Inilah 5 (Lima) Nama Koi Legendaris Sepanjang Sejarah

nama koi

Sebagaimana hewan peliharaan seperti anjing dan kucing yang diberi nama, demikian juga dengan ikan Koi. Bagi para pecinta Koi,  pemberian nama kepada Koi selain sebagai ungkapan rasa sayang, juga untuk memudahkan menyebut Koi kesayangannya itu.

Nama-nama koi berikut ini, bukanlah sembarang nama. Sebab Koi-koi berikut ini telah dikenal oleh para pecinta koi  di seluruh dunia karena memiliki keistimewaan tertentu atau telah mengukir prestasi sebagai peraih gelar ‘Grand Champion’ di berbagai acara Koi Show.

1.HANAKO

Hanako, artinya gadis bunga (flower girl). Pemiliknya adalah Dr. Komei Koshihara di Nagoya Jepang. Pada awalnya Hanako tidak dikenal orang, namun kemudian menjadi sangat populer di kalangan pecinta koi karena umurnya yang sangat panjang, yaitu 226 tahun.

Pertamakali berita ini  tersiar melalui sebuah acara wawancara ‘on air’  pada stasiun Radio NHK pada 25 Mei 1966. Sejak saat itu Hanako menjadi sangat terkenal di seluruh dunia sebagai koi tertua sepanjang masa

Hanako bukan sembarang koi, sebab dia adalah warisan para leluhurnya. Diperkirakan telah dipelihara setidaknya oleh 4 generasi sebelumnya. Berat badan mencapai Hanako 7,5 Kg dengan panjangnya 70 Cm.

Hanako. Koi tertua di dunia, berumur 226 tahun

Bagaimana orang bisa percaya bahwa Hanako berusia 226 Tahun?

Usia sebenarnya Hanako itu diverifikasi dengan menganalisis sisiknya. Sama seperti bagaimana dendrologists menentukan umur pohon dengan menghitung jumlah cincin pertumbuhan padakayu. Cincin pertumbuhan pada sisik Hanako dihitung menggunakan mikroskop cahaya yang menunjukkan pola pertumbuhan lebar diikuti oleh pertumbuhan sempit.

Ini adalah sisik Hanako yang diteliti dengan menggunakan Mikroscope cahaya.

Meski telah tiada, Hanako memang pantas untuk dikenang sebagai pemegang rekor koi tertua yang pernah hidup di dunia. Hanako bahkan telah lahir sebelum negara Amerika Serikat merdeka.

Riwayat lengkap HANAKO bisa di baca disini

2. DAIYA NO KAMEN

Jika bicara masalah bentuk badan (Body  Conformation), maka tak lepas dari keberadaan koi yang bernama DAIYA NO KAMEN (Diamond Mask)

Hal yang paling penting dipertimbangkan untuk menilai bentuk badan adalah yang lebih menyerupai gulungan benang, yaitu pada bagian punggung sedikit lebih lebar dibandingkan kepalanya dan mengecil ke bagian ekor.

Karena pola dan warna koi berada pada area punggung, maka keindahan koi hanya dapat disaksikan ketika anda melihatnya dari atas. Bentuk badan koi dianggap yang paling indah dibandingkan ikan hias air tawar lainnya.

Bentuk badan koi yang dimiliki oleh DAIYA NO KAMEN ini, telah disepakati oleh para pakar sebagai bentuk badan koi yang paling ideal. Namun bentuk tubuh semacam ini baru akan dapat diperoleh ketika koi sudah cukup dewasa atau berumur lebih dari 3 tahun.

Biasanya, bentuk badan koi yang ideal adalah milik koi betina (female), sebab untuk koi jantan (male) bentuk badannya lebih ramping.

“Daiya-no-Kamen (Diamond Mask)” sebagai acuan bentuk badan koi yang ideal

3. LORAN

Loran adalah nama seekor Kohaku yang juga sangat popular karena memiliki kualitas warna yang nyaris sempurna.

Sebagaimana diketahui,  untuk menilai kualitas warna kohaku, yang perlu dipertimbangkan antara lain adalah kualitas   warna merah (hi). Kualitas warna hi yang bagus haruslah pekat dan merata dan tegas pada pinggirnya (kiwa) dan, tidak boleh ada gradasi warna. Untuk warna putih (shiroji) juga harus benar-benar putih, seputih salju.

Semuanya itu dimiliki oleh LORAN. Karena itulah maka LORAN sempat menyabet gelar  sebagai Grand Champion dua kali berturut-turut pada acara Kontes Koi yang sangat terkenal di Jepang yaitu All Japan Combined Nishikigoi Show pada tahun 1990 dan 1992.

Koi ini mempunyai kualitas warna, merah dan putih yang sangat indah.

Loran pernah tampil sebagai GRAND CHAMPION 2 kali berturut-turut.

4.INAZUMA SHOWA

Koi diatas bukan sembarang koi dan sangat populer dengan sebutan THE DAINICHI SHOWA. Koi ini sangat unik dan langka dan hingga sampai detik ini, masih sulit mencari tandingannya.

Pola dipunggungnya seperti halilintar (lightning) atau istilahnya Inazuma. Koi ini termasuk dalam varitas Showa Sanshoku. Sehingga orang menyebutnya Inazuma Showa. Di punggungnya seperti terlukis sebuah fenomena alam, yaitu pemandangan ketika turun hujan, dimana ada halilintar yang membelah sekelompok awan hitam.

Pemiliknya adalah Masao Kato, dan koi ini pernah menjadi juara pada tahun 1991 yaitu pada acara kontes koi internasional yang diselenggarakan di Jepang, ZNA All Japan sebagai Grand Champion.

Informasi selengkapnya perihal Inazuma Showa bisa dibaca disini

INAZUMA SHOWA

5. S LEGEND

Koi yang sempat menjadi popular di seluruh dunia baru-baru ini adalah  S  LEGEND. Seekor Koi  jenis  Kohaku yang telah terjual dengan harga yang sangat fantastis ¥ 203.000.000 atau setara hampir Rp. 27 Miliar pada acara Lelang Koi tahunan (Koi Auction)yang  di selenggarakan oleh Sakai Fish Farm di Hisrohima Jepang, 4 Oktober 2018 lalu.

Koi  dengan  panjang 101 cm, namun baru berumur 9 tahun  tersebut,  memiliki garis keturunan (blood line) dari  Neo Universe,  hasil budidaya yang dilakukan oleh SAKAI FISH FARM Jepang.

Informasi selengkapnya mengenai S Legend bisa dibaca disini

S LEGEND seharga Rp. 27 Milyar..

Itulah 5 (lima) Koi legendaris sepanjang sejarah yang  telah dirangkum oleh gilakoi.com. Demikianlah semoga bermanfaat.

#gilakoi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp chat