Benarkah Ikan Hias Sumatera Sebagai Pembasmi Kutu Ikan ?

ikan hias sumatera
Puntius Tetrazona atau dikenal dengan Ikan Sumatera

Bagi  anda yang punya hobi memelihara ikan hias, tak asing lagi dengan Ikan hias Sumatera. Ikan ini dikenal sebagai ikan bias yang cukup kuat (tidak mudah mati) jika dipelihara di dalam aquarium. Oleh karena itu, banyak pehobi pemula yang memelihara ikan ini dalam mengawali kegiatannya memelihara ikan hias.

Di kalangan para pecinta koi, ada yang memanfaatkan ikan Sumatera sebagai pemangsa kutu koi. Benarkah demikian?

SEKELUMIT INFORMASI TENTANG IKAN HIAS UMATERA

ikan hias sumatera
Corak Harimau Sumatera, mirip dengan Ikan Sumatera

Ikan dengan nama ilimiah “Puntius Tetrazona” adalah sejenis ikan kecil anggota suku Cyprinidae anak-suku Cyprininae. Pertamakali di ketemukan oleh ilmuwan dari Belanda yang bernama  Bleeker pada tahun 1855. Di Amerika dan Eropa dikenal dengan nama “Tiger Barb”, karena corak dan warnanya mirip dengan belang-belang pada harimau atau macan.

Mengapa kemudian disebut Ikan hias Sumatera, mungkin saja karena berasal dari daerah Sumatera  dan juga sepintas warna ikan ini menyerupai Harimau Sumatera.

Selain di pulau Sumatera,  Ikan Sumatera juga dapat ditemukan  di Kalimantan dan Serawak, juga di beberapa daerah lain di semenanjung Malaya. Ikan ini sering didapati pada sungai-sungai dangkal berarus sedang, yang  jernih atau sedikit keruh. Ikan sumatra menyukai pH antara 6.0–8.0, kesadahan air antara 5–19 dGH, dan kisaran temperatur air antara 20–26 °C.  Ikan sumatra juga didapati di rawa-rawa, yang mengindikasikan bahwa ikan ini memiliki toleransi yang cukup tinggi terhadap perubahan kualitas air. Ikan Sumatera dewasa rata-rata panjangnya sekitar 7 cm dan dapat hidup sampai 6 atau 7 tahun. Ikan Sumatera juga dikenal sebagai pemangsa cacing, udang dan berbagai hewan hidup lain, juga pakan buatan.

PEMAKAN KUTU KOI

ikan hias sumatera
Corak Ikan Sumatera, belang2 seperti harimau Sumatera

Memang benar bahwa ikan Sumatera juga memakan kutu koi dan parasit lainnya yang menempel pada tubuh koi, namun demikian terdapat beberapa hal yang bisa saja terjadi terhadap ikan Sumatera yang ada di kolam anda :

  1. Koi memakan Ikan Hias Sumatera

Jika di kolam anda terdapat banyak koi dengan ukuran besar yaitu rata-rata diatas 30 cm, maka terdapat kemungkinan justru ikan Sumetera yang ada akan dimakan oleh koi-koi yang berukuran besar tersebut. Secara naluri, koi akan memakan semua benda-benda kecil yang melayang-layang di dalam air, termasuk ikan Sumatera. Namun demikian koi juga mampu membedakan apakah benda tersebut adalah makanan atau bukan. Jika yang dimakan bukanlah pakan untuk koi, maka koi akan memuntahkannya.

Read More
  1. Tersedot ke ruang Filter

Pada kolam koi berukuran besar, biasanya menggunakan pompa filter dengan kapasitas yang besar pula. Oleh karena itu, ikan Sumatera yang relatif berukuran kecil, tentu akan mudah tersedot ke dalam ruang filter.

  1. Ikan Sumatera memakan sirip koi

Ikan Sumatera dapat berenang dengan cepat (agresif) dan manakala ada koi yang gerakannya  lambat, maka Ikan Sumatera tak hanya memakan kutu koi, tapi juga sirip koi terutama pada bagian ujung ekor. Jika sudah demikian, maka hal ini tentu malah memuat koi-koi anda menderita karena sirip ekornya banyak yang rusak karena dimakan oleh ikan Sumatra ini.

Biasanya, jika jumlah populasi koi jauh lebih banyak dari jumlah ikan Sumatera, maka hanya dalam tempo beberapa hari, maka ikan Sumatra sudah tak tampak lagi di kolam anda, karena hal-hal yang telah di paparkan diatas.

Oleh sebab itu, penggunaan Ikan Sumatera sebagai cara untuk membasmi kutu koi tidak cukup efekif diterapkan di kolam anda, justru dapat menimbulkan masalah lain, yaitu rusaknya sirip koi karena dimakan oleh ikan Sumatera.

Hal terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga kesahatan koi dan mencegah serangan kutu dan parasit pada koi anda adalah dengan cara menjaga kualitas air agar tetap baik sehingga koi anda dapat hidup dengan nyaman dan sehat.

Demikianlah semoga bermanfaat.

#donibastian

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 comments

  1. Menggunakan ikan Sumatra sebagai pembasmi kutu dirasa kurang tepat, dulu pernah coba Dan hasilnya ikan sumatranya habis entah kemana