JOIN NOW

Berapa Jumlah Koi Di Dalam Sebuah Kantong Ikan Beroksigen?

Cara pengiriman ikan koi yang biasa dilakukan adalah dengan menggunakan kantong plastik berisi oksigen. Meski hanya dalam jarak tempuh yang dekat sekalipun, sebaiknya Koi dipindahkan dengan menggunakan kantong beroksigen ini.

Pengetahuan mengenai cara mengemas (packing) Koi menggunakan kantong oksigen bukan  hanya perlu bagi para penjual koi, namun penting juga untuk diketahui oleh anda sebagai pemelihara Koi di rumah. Siapa tau suatu saat anda ingin membawa Koi anda dari rumah menuju ketempat lain dalam waktu yang cukup lama.

Cara Mengemas Ikan Koi

Perlengkapan yang diperlukan antara lain :

1.Plastic Bag (Kantong plastik)

Kantong plastik yang digunakan untuk membungkus koi dapat diperoleh di toko-toko kemasan plastik berupa plastic roll atau melalui toko online banyak dijual eceran sesuai kebutuhan anda. Tebal plastik dan ukurannya juga ada beberapa macam. Yang penting jangan terlalu tipis, sebaiknya dengan ketebalan 0,8 , namun akan lebih aman jika digunakan rangkap (2 lapis).

2. Karet Pengikat

Gunakan karet gelang dengan mutu yang bagus agar kuat (tidak mudah putus) sebagai pengikat mulut kantong.

3. Oksigen murni

Koi yang dimasukkan ke dalam kantong, harus ditiupkan ke dalamnya oksigen murni agar Koi tetap bisa bernafas dengan baik. Oksigen murni biasanya dikemas dalam tabung yang bisa diperoleh di tempat-tempat pengisian gas oksigen atau di apotik (tabung oksigen untuk kesehatan/RS) dengan berbagai ukuran.

Jika anda tak memiliki tabung oksigen sendiri, maka anda bisa meminta bantuan dari pedagang Koi langganan anda untuk mengantar tabung oksigen ke rumah anda (meminjam tabung oksigen) agar  bisa anda pergunakan untuk mengemas ikan koi, sekaligus dapat dibantu oleh penjual Koi langganan anda.

Pengemasan Kantong Ikan (Packing)

kantong oksigen
Perbandingan air dan udara dalam kantong plastik : 1/3 air : 2/3 Oksigen murni.

Cara mengemas koi dalam kantong beroksigen adalah dengan memasukkan air yang telah diendapkan selama sehari semalam sebanyak 1/3 isi kantong, lalu koi dimasukkan kedalam kantong. Setelah itu buang sisa udara yang ada dalam kantong plastik dan masukkan selang dari tabung oksigen.

Kemudian oksigen murni ditiupkan ke dalam kantong hingga penuh dan terakhir diikat dengan tali atau karet, sebagai mana terlihat dalam gambar.

kantong ikan

Sebelum mulut kantong diikat, tambahkan larutan obat-obatan secukupnya (multi vitamin dan antibiotik), untuk menjaga kesehatan koi selama dalam perjalanan. Obat yang biasa digunakan adalah Elbayou atau Pomate

Agar Koi selamat dalam perjalanan, maka dalam setiap kantong ikan beroksigen yang bentuknya bulat panjang, dapat diisi Koi sesuai dengan aplikasi berikut ini :

KALKULATOR KANTONG IKAN

(Menghitung jumlah Koi di dalam kantong ikan beroksigen)

Proses Pengiriman Koi Jarak Jauh secara Masal

Baca juga yang ini..

koi coating

Rekayasa Warna dengan Cara “Coating Koi”. Kreatif atau Curang?

Daftar Isi1 Rekayasa Pola Koi (Cutting Koi)2 Fenomena baru : Coating Koi3 Obyek dan Sasaran …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.