MITOS AIR BENING – Benarkah Koi Membutuhkan Air Bening ?

air bening

Sebuah kolam dengan air yang bening, tentu menjadi idaman bagi semua pemelihara Koi. Namun demikian benarkah Koi membutuhkan air bening agar dapat hidup sehat?

Banyak yang salah menafsirkan bahwa jika air dalam keadaan bening, maka kolam dalam kondisi baik untuk memelihara Koi. Padahal sesungguhnya ikan Koi tidak semata-mata membutuhkan air yang bening.

Mungkin ada yang bertanya, jika Koi tidak membutuhkan air bening lalu air seperti apa yang dibutuhkannya?

Habitat Koi

Tempat hidup atau habitat asli Koi adalah sebuah danau yang luas dengan air yang tenang. Jika kita amati kondisi air di dalam habitat asli Koi tersebut, ternyata kondisinya tidaklah sebening kaca. Bahkan terkadang warna airnya hijau sehingga Koi yang ada tidak terlihat. Namun demikian, meskipun berada di dalam air yang tidak bening, Koi dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik.

Jadi dengan demikian yang paling utama dibutuhkan oleh Koi sesungguhnya bukanlah air yang bening, namun yang nyaman bagi mereka untuk hidup.

Kolam Koi Yang Baik

Kolam yang baik selain sebagai tempat hidup Koi juga dapat mempercantik penampilan rumah anda. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan agar kolam Koi dapat berfungsi dengan baik.

1. Sistem Filter

Read More

Hal terpenting dalam membangun kolam Koi adalah menyediakan sistem filterasi kolam dengan baik dan benar. Kolam Koi adalah bangunan buatan yang harus dibuat sedemikian rupa agar kondisi airnya menyerupai pada habitat aslinya. Bukan masalah luas atau dalamnya air kolam namun yang harus diutamakan adalah bagaimana caranya agar air kolam dapat dikelola untuk menjaga kualitasnya.

2. Lokasi Kolam

Dimanakah lokasi kolam yang terbaik? Lokasi kolam yang baik dapat dipilih sesuai dengan keinginan anda. Meski tak ada keharusan di titik mana lokasinya namun kolam Koi sebaiknya memang berada di luar rumah (outdoor). Meski demikian boleh saja lokasi kolam berada di dalam rumah (indoor) namun jangan sampai mengganggu kenyamanan dan kesehatan para penghuni rumah.

3. Populasi Koi

Jumlah Koi yang menghuni kolam tak boleh terlalu banyak. Sebab Koi juga perlu ruang hidup yang cukup agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Ingat prinsip, “Lebih Baik Memelihara Koi Sedikit Tapi Berkualitas”.

4. Fasilitas Karantina

Fasilitas Karantina Koi wajib disediakan jika anda memiliki kolam Koi. Hal ini diperlukan sewaktu-waktu terutama untuk merawat Koi sakit atau untuk menampung Koi baru sebelum masuk ke kolam utama.

Memang, kolam Koi yang ideal adalah dengan airnya yang bening namun pastikan bahwa beningnya air adalah sebagai hasil dari proses sistem filterasi yang baik dan benar.

Doni Bastian

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.