Home / Serba-Serbi Koi / Mengapa Memelihara Ikan Koi?

Mengapa Memelihara Ikan Koi?

Memelihara Ikan Koi

Begitu banyak jenis ikan hias yang bisa anda pelihara, baik di dalam Aquarium maupun kolam. Memelihara ikan hias adalah sebuah kegiatan sekaligus hobi yang sangat menyenangkan. Dari kesekian banyak jenis ikan hias, khususnya untuk dipelihara di dalam kolam, terdapat satu jenis ikan hias yang paling banyak di gemari oleh para pehobi, yaitu ikan Koi (Nishikigoi).

Mengapa demikian?

Ikan yang konon berasal dari negeri Sakura ini, memang memiliki daya tarik yang luar biasa. Tak hanya sebagai ikan penghuni kolam, namun Koi sudah menjadi bagian dari keluarga bagi pemiliknya, apalagi koi telah berhasil menjadi juara dalam acara Kontes Koi.

Berikut ini adalah beberapa alasan, mengapa para pehobi memelihara Koi.

memelihara ikan koi

Rajanya Ikan Hias

Koi dengan berbagai bentuk pola dan warna di punggungnya, tampak seperti memakai baju beraneka rupa. Begitu banyak varitas Koi yang ada, semakin menambah penasaran bagi para pecinta untuk mengkoleksinya. Dia diciptakan dengan kepala yang besar serta sepasang kumis di dekat mulutnya.

Cara berenang yang tenang, berlenggak lenggok, bagai sang raja yang sedang berjalan dengan baju kebesarannya. Sebagai penghias kolam, Koi tak ada tandingannya.

Pertumbuhan Koi cukup pesat, sejak burayak s/d 1 tahun Koi bisa mencapai panjang 40 cm, bertambah menjadi 50 cm pada tahun ke-2, pada tahun ke-3 mencapai 60 cm, tahun ke-5 bisa mencapai 70 cm dan sampai tahun ke-10 bisa lebih 100 cm. Rekor Koi terpanjang adalah 153 cm dengan berat 45 kg.

Umur Panjang dan Ikan Pemberani

Koi adalah ikan yang berani dan  pantang menyerah, meski terluka sekalipun. Maka dari itu ada yang menyebutnya Ikan Samurai. Rata-rata umur Koi 70 tahun, tetapi ada yang sampai ratusan tahun.

Sejarah mencatat Koi tertua di dunia yaitu  Hanako yang dipelihara  oleh Mr Komei Koshihara (Pemilik  Nagoya Woman’s College)  di Higashi Sirakawa Kamogun, Propinsi Gifu di Jepang.  Koi betina dengan jenis Hi Goi (warna merah polos) dipercaya  telah berumur 126 tahun. Dia  lahir 25 tahun sebelum hari kemerdekaan negara Amerika Serikat. Berat tubuhnya 9 Kg, dengan panjang 77 cm. Namun sayang Koi tersebut telah mati pada tanggal 17 Juli 1977 dan berdasarkan  hasil penelitian sisiknya melalui mikroskop, Hanako tercatat sebagai Koi tertua sepanjang masa.

Dengan semangat pemberaninya itu, Koi dikisahkan telah mampu mendaki dan melawan arus air terjun di sungai Kuning Cina. Dari sinilah Koi dianggap sebagai simbul perjuangan hidup. Dalam berbagai pesta kekaisaran Jepang, Koi menjadi hidangan istimewa dan mereka percaya, Koi membawa keberuntungan bagi siapa saja yang memeliharanya.

Hanako, koi yang sudah berumur ratusan tahun ketika masih hidup bersama pemiliknya.

Kebersamaan, Kompak  dan Jinak

Tidak ada istilah atasan atau anak buah dalam komunitas Koi. Yang tua tidak mengganggu yang muda, yang lama tidak akan memusuhi yang baru datang. Mereka bisa hidup bersama dan saling berdampingan. Mereka juga kompak dan jinak hingga pemelihara bisa memberi pakan langsung ke mulut Koi sambil menyentuh bahkan mengangkat tubuhnya dari dalam air.  Uniknya, Koi terkadang menghampiri orang yang memanggil namanya. Saking jinaknya, ada pula Koi  yang mau minum kopi langsung dari cangkir pemiliknya. Bila anda merasa letih  dan  stres  sepulang kerja, cukup memandang Koi di dalam kolam anda, niscaya akan lupa segala persoalan yang dihadapi dan anda akan merasa  senang.

Koi adalah ikan yang jinak dan bisa dipegang saat memberi pakan.

Kesayangan Seluruh Anggota Keluarga

Biasanya hobi seseorang, belum tentu menjadi hobi yang lainnya. Berbeda dengan hobi memelihara Koi yang dapat membuat seluruh anggota keluarga merasa memiliki. Koi bisa menjadi bagian dari keluarga. Seekor Koi yang dibeli oleh istri atau anak laki-lakinya, akan dapat bergabung dengan Koi yang dibeli oleh suami atau ayahnya. Juga seringkali terjadi seorang suami dengan bangga memamerkan Koi kepada teman-temannya meski sebenarnya sehari-hari yang merawat Koi adalah istri atau anaknya. Di rumah, istri atau anak yang kadang lebih sayang terhadap Koi daripada suami atau ayahnya.

Ajang adu kecantikan Koi di Jepang (Koi Show), yang diikuti oleh peserta dari seluruh dunia

Pemakan Segala dan Mudah Memeliharanya

Koi sebenarnya bisa makan apa saja ; daging, ikan, roti, mi, sayuran, buah-buahan dll. Koi mau makan hampir semua makanan manusia. Anda bisa saja memberi makan Koi dari sisa piring makan anda, tetapi demi keindahan warna dan bentuk tubuhnya, anda harus memberinya pakan yang mengandung vitamin, mineral dan bahan-bahan lain yang dibutuhkannya.

Pakan alami seperti kepompong ulat, cacing tanah, udang dan kepiting juga baik untuknya. Proporsi sayuran/buah-buahan dari pakan lainnya adalah 6 banding 4. Dari pada repot, anda dapat dengan mudah membeli pakan buatan (pelet) yang mengandung komposisi terbaik untuk Koi. Bila anda bepergian dalam waktu lama, Koi juga bisa dipuasakan (tidak diberi pakan) sampai berhari-hari, tanpa mengganggu kesehatannya.

Anda dapat membeli Koi dengan harga murah bila anda jeli

Harga Koi yang memenangkan gelar Grand Champion dalam suatu kontes Koi internasional bisa mencapai ratusan juta bahkan miliaran rupiah. Secara umum Koi yang bagus harganya mahal. Tetapi anda bisa mendapatkan Koi yang murah berkat kejelian mata anda. Hanya diperlukan sepasang mata untuk memilih Koi kecil, yang apabila besar nanti, bisa menjadi juara di acara Kontes Koi.

Berbagai macam jenis koi dengan aneka pola dan warnanya.

Beragam warna dan pola yang dinamis.

Setiap pola yang ada pada setiap Koi, tidak pernah sama persis dengan yang lainnya, sehingga pemilik Koi dapat bangga karena tidak ada yang menyamainya. Kecantikan pola dan warnanya yang dinamis memungkinkan anda menikmati sekumpulan Koi, yang sama indahnya dengan memandang seekor saja. Hal menarik lainnya adalah pola dan warna Koi dapat berubah sesuai umur, cuaca atau musim. Warna-warni  Koi  yang ada pada tubuh Koi antara lain putih, merah, hitam, biru, kuning, ungu, biru tua, hijau, coklat, emas dan perak.

Menjadi Teman Seumur Hidup

Dengan umurnya yang panjang, Koi bisa menjadi teman seumur hidup bagi pemeliharanya. Tidaklah berat memeliharanya, asal tekun, sabar dan berkesinambungan, terutama dalam pemeliharaan kolam. Membersihkan kolam juga dapat menjadi sebuah olahraga.

Semoga bermanfaat

#donibastian

Telah dibaca 775 x, hari ini 1 x
BUKU GILA KOI

BUKU GILA KOI

Cara Memelihara Koi dan Apresiasi

Harga Rp. 150.000,-

Beli Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat