Membuat Automatic Feeder Untuk Memberi Pakan Koi Jarak Jauh.

Apa itu Automatic Feeder?

Sebuah alat untuk memberi pakan kepada koi yang bekerja secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah diatur. Alat ini diperlukan jika anda tak sempat memberi pakan kepada koi kesayangan anda karena kesibukan anda sehari-hari atau sedang pergi keluar kota dalam waktu yang lama.

Automatic Feeder untuk koi banyak dijual dengan berbagai kapasitas dan variasi harga yang cukup mahal. Namun jika anda ingin membuat sendiri dengan biaya yang relatif lebih murah, anda bisa mengikuti ulasan berikut ini.

Memanfaatkan barang yang tidak dipakai

Alat ini boleh dibilang sangat sederhana dan mudah sekali dibuat. Mengapa biayanya murah, sebab hanya menggunakan peralatan bekas. Peralatan yang diperlukan adalah :

  1. Botol plastik bekas
  2. Handphone bekas.

Ide pembuatan alat sederhana ini pertama kali dicetuskan oleh seorang bloger kompasiana dengan akun bernama Ar Dhisa. Alat ini sangat menarik untuk dibuat, selain karena sederhana dan murah juga sangat diperlukan pada saat darurat.

Cara Pembuatan :

automatic feeder

Langkah pertama lubangi botol air minum bekas seperti yang tampak pada gambar sebagai lobang atau jalan keluar pakan koi dan pada bagian dasar botol disayat secukupnya agar dapat memasukkan HP juga pakan. Untuk mendapatkan besarnya lobang yang pas,  mungkin anda perlu berkali-kali melakukan percobaan untuk membuat lubang dengan ukuran yang pas agar volume pakan yang keluar sesuai yang diinginkan.

Kemudian balik botol sehingga bagian tutup botol berada di bawah. Lalu masukkan HP dan pakan ikan secukupnya dari atas.

Meskipun dibagian bawah sudah ada lubang untuk keluar pakan, namun karena adanya tekanan dari atas (karena adanya HP sebagai pemberat), maka pakan tak bisa keluar.

Bagaimana caranya agar pakan dapat keluar secara otomatis? Mudah saja. Sebelum HP dimasukkan kedalam botol, atur terlebih dahulu fasilitas alarm dengan menggunakan efek getar. Anda bisa mengatur kapan HP bergetar yaitu pada setting waktu alarm berbunyi.

Misalnya saja setiap jam 2 siang atau jam berapapun bisa anda atur sesuka anda. Bisa melalui SMS atau Misscall. Misalnya anda sedang berada di luar rumah, maka jika ingin memberi pakan koi, tinggal kontak no HP yang ada di dalam botol tersebut. Hal ini sama saja dengan memberi pakan koi dari jarak jauh bukan?

Untuk pemasangan alat bisa dipilih sendiri pada titik mana yang terbaik. Gunakan selotip atau lakban yang cukup kuat agar tidak mudah jatuh. Bisa dengan cara dipaku, atau digantung.

Untuk masalah keterbatasan baterai, bisa juga diakali dengan menghubungkan HP dengan charger sehingga HP bisa menyala 24jam non stop.

Uraian diatas hanyalah sebatas sebuah ide yang bisa direalisasikan, namun demikian tidak menutup kemungkinan anda punya kreatifitas sendiri dengan memodifikasi botol dengan model yang berbeda, agar kapasitas pakan harian bisa lebih besar.

Demikianlah semoga bermanfaat..

#donibastian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BUKU BARU .. !Terbit Juli 2020

BUKU 'DOKTER KOI'

Informasi lengkap tentang jenis penyakit dan cara pengobatan.

Lihat
WhatsApp chat