8 Ciri-ciri Kolam Koi Yang Baik

kolam koi yang baik

Semua pemelihara koi tentu ingin memiliki sebuah kolam dengan sistem filter yang baik agar koi peliharaannya dapat tumbuh dengan baik dan sehat.  Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah, “Bagaimana anda bisa mengetahui sebuah kolam, apakah sudah berfungsi dengan baik?”

Ciri-ciri Kolam Yang Baik

Menilai kualitas sebuah kolam koi, dapat dilakukan dengan mengamati secara fisik terhadap kondisi kolam. Beberapa hal berikut ini adalah cici-ciri kolam koi yang baik, jika dilihat dari penampilannya yaitu :

1.  Luas kolam

Luas kolam adalah hal paling penting dalam memelihara koi. Kolam yang terlalu sempit, tentu akan membatasi ruang gerak koi. Koi memerlukan ruang gerak yang cukup untuk dapat hidup dengan nyaman dan tumbuh secara maksimal. Oleh karena itu, sebaiknya luas kolam minimal yang diperlukan adalah sekitar 6 m2.

2. Bentuk Kolam

Bentuk kolam yang baik adalah memiliki ukuran panjang dan lebar yang seimbang. Misalnya jika panjangnya 3 meter maka sebaiknya memiliki lebar sekitar 2-3 meter. Mengapa demikian? Sebab dengan penampang kolam yang luas maka memberi ruang gerak yang cukup untuk koi. Hindari membuat kolam yang berbentuk memanjang seperti parit, apalagi yang berkelok-kelok. Hal ini tentu akan membuat penampilan lebar kolam tampak sempit dan membatasi ruang gerak koi.

3. Kedalaman Kolam

Idealnya, kolam koi memiliki kedalaman antara 1 – 1,2 m. Namun demikian, kedalaman air kolam juga harus disesuaikan dengan luasnya. Hindari membuat kolam yang sempit namun dalam. Hal ini kurang baik dari sisi penampilan sebab seperti sebuah sumur. Jika memang luas kolam anda 5 atau 6 m2, maka kedalaman kolam cukup 1 meter saja. Semakin luas panampang kolam, boleh saja menambahkan kedalamannya. Namun demikian, kolam yang luas lagi dalam, biasanya untuk memelihara koi dengan ukuran besar atau jumbo. Jika anda memelihara koi dengan ukuran rata-rata dibawah 50 cm, maka dengan kedalaman kolam 1 meter saja sudah cukup baik.

4. Air yang bening

Memang, air yang bening bukan serta merta berarti membuat koi hidup dengan nyaman. Tapi pastikan bahwa air yang bening adalah hasil proses filterasi yang baik dan benar. Dengan demikian, jika air kolam anda tampak keruh, maka berarti proses filterasi belum maksimal, sehingga perlu anda periksa lagi pada sistem filternya, apakah secara teknis sudah benar dan penggunaan media filter sudah sesuai dengan fungsinya.

5. Tidak berbusa

Pada permukaan air kolam yang baik, tidak ada busa. Jadi akan tampak bersih dan bening pada permukaan airnya. Hal ini bisa saja karena kolam telah dilengkapi lobang skimmer, untuk menangkap busa atau gelembung pada permukaan air. Atau bisa juga karena di dalam sistem filternya sudah dilengkapi dengan  menggunakan Rotary Drum Filter (RDF) atau instalasi skimmer.  Air yang berbusa bisa juga sebagai indikasi adanya koi yang sakit atau telah terjadi proses pemijahan.

5. Aerasi

Aerasi adalah proses untuk meningkatkan kadar oksigen yang larut dalam dalam air. Beberapa cara untuk menambah aerasi adalah dengan membuat air terjun atau air mancur. Namun yang perlu diperhatikan adalah posisi jatuhnya air dari air terjun atau air mancur tidak terlalu tinggi. Jatuhnya air idealnya sekitar 30 cm dari permukaan air kolam. Mengapa demikian? Sebab jika titik jatuhnya air terlalu tinggi akan menimbulkan busa halus, akibat percikan air dari ketinggian.

Read More

Oleh sebab itu, buatlah air terjun yang dapat membentuk jatuhan air seperti kipas dengan ketinggian sekitar 30 cm saja. Namun demikian, hal ini tidak menghasilkan aerasi yang cukup. Untuk itu tambahkan pompa udara atau air blower untuk mempertahankan kadar oksigen yang cukup.

6. Koi bergerak aktif

Salah satu ciri kolam yang baik adalah koi bergerak aktif ke segala penjuru. Tidak ada satupun koi yang berdiam diri. Semua koi berenang  dengan tenang tanpa henti. Dengan demikian jika ada koi yang tampak diam, pastikan bahwa koi tersebut tidak sedang terserang penyakit. Sebaiknya anda memelihara koi sedikit saja namun berkualitas.

7. Koi jinak

Koi tampak jinak dan dengan cepat bergerak mendekati anda, apalagi jika anda sedang memberinya pakan langsung dari tangan (hand feeding). Kolam yang baik akan membuat koi tidak merasa takut dan anda dengan mudah mengelusnya saat koi mendekat.

 8. Warna Koi cemerlang

Kolam yang baik menghasilkan kualitas air yang dibutuhkan oleh koi, sehingga membuat koi merasa nyaman. Jika koi merasa nyaman, maka penampilan warnanya juga akan tampak cemerlang.

Demikianlah 8 hal sebagai ciri-ciri kolam koi yang baik. Jika kolam anda memiliki semua ciri-ciri tersebut, maka bisa dipastikan bahwa anda telah berhasil membangun kolam yang baik untuk koi.

Semoga bermanfaat..

Doni Bastian

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.