GilaKoi

The Indonesian Koi Kichi

Info Seputar Juri Kontes Koi

koi judgeSudah sering kita dengar atau saksikan kompetisi Koi atau dikenal dengan Kontes Koi.
Dalam acara ini, semacam pemilihan koi terbaik yang terbagi dalam beberapa kategori varitas dan ukuran koi. Untuk menentukan pemenang, diperlukan tim Juri yang bertugas memberi penilaian terhadap semua koi yang ikut serta dalam kontes.

Yang mungkin jadi pertanyaan, siapa saja yang bisa jadi juri kontes koi?
Tidak semua orang bisa jadi juri kontes koi. Sebab juri harus mumpuni pengalaman khususnya dibidang apresiasi koi.

Apa saja pengalaman mereka?
Para juri bisa saja dari unsur breeder, dealer ataupun hobbyist.

Apa syaratnya agar bisa jadi Juri?
Tentulah sebuah pengakuan dari orang atau kelompok orang atau institusi tertentu diperlukan agar seseorang dipandang layak sebagai juri.

Di Jepang, sebagai pusat industri koi terbesar di dunia, untuk menjadi juri harus memperoleh pengakuan resmi atau sertifikasi dari badan atau organisasi tertentu. Tapi untuk kontes koi di Indonesia, yang tidak berafiliasi dengan organisasi internasional, pemilihan juri berdasarkan kesepakatan panitia, yaitu penunjukan kepada seseorang dengan mempertimbangkan pengalaman dan keterlibatan/aktivitas/track recordnya terhadap kegiatan perkoian di Indonesia.

Sertifikasi juri di Jepang misalnya diperlukan persyaratan yang sangat ketat, agar dapat dipilih seorang juri yang benar-benar dapat dipercaya menilai kualitas koi secara obyektip.
Berapa jumlah juri dalam satu acara kontes koi?
Sangat tergantung cakupan pesertanya. Apakah bersifat internasional, regional atau lokal. Dalam kontes koi internasional, yang pesertanya hingga ratusan, bahkan ribuan koi yang datang dari berbagai negara di dunia, maka jumlah juri yang dilibatkan juga tidak main-main banyaknya, bisa ratusan orang !
Namun untuk kontes koi di dalam negeri (tanpa afiliasi internasional), tentu jumlah juri hanya beberapa orang saja, mengingat jumlah pesertanya juga terbatas.

Mengapa diperlukan banyak juri?
Sudah pasti untuk mengurangi subyektifitas juri. Sehingga hasil penilaian seluruh juri, dapat dipakai sebagai penilaian yang obyektif dan fair.

Mengenai tugas dan kewajiban juri kontes, kita akan bahas di lain kesempatan ya..

Semoga bermanfaat
Salam ‪#‎gilakoi‬

Telah dibaca 535 kali, hari ini 1 kali
Updated: 29/08/2015 — 19:31

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GilaKoi © 2015 - Indonesian Koi Kichi