GilaKoi

The Indonesian Koi Kichi

Hindari Koi Mati Masal Akibat Listrik Padam

mati lampu

Koi Mati Masal gara-gara Listrik Padam

Terus terang saya ikut prihatin bila membaca status pehobi koi yang mengalami kejadian tragis yaitu matinya seluruh koi yang berada di kolam ketika aliran listrik padam. Sungguh hal yang sangat memilukan hati, apalagi koi yang menjadi korban adalah koi-koi kesayangan yang berkualitas atau bahkan pernah menjadi juara kontes.

Bukan sekadar harganya, namun belum tentu dilain waktu bisa mendapatkan penggantinya dengan kualitas atau keunikan koi yang sama.

Oleh sebab itu, saya tergerak untuk menurunkan artikel ini, sebagai wacana atau referensi bagi anda para pemelihara koi agar kejadian tragis tersebut tidak terjadi pada koi-koi anda.

Bila semuanya telah terjadi, apalah gunanya mencari-cari siapa yang bersalah, Toh, tak akan menghidupkan kembali koi-koi yang telah mati. Maka dari itu, lebih bijaksana bila kita menyusun langkah antisipasi sejak awal, untuk menhindari jatuhnya korban akibat aliran listrik yang mendadak padam tanpa pemberitahuan sebelumnya dari pihak PLN.

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa koi perlu oksigen yang terlarut dalam air kolam. Bila kolam anda cukup luas, dan memang tidak pernah  menggunakan pompa udara (air pump) untuk menambah aerasi, maka tentu dengan padamnya aliran listrik tidak ada pengaruhnya.

Namun bagi anda yang memiliki kolam koi yang cukup dalam, dan menggunakan tambahan aerator untuk menambah pasokan oksigen yang terlarut dalam air kolam, bila terjadi listrik PLN padam, maka membuka kemungkinan resiko kematian masal pada koi-koi anda. Sebab dengan padamnya aliran listrik, membuat seluruh peralatan listrik yang dipasang pada kolam anda akan berhenti bekerja. Bila seluruh peralatan berhenti bekerja, maka akan membuat kualitas air kolam anda akan berkurang secara drastis, terutama tingkat pasokan oksigen ada.

Berapa lama Koi akan mampu bertahan, ketika aliran listrik padam?

[sociallocker]

Ini adalah pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh para pemelihara koi, yang begitu khawatir bila aliran listrik PLN padam. Tergantung dari dimensi kolam dan jumlah koi yang ada. Semakin sempit kolam anda atau semakin dalam kolam atau semakin banyak koi yang ada. maka koi juga semakin tak mampu bertahan hidup lebih lama.

Tanda-tanda koi kekurangan oksigen

koi megap

Koi megap-megap, tanda kekurangan oksigen

Bila tiba-tiba aliran listrik padam, maka beberapa menit kemudian, koi akan mengalami stress, sebab koi sangat sensitif terhadap perubahan kondisi kolam. Berkurangnya pasokan oksigen dalam air kolam akibat pompa udara yang mati, membuat koi merasa tidak nyaman. Dalam kondisi stres, koi akan menunjukkan perilaku yang tidak seperti biasa, antara lain berenang cepat dan tak menentu arah, menabrak dinding kolam atau bahkan melompat keluar kolam.

Dengan asumsi tingat kepadatan populasi koi normal, maka setelah lebih dari 15-30 menit listrik belum menyala, yang kemudian terjadi adalah semua koi-koi anda akan berenang dipermukaan air dengan kondisi nafasnya yang megap-megap, sebagai tanda bahwa koi kesulitan bernafas karena kekurangan oksigen.

Bila listrik PLN tak juga menyala sampai lebih dari 1 jam, maka sangat besar kemungkinan bahwa koi anda kan mengalami kematian masal.

Tindakan Darurat

Pada suatu kondisi, dimana anda kebetulan sedang berada di rumah ketika listrik PLN padam, maka dalam keadaan terpaksa, ketika koi-koi anda tampak mulai megap-megap di permukaan air kolam, maka tindakan darurat yang bisa anda lakukan adalah dengan cara menyiprat-nyipratkan air air kolam anda dengan gayung atau ember. Tujuannya adalah sekadar untuk menambah aerasi, yaitu meningkatkan oksigen yang larut dalam air.

Namun ini tak boleh dilakukan berlama-lama, sebab justru akan menambah koi anda semakin stress. Maksimal selama 10-15 menit saja, sambil menunggu aliran listrik menyala. Namun bila listrik belum juga menyala, maka anda harus segera melakukan sesuatu untuk menyelamatkan koi-koi anda.

karantina koi2

Koi dalam kantong beroksigen dapat bertahan hidup sampai 12 jam

Tindakan selanjutnya adalah segera hubungi koi dealer langganan anda untuk meminta bantuan demi menyelamatkan koi anda. Bila perlu, anda yang menyempatkan diri untuk menjemput petugas agar segara datang membawa peralatan yang diperlukan. Biasanya tindakan praktis yang dilakukan oleh pihak koi dealer adalah dengan memasukkan koi-koi anda dalam kantong-kantong beroksigen. Koi yang telah dimasukkan dalam kantong-kantong beroksigen dapat bertahan hidup jauh lebih lama, bahkan sampai 12 jam.

Langkah antisipasi

Bila lokasi koi dealer langganan anda cukup jauh, atau agar tidak merepotkan anda sendiri, maka ada baiknya anda menyediakan fasilitas atau peralatan yang diperlukan demi  untuk menyelamatkan koi-koi anda ketika listrik PLN padam antara lain ada beberapa alternatif sbb :

1.Memasang pompa udara AC/DC

resun acd-9900 ac dc battery air pump

pompa udara AC/DC

Ketika aliran listrk padam, maka pompa udara (air pump) AC/DC secara otomatis akan menyala dengan menggunakan sumber listrik dari battery kering. Dengan demikian pasokan oksigen di kolam anda kan terus berjalan. Kapasitas pompa udara AC/DC biasanya tidak terlalu besar, sehingga tidak bisa diandalkan bila pemadaman aliran lisrik berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Apalagi bila anda lupa, tidak mempersiapkan battery sebelumnya (battery belum di-charge), maka akibatnya akan sama saja.

2. Menyediakan Generator Listrik (Genset)

genset

Pemasangan Genset, lebih dapat diandalkan

Dengan menyediakan fasilitas berupa genset dengan kapasitas yang cukup, meski dengan biaya yang cukup besar, namun cara ini memang lebih efektif dan dapat diandalkan ketika pemadaman listrik PLN berlangsung cukup lama.

3. Memasang UPS (Uninterupted Power Supply)

UPS

Contoh UPS

Memasang UPS khususnya untuk supply listrik pengganti pada pompa udara (air pump/blower) juga cukup efektip digunakan, namun juga tidak dapat diandalkan ketika pemadaman listrik berlangsung cukup lama, tergantung pada daya terpasang pada UPS tersebut.

4. Menyediakan kantong plastik dan tabung oksigen murni 

Cara ini lebih murah, cukup anda sediakan tabung oksigen dan beberapa kantong plastik dan karet gelang sebagai pengikat. Namun agak merepotkan sebab sebelumnya anda harus menangkap semua koi untuk dimasukkan kedalam kantong beroksigen.

5. Mengatur perjanjian atau kontrak perawatan koi

Mungkin ini adalah cara yang cukup efektif dan efisien, yaitu dengan membuat perjanjian dengan koi dealer anda, bahwa bila suatu saat terjadi pemadaman listrik mendadak, maka anda tinggal menghubungi melalui telp/HP dan pihak koi dealer telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyelamatkan koi anda. Meski dengan biaya tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya, namun anda tak perlu khawatir bila terjadi pemadaman listrik mendadak.

Ada satu hal yang paling penting dari semuanya itu adalah anda harus memastikan bahwa masih ada orang yang menjaga rumah anda ketika anda tidak berada di rumah. Sebab bila tiba-tiba listrik padam, dapat segera diambil langkah untuk mengantisipasi resiko yang ada.

Bila tidak, maka jangan kaget, bila begitu anda pulang kembali ke rumah dan mendapati koi-koi anda sudah diam tak bergerak, tanpa anda tahu kapan aliran listrik PLN telah padam…

Salam #Gilakoi

[/sociallocker]

Telah dibaca 2,139 kali, hari ini 5 kali
Updated: 04/10/2017 — 17:16

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GilaKoi © 2015 - Indonesian Koi Kichi