Merakit Lampu UV Untuk Kolam Koi, Aman dan Hemat

Merakit Lampu UV Untuk Kolam Koi

Pada artikel saya akan memaparkan bagaimana cara merakit sendiri lampu UV untuk ditempatkan pada ruang filter kolam koi. Namun sebelumnya perlu saya sampaikan bahwa penggunaan lampu UV untuk membasmi algae penyebab air hijau pada prinsipnya tidak direkomendasikan. Mengapa demikian? Silakan membaca terlebih dahulu artikel berikut ini :

https://gilakoi.com/kolam/2015/09/11/mengapa-harus-pakai-lampu-uv.html

Air hijau pada kolam koi memang sangat menyebalkan. Jika anda sudah mencoba berbagai cara untuk menghilangkan alga penyebab air hijau dan tak ada hasilnya, maka cara terakhir adalah dengan memasang lampu UV.

Lampu UV memang tersedia dipasaran berbagai merk, namun lebih banyak untuk ditempatkan pada aquarium. Sedangkan Lampu UV khusus untuk kolam koi adalah produk import dengan harga yang relatif mahal.

Lampu UV untuk aquarium bisa saja dipasang pada kolam koi, namun kadang terdapat kendala karena kabel yang tersedia terlalu pendek. Jika memang anda tak ingin repot dengan merakit sendiri lampu UV, maka dapat dilakukan pemotongan kabel dan menyambungnya dengan kabel yang lebih panjang sesuai keperluan. Cara menyambung kabel agar aman (tidak terjadi konslet dan kedap air) akan dipaparkan pada akhir artikel ini.

Merakit Sendiri Lampu UV

Bahan dan Peralatan yang dibutuhkan :

1.Lampu TL UV

Lampu TL UV banyak dijual untuk keperluan sterilizer pada instalasi air minum biasanya. Gunakan lampu TL UV dengan kualitas yang baik seperti merk Sinkyo Denki (made ini Japan) sebab lebih awet digunakan. Memang harganya relatif lebih mahal, namun lebih efisien dibanding menggunakan lampu UV lokal yang cepat rusak (mati).

Lampu UV merk Sinkyo Denki, lebih awet

2.Balast dan Starter

Pada prinsipnya, memasang lampu UV adalah sama dengan memasang lampu TL (neon) biasa, yaitu diperlukan komponen tambahan yaitu balast dan starter. Pilihlah balast dan starter dengan mutu yang baik agar dapat berfungsi maksimal dan awet digunakan.

3. Kabel 2 warna

Gunakan kabel listrik (serabut)  2 warna, dengan panjang sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, seblumnya perkirakan lebih dulu berapa panjang kabel yang diperlukan untuk memasang lampu UV sejak dari stop kontak sampai menuju ke lokasi penempatan lampu UV yaitu di dalam ruang filter.

Read More

Mengapa perlu kabel 2 warna? Sebab hal ini untuk memudahkan anda dalam memasang kabel pada terminal yang benar. Gunakan kabel dengan kualitas yang baik sebab sebagian kabel akan ditempatkan di dalam air.

Contoh kabel 2 warna

4.Krustin

Kustin adalah terminal untuk menyambung kabel. Biasanya ini di gunakan untuk menyambung kabel listrik  tunggal (untuk daya besar). Krustin banyak di jual di toko lampu dan peralatan listrik.

Krustin

5. Panel Box

Panel box diperlukan untuk menempatkan balast dan starter agar aman dan terlindung dari terpaan air hujan. Gunakan panel box secukupnya (tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil).

Panel Box

6. Dop

Dop terbuat dari bahan PVC yang digunakan untuk menyumbat pipa PVC. Banyak dijual di toko bangunan. Gunakan 2 buah Dop, masing-masing dengan ukuran 3/4 atau 1 Inch, disesuaikan dengan  ukuran diameter silinder lampu UV.

7. Resin dan katalis

Resin adalah cairan kimia yang jika dicampur dengan cairan katalis dengan talaran tertentu, maka cairan resin akan berubah menjadi padat dan keras dalam beberapa menit. Resin berupa cairan kental bening (atau kemerahan karena diberi pewarna) biasanya digunakan untuk membuat produk fibre glass.

Dalam menggunakan resin in harus hati-hati terutama dalam menambahkan cairan katalis harus sesuai dengan ukurannya. Jika takaran cairan katalis terlalu sedikit, maka resin tak bisa mengeras, namun jika cairan katalis terlalu banyak, maka akibatnya cairan resin akan terbakar. Biasanya jika anda membeli cairan resin, maka akan diberikan juga cairan katalis sebagai pasangannya sesuai dengan takaran yang benar.

Cairan resin yang dibutuhkan hanya sedikit yaitu kira2 kurang dari 100 ml, namun sayangnya, resin dijual dalam kemasan tertentu yaitu per liter/Kg. Jika memungkinkan belilah resin 1/2 nya saja. Jika tidak, maka anda bisa menyimpannya, namun tak boleh terlalu  sebab jika wadah cairan resin tak ditutup dengan rapat maka akan mudah mengeras. Dalam mencampur cairan ini, gunakan kaus tangan dan masker untuk melindungi anda.

Resin dengan kemasan 1 Kg

Skema pemasangan komponen Lampu UV

Merakit Lampu Uv  Skema diatas sama dengan pemasangan lampu TL biasa.

Oleh karena lokasi lampu UV berada di dalam ruang filter, maka diperlukan kabel yang panjang sesuai yang diperlukan. Beberapa komponen yaitu Balast dan Starter juga perlu ditempatkan pada panel box agar aman terutama pada saat turun hujan.

Berikut ini ilustrasinya :

Merakit Lampu Uv

Cara pembuatan

Pertama-tama, ukur terlebih dahulu panjang kabel yang diperlukan. Ukur dengan cermat agar nantinya tidak terjadi potong/sambung kabel.

Ikuti langkah-langkah sesuai gambar berikut ini :

Skema Merakit Lampu Uv

Penjelasan :

1. Gunakan sepasang Krustin untuk menyambung kabel pada terminal lampu UV sesuai pada Gb. 1. Kencangkan Krustin agar kabel tak mudah lepas. Tarik kabel hingga sejajar dengan lampu. Agar kabel tak mudah bergerak bergerak, ikat dengan plester atau selotip/lakban

2. Setelah kabel tersambung dengan baik, persiapkan dop dan oleskan terlebih dulu pada bagian dalam dop dengan minyak rambut. Tujuannya adalah agar dop mudah dilepas setelah cairan resin mengeras.

Kemudian persiapkan cairan resin dengan mencampurnya dengan katalis, Aduk sebentar hingga rata. Setelah itu masukkan dengan perlahan cairan resin ke dalam dop hingga penuh sebagaimana pada Gb. 2. Biarkan beberapa menit hingga cairan resin mengeras.

3. Setelah resin mengeras, ambil dop dan hasilnya sbagaimana tampak pada Gb. 3

4. Karena lampu UV memiliki 2 kutub, lakukan langkah-langkah yang sama diatas sesuai Gb 1 s/d Gb 3, pada kutub lainnya.

5. Setelah kedua kutub lampu UV terbungkus dengan Resin yang mengeras, maka periksa kembali kondisi resin. Tujuan penggunaan resin disini adalah untuk membuat kedap air khususnya pada bagian sambungan kabel pada terminal lampu.

Pastikan bahwa resin telah membungkus dengan sempurna sehingga tak ada celah sama sekali. Dengan demikian lampu UV telah kedap air dan aman untuk dipasang.

lampu UV Aquarium
Lampu UV untuk Aquarium dengan kabel pendek

Cara Menyambung Kabel Agar Kedap Air

Jika anda ingin menggunakan lampu UV untuk aquarium sesuai yang dijual di pasaran, maka untuk menyambung kabel agar kedap air , dapat mengikuti cara ini :

Skema Merakit Lampu UV

Penjelasan :

  1. Pertama-tama sambung kabel dengan menggunakan Krustin sebagaimana pada Gb. A. Kencangkan Krustin agar kabel tak mudah lepas.
  2. Ambil sebuah Dop dengan ukuran kecil saja yaitu 1/2 dim. Oleskan terlebih dahulu minyak rambut, agar mudah melepas dop setelah resin mengeras.  Masukkan sambungan kabel ke dalam dop sebagaimana tampak pada Gb B
  3. Siapkan cairan resin dengan campuran katalis, aduk sebentar hingga rata. lalu msukkan cairan resin ke dalam dop hungga penuh
  4. Tunggu beberapa menit hingga resin mengeras. Setelah resin mengeras, lepas dop, dan hasilnya akan tampak seperti pada Gb. C
  5. Periksa hasilnya. Pastikan bahwa sambungan kabel telah terbungkus dengan sempurna oleh resin yang mengeras.
  6. Dengan demikian sambungan kabel telah kedap air dan dapat digunakan dengan aman.

Demikianlah semoga bermanfaat

#gilakoi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.