %

Kg= Berat garam (kg) yang ditambahkan
% = Selisih konsentrasi garam dalam %
V= Volume air kolam dalam liter

Contoh perhitungan

Misalnya, anda memperkirakan bahwa kolam Anda menampung sekitar 10.000 liter.  Kemudian ukur tingkat salinitas air kolam dengan salinitas meter digital.  Dari penggunaan garam tersebut, misalnya pembacaan pada salinitas meter menunjukkan 0,1%
Untuk menambah 0,1% lagi dalam 10.000 liter kolam, Anda harus menambahkan 10 kg garam. Setelah garam ditambahkan dan benar-benar larut, pembacaan sekarang menunjukkan misal 0,18%

Berarti, dengan 10 kg garam, akan meningkatkan kadar garam :  0,08% (selisih konsentrasi garam)

Dengan demikian anda dapat mengetahui  volume air kolam anda yaitu dengan menggunakan rumus diatas ;

10 / 0,08% = 12.500

Ini berarti bahwa kapasitas kolam anda yang sebelumnya anda perkirakan 10.000 liter, ternyata tepatnya adalah 12.500 liter air.

Demikianlah semoga bermanfaat..

Doni Bastian

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.