Home / Serba-Serbi Koi / Kerok Koi Untuk Memperbaiki Pola Tancho, Perlukah?

Kerok Koi Untuk Memperbaiki Pola Tancho, Perlukah?

Kerok Koi Untuk Memperbaiki Pola Tancho, Perlukah? Tancho adalah salah satu jenis koi yang terdapat pola berbentuk bulat di bagian kepala. Koi ini sangat populer, apalagi bagi para pehobi koi di Jepang sebab pola tancho tampak seperti bendera negara mereka. Bagaimana dengan di Indonesia? Sama saja, Tancho juga sangat digemari oleh para pecinta koi di seluruh tanah air.

Pola Tancho tidak hanya terdapat pada varietas Kohaku, namun juga terdapat pada varietas lain seperti mislanya Tancho Showa, Tancho Goshiki, Tancho Sanke dan masih banyak lagi. Namun apabila pola bundar di kepala yang diikuti oleh pola lainnya pada punggung Kohaku maka disebut Maruten atau Maruten Kohaku.

Karena Tancho banyak sekali penggemarnya, maka koi ini tak akan lama bertahan di kolam display milik para penjual koi. Begitu tiba di outlet penjual, berapapun jumlah Tancho yang tersedia, pasti langsung habis diserbu para pembeli. Bahkan banyak pula pehobi yang tidak kebagian dan harus   memesan secara khusus.

Tancho asli dengan pola yang bulat sempurna yang persis seperti koin, sangat-sangat jarang ditemukan.

Tancho Asli

Mengapa demikian?

Jangankan untuk memperoleh Tancho yang bulat sempurna, para breeder di Jepang sekalipun, tak ada yang sanggup memproduksi koi khusus Tancho.

Tancho sesungguhnya diperoleh tanpa sengaja diantara ribuan anakan koi dalam satu pemijahan. Kemungkinan memperoleh Tancho dalam satu pemijahan sangatlah kecil, dan itupun bila ada, sangat jarang ditemukan pola Tancho yang bulat sempurna.

Namun demikian, para breeder bila ingin memperoleh jenis Tancho lebih banyak, maka bisa dengan menggunakan pasangan induk Koi yang semuanya dari jenis Tancho. Tapi hal ini juga tidak akan menjamin bahwa seluruh keturunannya akan diperoleh Tancho, tapi setidaknya menambah besar kemungkinan didapatkan lebih banyak anakan Tancho.

Bila memang Tancho yang benar benar bulat seperti koin sangat jarang ditemui, lalu mengapa begitu banyak orang memelihara Tancho yang polanya bulat sempurna, mungkin termasuk yang ada di kolam anda?

Itulah yang sedang dipertanyakan disini, apakah Tancho anda asli diperoleh tanpa ada unsur rekayasa ataukah sebagai hasil operasi (cosmetic surgery)?

Saya rasa, tak ada satupun yang berani menjamin bahwa koi Tancho anda asli, kecuali oleh peternaknya sendiri. Itupun juga bisa sekadar ‘lips service‘ saja, sebab hanya dia dan Tuhan saja yang tahu, apa yang sesungguhnya terjadi.

Lalu apa masalahnya dengan Tancho asli atau hasil rekayasa?

Sama sekali tidak ada masalah, sepanjang anda memeliharanya untuk menghiasi kolam anda sendiri. Kecuali bila anda mengikuti kontes koi (Koi Show), kemungkinan besar untuk Tancho rekayasa akan sulit menang sebab para juri tentu akan meragukannya sehingga tak akan bisa tampil sebagai juara.

Pola Tancho yang bulat sempurna seperti koin, ditengarai sebagai hasil rekayasa (Koi Kerokan)

Bagaimana caranya untuk mengetahui keaslian Tancho?

Ini pertanyaan paling sering dilontarkan, sehubungan dengan banyaknya Tancho kerokan (cutting koi) yang beredar di pasaran. Untuk mengetahui apakah Tancho anda asli atau tidak, memang terkadang sangat sulit dilakukan. Namun bila ada Tancho yang benar-benar bulat sempurna seperti koin dan pada pinggir pola tampak sangat rapi, maka patut diragukan keasliannya.

Yang jelas, bila pola tancho anda bulat dan lebar sampai menyentuh kedua mata koi, maka dipastikan bahwa pada area tersebut adalah pola asli, sebab pada bagian ini tak bisa dioperasi atau sangat sulit dioperasi, karena tak ada jarak dan beresiko menimbulkan cacat bila sampai menyayat mata. Area pola yang seringkali menjadi obyek operasi adalah dibagian kepala dekat leher, sebagaimana tampak pada gambar.

Tancho yang mudah dioperasi adalah yang pola bulatnya tidak cukup lebar, sehingga terdapat jarak antara pola dengan kedua mata.

Mengapa terkadang sulit untuk memastikan keaslian Tancho?

Begini, Tancho yang semula tidak bulat benar, atau belepotan, bisa saja dioperasi atau dikerok untuk mendapatkan bentuk yang lebih sempurna. Namun hal ini tentu akan meninggalkan bekas luka. Dimana letak lukanya? Tentu berada tepat di garis terluar pada bulatan polanya, bukan?

Sesungguhnya tidak semua Tancho bisa direkayasa (kerok koi). Hal ini tergantung seberapa pekat kualitas warnanya. Sebagai contoh kualitas warna merah pada Kohaku yang sangat pekat, warna merahnya sampai ke tulang kepala. Koi seperti ini bila dilakukan operasi, tentu akan meninggalkan bekas sisa warna di tulang kepala.

Setelah sembuh, masih akan tampak bayang-bayang warna kemerahan pada tulang kepala. Untuk diketahui, kulit kepala koi sangat tipis dan transparan, sehingga meskipun sudah sembuh, maka warna kemerahan pada tulang koi bekas kerokan masih tetap terlihat.

Untuk jenis koi yang warnanya tidak terlalu pekat, maka ketebalan warna hanya sebatas pada kulitnya saja atau tidak sampai menyentuh tulang. Nah, koi seperti inilah yang paling aman dilrekayasa pola Tanchonya, sebab nanti setelah benar-benar sembuh kira-kira setahun kemudian, tidak akan terlihat lagi bekas lukanya. Dengan mata telanjang, siapapun juga tak akan bisa mengetahui bahwa Tancho tersebut pernah dioperasi.

kerok koi
Operasi untuk memperbaiki pola bulat pada Tancho

Cara  mengetahui pola Tancho hasil rekayasa

Kadangkala, Tancho hasil rekayasa (Tancho Kerokan) yang belum sembuh benar, sudah terburu-buru dijual. Tancho seperti ini cukup mudah untuk mengetahuinya, yaitu amati dari jarak dekat, terutama pada bagian terluar pola bulat di bagian kepala. Jika anda teliti, maka akan terlihat bekas goresan atau sayatan di area tersebut. Untuk memastikan, cobalah meraba bagian yang ditengarai sebagai bekas luka akibat sayatan tersebut. Akan terasa ada sedikit perbedaan ketebalan kulitnya. Sebab kulit kepala yang disayat, tentu menjadi lebih tipis bukan?

Namun demikian, jika luka sayatan pada kepada Tancho sudah sembuh benar, maka ketebalan kulinya akan kembali normal, sehingga agak sulit mengetahui apakah pola Tancho pernah dilakukan rekayasa atau tidak.

Sebagai pertimbangan, pola bulat pada Tancho yang asli, ‘kiwa’nya jelas, tidak ada degradasi warna maupun bayang bayang warna merah. Kiwa adalah ketajaman warna pada tepian pola.

Akibat rekayasa pola pada Tancho

Banyak orang tidak mengetahui dampak yang timbul setelah koi Tancho direkayasa (kerok koi). Ada pula penjual koi  yang tak sabar menunggu. Koi Tancho yang belum lama dikerok, sudah dipaksakan untuk dijual. Celakanya, si pembelipun juga tidak mengetahui bahwa Tancho tersebut adalah hasil kerokan.

Luka akibat operasi pada kepala Tancho (kerok koi), baru bisa benar-benar sembuh setelah 1 tahun. Mungkin ini terlalu lama, sehingga membuat sebagian orang tidak sabar menunggu.

Perbandingan bentuk pola sebelum dan sesudah operasi

Terdapat beberapa kemungkinan yang terjadi akibat rekayasa pola (kerok koi) pada Tancho yaitu :

  1. Kemungkinan pertama adalah akan meninggalkan bekas luka yang tak bisa hilang meski sudah sembuh. Hal ini terjadi pada Tancho yang warnanya sangat pekat hingga sampai ke tulang.
  2. Setelah sembuh, masih ada beberapa bagian yang tumbuh lagi warnanya. Oleh karena itu, biasanya akan dilakukan operasi yang kedua, untuk mengangkat sisa warna yang timbul, begitu seterusnya.
  3. Tancho akan sembuh total dan tidak meninggalkan bekas luka sama sekali. Hal ini terjadi hanya pada Tancho yang memiliki warna merah tipis atau tidak terlalu pekat

Oleh sebab itu, jangan heran bila suatu ketika setelah beberapa lama dipelihara, pada bagian kepala Tancho anda akan tumbuh bercak-bercak warna merah disekitar pola bulat. Mungkin saja itu adalah bekas luka operasi yang kembali tumbuh warnanya.

Kesimpulan

Artikel ini sebatas untuk menambah wawasan anda. Terlepas dari semuanya itu, bila anda memiliki Tancho dengan pola bulat seperti koin, tak perlu lagi mempermasalahkan keasliannya. Untuk apa?

Toh secara fisik, bentuknya memang sudah bulat seperti koin sejak anda membelinya. Bahkan telah sekian lama berada di kolam anda, bentuknya masih tetap bulat. Tak usah peduli jika ada yang bilang bahwa itu adalah hasil kerokan.

Yang penting anda senang merawatnya agar koi anda dapat tumbuh makin besar dan sehat.

Demikian semoga bermanfaat.

Penulis : Doni Bastian

“Kerok Koi Untuk Memperbaiki Pola Tancho, Perlukah?

Telah dibaca 484 kali, hari ini 1 kali

Baca juga yang ini..

Ternyata AHOK, DJAROT dan ANIES adalah Penggemar Ikan Koi

Terdapat fakta menarik antara dua calon Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Anies Baswedan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

KONTAK ADMIN GILAKOI.COM

Silakan mengirim pesan kepada kami, atau kontak WA 0812 9429 1117. Terimakasih

X
Kontak Admin