Karakter Koi. Benarkah Chagoi adalah Koi Jinak?

Koi adalah hewan yang jinak dan punya keindahan warna pada tubuhnya. Setiap koi punya sifat atau karakter tertentu tapi punya rasa kebersamaan yang tinggi.

Pada dasarnya, Koi selalu hidup berkelompok besama koi lainnya. Di habitat aslinya yaitu di sebuah danau, koi tak pernah bisa diam dan selalu bergerak tanpa henti. Bahkan mereka tetap bergerak meski dalam keadaan tidur, itulah betapa hebat ciptaan Tuhan.

Kemanapun mereka pergi selalu bersama-sama. Seringkali terlihat gerakan koi yang seirama menuju ke arah tertentu atau hanya berputar-putar di tengah danau.

Bagaimana bila koi dipelihara di kolam?
Sama saja, mereka akan tetap hidup berkelompok. Namun demikian karena kondisi kolam yang tentu berbeda dengan habitat aslinya, kadangkala koi terlihat ada yang diam sendirian atau bersembunyi.

Mengapa ada koi yang terpisah sendiri, diam atau seperti bersembunyi?

Di dalam kolam pemeliharaan, meski koi dalam keadaan sehat, dia bisa saja menyendiri, karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Koi juga punya sifat penakut/pemalu. Tidak seperti koi lainnya, terutama ketika diberi pakan, ada koi yang selalu kalah dalam memperebutkan pakan yang kita berikan. Ya memang begitulah kondisinya. Ada koi pemberani, ada pula yang penakut. Tapi bila populasi koi cukup padat, maka koi yang penakutpun juga ikut menjadi berani (karena banyak temennya kali yah..:))

Ada satu varitas koi yang dikenal pemberani, yaitu Chagoi.

Chagoi yang dipelihara dikolam, relatip lebih berani dibanding yang lain, Bahkan dia selalu tampil sebagai pemenang dalam berebut makanan, ada yang bilang rakus sebab paling banyak makan. Oleh sebab itu, chagoi bisa kita pakai untuk memancing agar koi lainnya tak jadi penakut.

Ada faktor lain yang membuat koi terpisah-pisah, berdiam diri atau bersembunyi antara lain :

1. Kondisi kolam yang kurang nyaman bagi koi.

Mungkin saja karena kolam baru atau dari bentuk kolam. Koi yang berbentuk tidak beraturan, sangat berpotensi membuat koi terpisah-pisah. Apalagi bila berbentuk memanjang seperti sungai dan ada jembatan diatasnya. Tentulah dibawah jembatan itu tempat koi banyak bernaung atau bersembunyi.

2. Koi sangat peka terhadap cahaya dan suara.

Coba saja anda bunyikan suara yang cukup keras, pastilah mereka akan berpencar mencari tempat berlindung. Juga dengan cahaya. Oleh sebab itu, bila anda menggunakan penerangan kolam, nyalakan lampu sebelum gelap, agar koi tidak kaget. Koi yang kaget, secara refleks bisa saja melompat keluar kolam, menabrak dinding kolam dan saling bertabrakan. Hal ini bisa berkibat koi terluka atau terkelupas sisiknya.

Bila anda seringkali membuat koi kaget, maka mereka juga bisa menjadi stres. Koi yang sedang stres mudah sekali terserang penyakit.

Suatu tempat yang tak terkena cahaya, menjadi tempat favorit bagi koi untuk bersembunyi. Oleh sebab itu dalam membangun kolam, hindari bentuk kolam berupa lekukan-lekukan kecil atau terdapat jembatan diatasnya sebab disana nanti sebagai tempat koi bersembunyi

3. Kondisi air kolam yang mendadak berubah.

Kondisi pada kolam, baik itu suhu maupun ph air, juga membuat koi berdiam diri. Maka dari itu, bila ada koi anda yang biasanya lincah bergerak kesana-kemari tiba tiba diam, tentu kualitas air di kolam anda terjadi perubahan yang cukup signifikan.

karakter koi chagoi

4.Koi sedang sakit

Koi yang sedang sakit relatif diam atau gerakannya tidak aktif dan juga seringkali tampak menyendiri. Oleh sebab itu, rajin-rajinlah mengamati koi anda, bila ada koi yang biasanya lincah, tapi tiba-tiba berdiam diri disudut kolam, pastikan bahwa koi anda tidak dalam keadaan sakit

5. Populasi Koi Relatip Sedikit

Jumlah koi yang dipelihara dalam sebuah kolam juga mempengaruhi aktifitas koi. Jika populasi koi terlalu sedikit, maka membuat koi cenderung bersembunyi atau berdiam diri. Tak akan mau datang jika diberi pakan. Jangankan mendekat, melihat ada orang yang datang saja sudah ketakutan.

Memelihara koi tak boleh terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit, yang sedang-sedang saja. Berapa jumlah koi yang ideal dipelihara di kolam, bisa dibaca pada artikel berikut ini :

Berapa Jumlah Koi yang Ideal?

Demikian, semoga bermanfaat

Salam ‪#‎gilakoi‬

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BUKU BARU .. !Terbit Juli 2020

BUKU 'DOKTER KOI'

Informasi lengkap tentang jenis penyakit dan cara pengobatan.

Lihat
WhatsApp chat