JOIN NOW

Kapan Koi lahir? Inilah informasi Tahun Lahir Koi Versi Gila Koi

Gambar Sketsa Varitas Koi dalam sebuah buku yang terbit pada tahun 1914 di Jepang

Setidaknya terdapat 13 Varitas Koi yang cukup populer di kalangan para pecinta Koi. Masing-masing varitas Koi mempunyai karakteristik tersendiri yang unik.

Begitu banyak macam dan jenis koi yang ada sekarang, namun keberadaan varitas koi tersebut tidak muncul bersamaan pada satu waktu, namun melalui proses pengembangan yang dilakukan oleh para pembudidaya Koi di Jepang dari waktu ke waktu.

Berikut ini adalah data tahun lahir dari berbagai varitas koi yang berhasil dihimpun oleh GILAKOI.com :


tahun lahir koi

Berbagai pendapat yang beredear tentang kapan awal mula ikan koi ditemukan.  Ada yang berpendapat bahwa ikan koi berasal dari Eropa Timur, Asia Timur dan negeri China. Ikan Koi pertama kali masuk ke negeri Sakura Jepang pada awal abad ke-17 yaitu oleh seorang petani Cina. Awalnya akan dibudidayakan untuk keperluan konsumsi.

Sekitar tahun 1820 -1830, Koi di Jepang sudah mulai dikembang biakkan sebagai ikan hias. Para farmer menempatkan ikan koi ke kolam di rumah mereka sebagai ikan hias.

Hasil budidaya koi pertama kali dipelopori oleh Bunka dan Bunei Era pada sekitar tahun 1804 dan mulai berkembang ikan koi yang memiliki warna Merah (hi) di pipi.

Koi dengan warna putih atau Shiromuji, juga muncul kala itu.  Selanjutnya mereka mulai melakukan beberapa eksperimen dengan melakukan kawin silang dan akhirnya dapat menghasilkan ikan koi berwarna merah dan juga putih yang populer disebut Sarasa.

Setelah itu pada sekitar tahun 1830 s/d 1843 (Era Meiji), mereka melakukan percobaan dengan mengawinkan ikan koi dengan ikan karper dari Jerman. Ini menghasilkan varietas baru yang diberi nama doitsu koi , yaitu koi yang tak memiliki sisik.

Sejak saat itu para breeder di Jepang menyadari bahwa apabila Koi dengan jenis berbeda di kawin silangkan maka akan diperoleh strain warna lain yang indah.

Setalah Koi dikembang-biakkan selama beratus-ratus tahun, hingga saat ini Koi memiliki berbagai varitas dengan warna dan karakteristik yang sangat beragam. Tak heran jika ikan Koi tampil sebagai ikan hias yang paling banyak pecintanya.

Demikianlah informasi singkat terkait tahun lahir koi.

Salam

Baca juga yang ini..

Jasa Salon Koi Untuk Mempercantik Pola Ikan Koi

Salon Hendy Banyak cara yang kerap dipakai pecinta dan pemelihara ikan koi agar bisa menang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.