Tips Membeli Koi

koi bowl2Anda ingin berbelanja koi untuk menambah koleksi di kolam anda? Agar anda dapat memperoleh koi yang baik dan sehat sesuai dengan keinginan anda, ikuti tips membeli koi berikut ini :

1. Membuat Rencana

Sebelum berangkat membeli koi, sebaiknya anda telah mempunyai rencana perihal  apa dan bagaimana koi yang ingin dibeli antara lain; varitas Koi, jumlah dan ukuran Koi serta kualitasnya. Mengapa demikian? Sebab di dalam memelihara koi, kita harus selalu ingat akan prinsip “Memelihara koi sedikit tapi berkualitas”.

Maka dari itu, sebelum menambah koleksi, rencanakan terlebih dahulu, kira-kira koi seperti apa yang ingin anda cari.

Namun demikian ada kalanya anda tidak berniat membeli, atau hanya sekadar melihat-lihat, tapi kebetulan anda menamukan koi yang unik atau berkualitas yang ada dikolam penjual, anda boleh saja membelinya, namun jangan terburu-buru dan anda harus mempertimbangkan dengan cermat, apakah anda benar-benar membutuhkan koi tersebut untuk mengisi kolam anda, apalagi harg koi tersebut cukup tinggi.

Di dalam memelihara koi, kita harus selalu ingat akan prinsip “Memelihara koi sedikit tapi berkualitas”.

2. Jangan mudah tergiur

Ini adalah kebiasaan yang mungkin tidak kita sadari, saat kita melihat ada koi bagus, lantas timbul keinginan untuk membelinya. Boleh saja anda punya keinginan untuk memiliki semua koi, tapi apakah kolam anda mampu menampungnya? Apakah anda memang benar-benar membutuhkannya untuk dipelihara? Pertimbangkan terlebih dahulu, sebab bila kita bernafsu memenuhi semua keinginan, tak akan pernah ada habisnya bukan?

3. Memesan secara khusus

Bila anda benar benar ingin memperoleh koi yang bagus sesuai keinginan anda, lebih baik anda memesan secara khusus kepada penjual koi. Jadi, setiap saat anda akan dihubungi oleh penjual koi, bila tiba-tiba datang pasokan koi baru, yang mana diantaranya ada yang sedang anda perlukan.

Read More

4. Memilih Penjual Koi 

Apabila anda hendak membeli koi, maka datanglah ke penjual koi (Koi Dealer) yang benar-benar dapat memenuhi keperluan anda. Penjual koi yang baik antara lain memiliki perilaku diantaranya sbb :

  • Manguasai dan memiliki pengetahuan cukup luas mengenai koi sehingga dapat menjawab semua pertanyaan yang anda ajukan dengan baik dan benar, terutama masalah kualitas koi.
  • Perhatikan sekeliling ruangan show roomnya, apakah terdapat peralatan kolam (pompa, blower, tabung oksigen dll) dan instalasi listrik telah tertata dengan baik, rapi dan benar. Penataan (layout) ruangan yang baik, bersih dan rapi, sehingga anda cukup nyaman dalam berbelanja (Comfortable) adalah ciri-ciri penjual koi yang baik.
  • Kolam sebagai tempat display koi yang dijual, tampak terawat. Tanda-tandanya adalah air kolam bening, tidak keruh atau berbusa dan setiap kolam terdapat filter yang memadai dan aerator yang cukup. Koi yang sehat (tidak stress) biasanya berenang dengan dinamis berkeliling kolam, tidak mengumpul atau berdiam diri disudut kolam.
iwakku
Salah satu contoh penjual koi (koi dealer) yang profesional. Disana khusus menjual koi berkualitas dan menyediakan berbagai varitas sesuai dengan keinginan anda . (foto : Iwak Koi Center – Malang)

 

  • Bila menggunakan penerangan, perhatikan jenis lampu apa yang digunakan. Warna koi didalam ruangan yang diterangi lampu, akan berbeda dengan apabila dibawah cahaya matahari langsung. Jadi jangan heran bila sampai di rumah, warna koi anda akan berbeda dengan ketika berada di kolam penjual yang diterangi lampu. Namun demikian, meski diterangi lampu jenis apapun, anda tetap dapat memilih warna koi yang baik dengan cara membandingkan dengan warna koi lainnya.

Jadi jangan heran bila sampai di rumah, warna koi anda akan berbeda dengan ketika berada di kolam penjual yang diterangi lampu

  • Memiliki bak-bak penampungan untuk karantina koi. Penjual Koi yang baik akan selalu menampung Koi yang baru tiba dan koi sakit ditempat karantina. Jangan membeli koi yang tampak diam, atau memisahkan diri dari kumpulannya. Penjual yang baik akan memberitahu anda bahwa koi tsb sedang sakit dan perlu perawatan. Bila anda masih tetap tertarik membeli koi yang sedang sakit tersebut, maka penjual akan merawat koi tersebut dan apabila telah sehat maka anda akan dihubungi untuk membawa pulang koi anda. Bila anda tertarik untuk membeli koi yang baru tiba, maka penjual akan memberitahu anda bahwa koi sementara masih dalam masa karantina, artinya anda belum dapat membawanya sampai kondisi koi benar-benar layak untuk anda bawa pulang.
  • Harga yang ditetapkan cukup wajar (reasonable), sesuai dengan kualitas dan penjual tidak berusaha menjual koi dengan harga setinggi mungkin.
  • Menyediakan bak khusus untuk melihat dari dekat (memegang) koi yang akan anda beli.
  • Kolam yang tersedia cukup luas dan dalam, dengan jumlah ikan yang ideal, artinya dalam satu kolam jumlah koi tidak terlalu padat, sebab kepadatan koi yang berlebihan akan sangat mempengaruhi kesehatannya.
  • Penjual berani memberikan garansi perihal kualitasnya selama periode tertentu, artinya koi dapat ditukar apabila ternyata dikemudian hari, harga menurut anda terlalu mahal atau harga tidak sesuai kualitas koi. Namun tidak ada satupun penjual yang mau menjamin koi tetap hidup dalam perawatan anda, karena banyak sekali factor penyebab kematian koi.
  • Penjual hanya menjual khusus koi dan tidak dicampur dengan ikan lainnya.

Mamang tidak semua penjual koi  seperti yang diuraikan diatas. Bila anda menemukannya, sebaiknya anda bisa sekaligus menjadi pelanggan dengan membeli barang-barang lainnya untuk keperluan  pemeliharaan koi antara lain pakan, obat-obatan, media filter dll.

Dengan mejadi pelanggan, anda akan lebih diutamakan, dan apabila ada masalah apapun dengan koi anda, maka penjual dengan senang hati akan membantu anda.

Demikian semoga bermanfaat.

Salam #GilaKoi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.