Begini Cara Beli Ikan Koi Secara Online – Tips dan Tricks

BELI KOI ONLINE

Seiring dengan kemajuan teknologi di bidang internet, membeli Koi tak perlu lagi datang langsung ke lokasi penjual, tapi cukup beli ikan koi melalui ‘online’. Namun demikian, meski ini cara yang praktis untuk beli ikan Koi, ada beberapa hal yang harus dipahami antara lain :

1.Kualitas Gambar (efek fotografi)

Penjual tentu memasang gambar Koi yang ditawarkannya. Dengan demikian maka calon pembeli sebatas melihat gambarnya saja. Kualitas warna pada gambar (photography) tentu berbeda dengan  warna aslinya. Oleh karena itu, calon pembeli perlu meyakini kualitas warna sesuai dengan yang diinginkan, oleh sebab itu, jika anda ingin membeli koi, jangan mudah percaya dengan kualitas warnanya, jika koi tersebut di foto sendirian (solitaire).

Mengapa demikian, sebab foto seekor koi sendiri (tanpa ada koi lainnya), akan membuat anda tak bisa membandingkan kualitas warna koi tersebut .

Bagaimana cara mengatasi persoalan ini?

Warna koi yang membuat kecewa para pembeli koi online biasanya adalah warna merah (hi). Terkadang tanpa ada faktor kesengajaan, entah karena efek fotografi, pencahayaan atau dari jenis kamera yang digunakan untuk mengambil gambar, warna merah memang sangat riskan menimbulkan perbedaan penafsiran.

Pada artikel ini, penulis ingin berbagi tips bagaimana caranya agar dapat meyakini warna merah pada Koi yang akan anda beli. Mudah saja caranya yaitu mintalah kepada penjual untuk menempatkan bungkus rokok Jarum Super di dekat Koi yang sedang difoto. Dengan demikian anda akan lebih mudah membandingkan warna merah pada gambar Koi dengan warna merah pada bungkus rokok tersebut.

Dengan menggunakan bungkus rokok ini maka anda akan lebih mudah membandingkan kualitas warna merah pada koi.

Cara lainnya adalah dengan  meminta agar koi di foto lagi bersama-sama dengan beberapa koi sejenis atau agar lebih jelas lagi dapat diambil melalui video. Dengan demikian anda akan lebih mudah membandingkan kualitas warna koi yang ingin anda beli dibandingkan dengan koi lainnya.

beli ikan koi
Foto beberapa koi memudahkan anda dalam membandingkan kualitas warna masing2 koi.

2.Bentuk badan Koi

Hal lainnya yang juga penting di ketahui adalah bentuk badan Koi ketika tampil di dalam gambar. Sudut pengambilan gambar (angle) sangat menentukan tampilannya. Oleh sebab itu, untuk meyakinkan bentuk badan Koi yang ada di foto, sebaiknya Koi juga ditampilkan melalui video.

2. Keterbatasan

Read More

Karena tidak berada di lokasi, maka  calon pembeli Koi melalui online memiliki banyak keterbatasan, antara lain tak bisa mengamati  secara fisik terkait kondisi kesehatan, juga kualitas pola dan warna Koi.  Hal penting lainnya adalah keberadaan bintik warna (spot) yang tidak tampak oleh kamera.

Sebagai contoh seekor Kohaku ketika tampil pada foto, terlihat warna merah yang merata dan mulus. Namu setelah diamati langsung dari dekat, ternyata terdapat beberapa bintik hitam diatas merah (Black spot). Hal ini tentu membuat kecewa dan amat disayangkan.

Oleh karena itu, sebaiknya anda membeli Koi secara online hanya kapada penjual yang dapat diyakini kredibiltasnya. Mintakan jaminan bahwa koi yang akan anda beli, tidak ada spot warna hitam khususnya pada Kohaku. Oleh karena itu, sebaiknya anda membeli Koi secara online hanya kapada penjual yang dapat diyakini kredibiltasnya.

Resiko barang tidak sesuai Foto

Tak jarang terjadi khususnya pada para pembeli koi melalui online yang merasa kecewa setelah melihat langsung koi yang dibeli, ternyata warnanya tidak sama dengan yang di foto. Terlepas dari adanya unsur kesengajaan dari pihak penjual yang meng-edit warna koi agar tampak lebih menarik dipandang, namun yang semestinya disadari adalah bahwa anda selaku pembeli secara online, harus paham betul resikonya yaitu bisa saja terjadi warna asli koi tidak sama persis dengan yang ada pada gambar, apalagi jika foto sudah melalui proses rekayasa.

Oleh sebab itu, untuk meminimalisir resiko kecewa maka disarankan kepada anda agar membeli koi secara online kepada penjual langganan anda atau yang terpercaya.

Jika anda ingin membeli koi pada penjual yang belum pernah anda kenal sebelumnya, maka untuk transaksi pertama apalagi dengan harga yang mahal hendaknya dihindari.

Jangan mudah terpengaruh kualitas warna koi sebatas melalui foto. Cobalah dulu membeli koi dengan ukuran kecil atau dengan harga yang tidak terlampau mahal untuk transaksi awal.  Untuk selanjutnya, terserah anda…

Semoga bermanfaat

#donibastian

https://gilakoi.com/apresiasi-koi/2020/02/20/harga-ikan-koi-tergantung-kualitas.html

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.