Home / Ruang TANYA-JAWAB / Tanya Jawab #3

Tanya Jawab #3

1.HI SHOWA VS HI UTSURI

TANYA :

Saya masih bingung bagaimana cara yang mudah untuk membedakan  Hi Showa dan Hi Utsuri? Mohon penjelasannya, terima kasih.

Setyo Budi – Batang Jawa Tengah

JAWAB :

Koi jenis Hi Showa dan Hi Utsuri, memang sepintas tampak mirip, sebab Hi Showa adalah keturunan yang bisa diperoleh dari induk Hi Utsuri. Jadi wajar saja jika keduanya memiliki penampilan yang hampir sama.

Cara mudah untuk membedakannya adalah dengan mengamati komposisi warna yang ada. Showa memiliki 3 warna, yaitu merah, hitam dan putih. Sedangkan hi Utsuri, hanya memiliki 2 warna, yaitu merah dan hitam.

Hi Showa tentu memiliki warna putih, meskipun sangat sedikit (minor), itulah terutama yang membedakannya dari Hi Utsuri.

Selain itu juga bisa diamati pada bagian sirip. Pada umumnya sirip Hi Showa dengan warna dasar putih, sedangan untuk Hi Utsuri berwarna dasar merah.

Juga dari tipe motoguro (pola warna hitam pada pangkal sirip). Motoguro pada showa  memiliki karakter yang berbeda yaitu warnanya cenderung lebih pekat dan tidak melebar. Agak berbeda dengan tipe motoguro pada hi Utsuri yang mana pada umumnya warna hitam melebar hingga menutupi seluruh bagian sirip.

hi showa

2. MEDIA FILTER CRYSTAL BIO

TANYA :

Saya ingin bertanya tentang Criytal Bio sbegai media filter kolam. Apakah benar2 bagus untuk dipakai dan kenapa harganya mahal?

Terima kasih.

Raharjo – Semarang

JAWAB :

Crystal Bio

Crystal Bio (CB) adalah salah satu jenis media filter yang di rancang sebagai tempat untuk memaksimalkan perkembangan koloni bakteri nitrifikasi pada sistem filter biologi. CB secara fisik seperti batu apung namun memiliki lebih banyak rongga atau pori-pori. Karena CB adalah media buatan, maka tentu dibuat sedemikian rupa sehingga mampu berfungsi secara maksimal sebagai rumah bagi bakteri nitrifikasi.

Jika dibandingkan dengan media sejenis lainnya, maka CB memiliki permukaan 10 kali lebih luas. Selain itu CB lebih ringan dan tidak mengeluarkan bau atau zat kimia yang dapat mencemari air kolam.

Dengan demikian, penggunaan media ini dapat menghemat tempat atau dapat memaksimalkan fungsi filterasi kolam koi. Selain itu CB juga membantu mempercepat kondisi matang (mature) pada sistem filter biologi, terutama untuk kolam baru.

Mengenai harga BC ini  relatif lebih mahal dibandingkan dengan media lainnya, karena selain BC masih merupakan produk import (Jepang), namun  dengan mempertimbangkan kemampuannya sebagai media filter yang dapat berfungsi maksimal, maka harga tak perlu dipersoalkan.

 

3. POPULASI KOI

TANYA :

Saya punya kolam di rumah tidak terlalu besar yaitu sekitar 5 Ton. Panjang 3 m, lebar 2 m dan tinggi 80 cm. Apakah dengan kolam itu, koi saya bisa cepat besar (jumbo)?

Terimakasih atas penjelasannya. Salam.

Taufik Hidayat – Bandung

JAWAB :

Untuk diketahui bahwa kecepatan pertumbuhan koi sangat dipengaruhi faktor genetika. Namun tentu saja perlu perawatan yang baik dan kondisi kolam yang menunjang. Kolam anda sudah cukup baik untuk memelihara koi di rumah.

Mengenai apakah koi bisa cepat besar jika dipelihara di dalam kolam anda, itu tergantung dari faktor keturunannya. Jika koi anda berasal dari pasangan induk yang besar (jumbo) maka juga berpotensi jadi koi jumbo.

Namun demikian, karena anda tidak mengetahui bagaimana kondisi induknya, maka sebaiknya yang dilakukan dalam merawat koi adalah selalu menjaga kualitas air agar tetap stabil dan gunakan pakan (pelet) dengan mutu yang baik, khususnya untuk menunjang pertumbuhan koi.

Memelihara koi sebaiknya sedikit tapi berkualitas. Maksudnya adalah mengutamakan kualitas koi, bukan kuantitasnya. Sebagai gambaran berapa jumlah populasi yang ideal untuk kolam anda, bisa di hitung dengan menggunakan formula sbb :

(P XL) / S / 150

P=Panjang Kolam (cm)

L= Lebar Kolam (cm)

S = Size/ Ukuran koi (cm)

150 = Konstanta

Jika panjang koi rata-rata 30 cm, maka untuk kolam  dengan panjang 300 cm dan lebar 200 cm (tidak mempersoalkan tinggi air kolam) maka perhitungannya :

300  x  200 : 30 : 150 = 13,33

Jadi, idealnya jumlah koi yang ada di kolam anda adalah 13 atau 14 ekor.

4.TATEGOI

TANYA :

Mohon dijelaskan mengenai Tategoi dan bagaimana cara mengetahui apakah seekor koi adalah Tategoi atau bukan?

Terimakasih atas pencerahannya

 William Chandra – Surabaya

JAWAB :

Sebagian kalangan mendefinisikan TATEGOI adalah sebagai koi masa depan. Ada pula yang menyebutnya Dream Koi (Koi Impian), maksudnya bahwa Tategoi adalah seekor koi yang penampilannya untuk saat ini tampak kurang bagus (karena pertumbuhan pola dan warnanya belum sempurna) namun setelah beberapa tahun kemudian diprediksikan akan menjadi koi bagus dan bisa tampil sebagai juara jika mengikuti kontes koi (Koi Show). Ibarat kata koi Tategoi itu adalah sekuntum bunga yang masih kuncup dan akan terlihat keindahannya ketika sudah mekar suatu saat nanti.

Bagaimana cara menilai koi apakah seekor Tategoi? Hal ini tidaklah mudah, sebab memerlukan pengalaman yang cukup dalam menilai apakah koi  adalah Tategoi atau bukan. Biasanya Tategoi sudah bisa diketahui sejak berumur dibawah 1 tahun (Tosai).

Namun demikian, prediksi terhadap seekor Tategoi tak jarang meleset dari apa yang diharapkan, sebab perkembangan pola, warna dan bentuk badan koi dipengaruhi banyak faktor, diantaranya faktor genetik, kualitas perawatan dan pakan, juga kondisi kolam.

Berikut ini contoh TATEGOI

 

Telah dibaca 62 x, hari ini 1 x
BUKU GILA KOI

BUKU GILA KOI

Cara Memelihara Koi dan Apresiasi

Lihat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat