Inilah Tips Memilih Warna Kolam Ikan Koi

Mengapa dinding kolam koi  diberi warna? Pertanyaan sederhana tentang warna kolam ikan koi ini kadang muncul dari para pemilik kolam koi baru. Seberapa perlu kolam koi diwarnai dengan cat? Jika tidak dicat bagaimana?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu mengetahui apa kegunaan atau fungsi cat kolam. Cat kolam, selain dipakai untuk memberi warna pada dinding kolam juga bermanfaat untuk menutup pori-pori pada dinding kolam agar tak terjadi rembesan air. Namun fungsi ini tidak cukup membantu menyelesaikan masalah, jika terjadi kebocoran.

Sesungguhnya, kolam koi tidak dicat juga tak ada masalah. Namun demikian, bagi pemilik kolam baru tentu ingin agar bangunan kolam miliknya tampak rapi dan indah sehingga perlu dicat.

warna kolam ikan

Apa yang terjadi jika kolam koi tidak dicat?

Sebagaimana diketahui, jika kolam sudah diisi air, maka pada dinding kolam lambat laun akan tumbuh lumut. Terlepas itu kolam indoor maupun outdoor. Bedanya jika kolam yang berada diluar rumah (outdoor) yang terkena sinar matahari langsung maka pertumbuhan lumut akan lebih cepat dibandingkan pada kolam indoor (di dalam rumah). Namun yang pasti pada kedua jenis kolam tersebut akan tumbuh lumut pada dindingnya.

Apa masalahnya jika lumut tumbuh pada dinding kolam? Bukankah lumut juga bermanfaat bagi kehidupan koi?

Ya. memang lumut bermanfaat bagi koi, tapi pertumbuhan lumut pada dinding kolam tidak merata. Kondisi inilah yang membuat kolam anda tampak belang-belang karena keberadaan lumut ini.

Memang,  jika lumut sudah tumbuh merata pada seluruh dinding kolam,  maka penampilan kolam tidak lagi tampak belang-belang, tapi perlu waktu berbulan-bulan.

Jadi, agar kolam koi tampak lebih indah dan rapi, perlu dilakukan pengecatan pada seluruh permukaan dindingnya. Jika kolam sudah dicat, maka lumut tetap  akan bisa tumbuh, tapi tidak tampak belang-belang, sebab warna lumut telah tersamar  dengan warna cat.

Read More

Dengan demikian, tujuan utama pengecatan kolam hanyalah untuk memberi kesan rapi dan indah pada kolam anda. Itu saja.

Memilih Warna Cat Kolam Ikan Koi

Mungkin ada yang bertanya, “sebaiknya pakai cat warna apa?”

Mengenai warna cat, sesungguhnya terserah anda sesuai keinginan anda sendiri sebagai pemilik kolam. Namun demikian pada umumnya warna cat kolam adalah dengan warna gelap antara lain hitam, biru tua atau hijau tua.

Mengapa perlu warna gelap?

Sebab biasanya warna lumut adalah hijau kecoklat-coklatan, sehingga warna cat kolam sebaiknya disesuaikan dengan warna lumut, dengan demikian jika terdapat lumut yang menempel di dinding kolam, maka akan tersamar.

Cat kolam warna HIJAU TUA membuat warna hitam pada koi tampak kontras dan penampilan kolam terlihat alami.

Jika saya boleh merekomendasikan, warna terbaik untuk kolam anda adalah hitam atau hijau tua. Antara hitam dan hijau tua, mana yang lebih baik? Hal ini kembali pada selera anda, namun menurut saya, warna hijau tua dapat membuat warna koi anda akan tampak lebih kontras, terutama jika terdapat warna hitam pada koi anda.

warna kolam ikan

Jenis Cat Kolam Ikan Koi

Apakah semua jenis cat kolam ikan Koi bisa digunakan untuk mewarnai kolam? Sebaiknya pergunakan cat tembok yang berbasis air. Maksudnya untuk mengencerkan cat dengan menggunakan air, bukan minyak. Mengapa demikian?
Sebab cat yang menggunakan pengencer berupa minyak, biasanya menimbulkan bau yang lebih menyengat jika dibandingkan dengan cat berbasis air.

Cat dinding yang berbasis air juga tak mudah mengelupas (awet selama bertahun-tahun direndam air), asalkan penggunaannya dilakukan dengan benar.

Cara melakukan pengecatan

Sebelum mengecat kolam, pastikan bahwa seluruh permukaan dinding kolam yang akan dicat benar-benar kering dan bersih dari debu. Untuk itu, pergunakan lap basah untuk menghapus debu yang menempel pada dinding kolam. Setelah itu biarkan selama sehari semalam, agar permukaan dinding kolam benar-benar kering.

Setelah  dinding kolam benar-benar dalam keadaan kering, lakukan pengecatan. Setelah selesai mengecat seuruh dinding kolam, biarkan selama 2 atau 3 hari, agar cat meresap sempurna pada pori-pori dinding kolam.

Mengisi air kolam

Jika cat sudah benar-benar kering, maka kolam boleh diisi air. Namun sebaiknya jangan terburu-buru mengisi air kolam  sampai penuh, tapi pebilasan yaitu dengan menyiram seluruh permukaan dinding kolam, sambil di gosok-gosok dengan menggunakan lap. Tujuannya adalah agar bau cat sepat hilang (menguap). Lakukan pembilasan beberapa kali agar bau cat tak lagi menyengat. Setelah itu, isi kolam anda dengan air hingga penuh.

Demikianlah semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.