Cara Memilih Ikan Koi Berukuran Besar (Koi Jumbo)

Koi Jumbo adalah sebutan untuk ikan koi yang berukuran besar atau panjang badan koi di atas 60 cm. Koi Jumbo yang berkualitas (apalagi koi import) harganya tentu lebih tinggi dari koi dengan ukuran kecil. Bahkan harga untuk koi Jumbo import bisa mencapai ratusan juta rupiah per ekor.

koi jumbo
Struktur Badan koi

Tips Membeli Koi Jumbo

Oleh karena koi jumbo ini harganya tidak murah, maka jika anda ingin membeli dan memeliharanya, tentu perlu mempertimbangkan hal-hal berikut ini :

1.BODY SHAPE (Bentuk Badan)

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengamati bentuk badan koi. Ini sangat penting, sebab penampilan koi yang paling utama adalah dilihat dari bentuk badannya.

  • HACHI (Kepala)

Bagian Kepala (Hachi) pada koi jumbo bentuknya seperti bulat telur. Pilih Koi dengan bentuk kepala yang proporsional dengan badannya. Hindari membeli koi dengan kepala yang tampak lebih besar dari badan.

  • KATA (Pundak)

Bagian pundak Koi (Kata) sebaiknya tampak lebar (kekar). Bagian ini adalah sebagai pusat perhatian dalam melihat koi secara keseluruhan. Hindari membeli koi dengan pundak yang kecil atau lebih kecil dari kepalanya.

  • BACKBONE (Tulang Belakang)

Bagian tulang belakang (backbone) jika dilihat dari atas akan tampak lurus (tidak bengkok) dan tidak terlalu menonjol.  Jangan membeli koi yang memiliki tulang belakang terlalu menonjol sehingga tampak seperti koi kurus.

  • SEBIRE (Sirip Atas)

Periksa juga pada bagian sirip atas (Sebire). Pastikan pada bagian ini tidak terbelah atau terpotong. Bagian ini tidak tampak dari atas, oleh sebab itu, miringkan koi dan lihat dari samping.

Koi yang pernah terserang penyakit, pada bagian sirip atas akan meninggalkan bekas (gripis) atau berlubang. Jika anda menemukan bekas luka terpotong atau berlubang, maka tanyakan kepada penjual, apa penyebabnya. Apakah karena bekas luka akibat serangan penyakit atau oleh sebab yang lainnya.

  • OBIRE (Sirip Ekor)

Demikian juga dengan bagian sirip ekor. Lakukan pemeriksaan yang sama sesuai dengan pemeriksaan bagian Sebire yang telah diuraikan diatas

  • TEBIRE (Sirip dada/dayung)

Pastikan keberadaan sepasang sirip dada (Tabire) atau pectoral fins yang lengkap. Sirip dada yang baik adalah tampak lebar dan keduanya (sebelah kanan dan kiri) harus sama bentuknya.

Karena sirip dada terletak di bagian bawah, maka seringkali terlupa untuk memeriksanya. Jangan membeli koi dengan sirip dada yang tidak lengkap (hanya sebelah saja).

Untuk diketahui, jika sirip dada hilang sebelah, maka akan sulit tumbuh normal atau bahkan tak akan bisa tumbuh lagi.

  • OYABONE (Pangkal sirip dayung)

Pada sirip dayung, amati bagian pangkalnya. Pastikan dalam kondisi baik, tidak bengkok atau patah.

  •  TAIKO (Tinggi Badan)

Tinggi badan koi maksudnya adalah lebar badan koi jika dilihat dari samping. Pilih koi dengan tinggi badan yang cukup proporsional, agar penampilan koi tampak kekar (bulky). Hindari membeli koi yang tidak memiliki tinggi badan yang cukup, sehingga badan koi hanya tampak panjang namun tidak kekar (kurus).

TAIKO – Tinggi badan koi

Untuk menambah pengetahuan tentang bentuk badan koi yang baik, silakan membaca artikel berikut ini :

Kualitas Koi – Mengenal Metode Apresiasi

2. SKIN QUALITY

Setelah mengamati bentuk badan, maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memeriksa kualitas warna koi (Skin quality) yaitu :

  • COLOUR (Kualitas Warna)

Kualitas warna koi yang baik adalah tampak pekat (tajam) dan merata. Untuk warna putih, tampak benar-benar bersih tanpa ada bintik-bintik warna lain (spot) dan warnanya seputih salju. Warna merah (hi) tampak pekat dan warna hitam seperti warna tinta (ink)

  • KIWA

Kiwa adalah batas terluar dari sebuah pola. Kiwa yang baik adalah tampak jelas (tidak blur)

  • SASHI

Sashi adalah semacam gradasi warna, biasanya berada di tepi pola yang mengarah ke depan (arah kepala).

Mengenai penjelasan Kiwa dan Sashi lebih detil dapat dibaca pada artikel berikut ini :

Cara Menilai Kualitas Pola dan Warna Koi

  • FUKURIN

Fukurin adalah kutikula kulit yang muncul berupa garis atau cincin yang mengelilingi sisik koi. Keberadaan Fukurin hanya terdapat pada koi dewasa atau yang sudah berumur diatas 5 tahun. Semakin tua usia koi, maka Fukurin akan semakin jelas dilihat.

Mengenai Fukurin bisa dibaca pada artikel berikut ini :

Fukurin

3. PATTERN (Pola)

Hal terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah pola. Hal ini tergantung dari varitas koi yang akan anda beli. Masing-masing varitas memiliki karakter pola tersendiri.

Untuk mengetahui bagaimana memilih pola yang baik sesuai dengan varitasnya, dapat dibaca uraian lengkapnya pada artikel dibawah ini :

13 Varitas Koi dengan Berbagai Jenis Karakter Pola dan Warna

Demikianlah uraian tentang bagaimana sebaiknya memilih koi jumbo untuk dipelihara. Semoga bermanfaat..

#gilakoi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp chat