Perebutan Makanan antara Koi Besar VS Koi Kecil -Tanya/Jawab

Dari : Sufenia Marshiella
Email : smwroxy@gmail.com
Kategori : Minta Pencerahan
Isi : 
Saya mempunyai 30 ekor koi dengan berbeda besarnya. Saya melihat bahwa koi yang
besar dan lincah adalah yang mepunyai nafsu makan yang lebih besar dibangdingkan
yang kecil2. Apa ini akan membuat masalah karna sewaktu saya memberi makan untuk
ikan2, yang kecil2 terkadang tidak kebagian makanan. Apa saya harus mempisahkan si
kecil2 dari yang lincah dan nafsu makan besar agar mereka bisa dapat makan? 
Selain itu, berapa kali harus saya memberi makan kepada ikan2 saya dan seberapa banyak?

koi besar

JAWAB :

Memang begitulah yang terjadi apabila di dalam satu kolam, terdapat koi dengan ukuran yang berbeda. Sudah barang tentu. Yang besar tentu akan mengalahkan yang kecil dalam perebutan makanan. Permasalahannya adalah Koi kecil tak kebagian makanan.

Untuk mengatasi hal tersebut, tidak perlu memisahkan antara yang besar dan yang kecil namun dengan cara memberi pakan pelet dengan ukuran kecil. Maksudnya adalah dengan ukuran pakan pelet yang kecil tersebut, maka yang Kecil akan memperoleh kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan makanannya.

Mengapa demikian?

Pada satu waktu pemberian pakan, dengan berat pakan yang sama, maka jumlah butiran pelet kecil tentu lebih banyak jumlahnya dibanding pelet berukuran besar. Dengan demikian, maka yang besar juga akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menghabiskan pakan kecil tersebut. Nah, dengan adanya kondisi ini, maka Koi kecilpun punya lebih banyak kesempatan untuk meraih pelet yang ada. Bahkan bisa saja justru Koi kecil yang makan lebih banyak.

Untuk mengatasi agar semuanya memperoleh jatah pakan yang sama, maka anda dapat mencampur pelet besar dan pelet kecil, dengan demikian maka secara bersamaan, antara koi yang besar dan kecil punya kesempatan makan yang sama.

Cara memberi pakan yang benar

Di dunia yang sempurna, kita semua akan berada di kolam, memberi makan Koi kita beberapa kali sehari untuk meniru kebiasaan makan mereka di alam. Sayangnya, kebanyakan dari kita tidak memiliki kemewahan ini…

Yang terpenting, pemberian makan dan makanan yang benar adalah unsur utama untuk meningkatkan kesehatan, kebahagiaan, dan umur panjang ikan Anda.  Penting bagi Anda untuk tetap memberi makan ringan setiap hari!

Teknologi pemberian makan otomatis telah membuat hobi Koi lebih menyenangkan tetapi ingat bahwa nutrisi sama pentingnya dengan kesenangan!

Read More

Sama seperti manusia, apa yang Koi Anda makan adalah apa adanya. Jika Anda makan makanan yang buruk, seperti hamburger cepat saji setiap hari, Anda akan sakit. Jika Anda makan sehat, Anda akan tetap sehat dan terlihat awet muda. Begitu pula dengan ikan Anda.

Selalu Hindari Makanan Koi yang Murah!

Ada alasan mengapa makanan murah itu tidak baik. Koi Anda mungkin meminta makanan murah seperti burger tetapi terserah Anda sebagai pihak yang bertanggung jawab untuk membuat keputusan yang sehat atas nama mereka. Bagaimanapun, bayi Koi Anda mendapatkan semua makanannya dari Anda, suka atau tidak!

Tolong jangan memberi pakan murah kepada ikan Anda. Jenis makanan yang Anda pilih tidak hanya memengaruhi kesehatan ikan Anda secara langsung, tetapi juga memengaruhi kualitas air.

Makanan Koi yang murah memiliki banyak kualitas rendah, bahan-bahan lama, dan pengisi. Mungkin terlihat bagi Anda bahwa ikan Anda makan banyak saat mereka makan makanan murah ini, tetapi itu hanyalah ilusi, karena tidak bertahan lama di dalam tubuh mereka. Sebagian besar hanya akan dibuang sebagai limbah, berkontribusi pada kualitas air yang buruk dari kolam Anda, membebani filter Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.