Inilah 6 (Enam) Penyebab Kolam Koi Berbusa

kolam koi berbusa

Kolam koi berbusa selain menganggu pemandangan, juga membuat koi tidak nyaman. Sebaliknya, kolam yang baik dan nyaman bagi kehidupan koi adalah yang relatif terbebas dari busa (bubble free). Namun demikian, bisa saja suatu ketika terjadi secara tiba-tiba pada air kolam anda terdapat banyak busa seperti busa sabun. Busa atau gelembung yang ada di permukaan air, membuat kolam koi tampak kotor dan juga menghalangi pandangan untuk menikmati indahnya warna-warni koi

Seringkali terjadi pada kolam yang baru selesai dibangun, biasanya terdapat busa berwarna putih di permukaan air. Hal ini bisa jadi karena adanya sisa-sisa bahan bangunan atau reaksi air terhadap cat yang digunakan untuk melapisi dinding kolam. Namun demikian, jika kolam anda sudah cukup lama beroperasi, lalu tiba-tiba timbul busa, maka ada beberapa kemungkinan yang terjadi sebagai berikut :

1. Air terjun (Water Fall)

Jika kolam anda dilengkapi dengan air terjun (water fall) atau air mancur (fountain), maka hal ini dapat menyebabkan timbulnya banyak busa. Sebab semakin tinggi jarak jatuhnya air dari pancuran ke permukaan kolam, maka air seperti dikocok-kocok bukan? Teknik memecah air seperti ini juga digunakan dalam proses protein skimmer. Oleh sebab itu, sebaiknya jika membuat air terjun sebagai penghias kolam, maka kondisikan agar jarak jatuhnya air tidak terlalu tinggi.

2. Pompa Udara (Air Blower)

Untuk menambah kadar oksigen pada air kolam biasanya digunakan aerator berupa pompa udara (air pump atau air blower). Namun demikian jika intensitas aerasi berlebihan, juga dapat mengakibatkan timbulnya banyak busa pada permukaan air kolam

3. Pemijahan Koi (Spawning)

Coba amati koi anda, apakah sebelumnya ada yang perutnya buncit karena menggendong telur? Kemungkinan ada koi anda yang baru saja mengalami proses pemijahan (perkawinan). Busa yang timbul pada permukaan air kolam adalah karena adanya sperma yang dikeluarkan oleh koi jantan untuk membuahi telur dari koi betina.

Untuk memastikannya, coba amati dari jarak dekat pada dinding kolam, terutama pada bagian yang tersentuh permukaan air, biasanya terdapat butiran telur koi berwarna bening yang menempel disana. Telur koi yang dikeluarkan oleh induk betina saat pemijahan sangat banyak hingga puluhan ribu butir. Biasanya yang tidak menempel di dinding kolam akan dimakan oleh koi-koi lainnya. Namun tentu ada sebagian telur yang menempel pada dinding kolam bisa dilihat, jika memang ada koi yang baru saja melakukan pemijahan.

4. TDS atau DOC yang meningkat

Salah satu penyebab timbulnya busa pada air kolam adalah karena meningkatnya TDS (Total Dissolve Solid) atau DOC (Dissolved Organic Compounds). Keduanya adalah sebagai parameter untuk mengetahui kualitas air kolam (water quality). Artikel tentang Water Quality bisa dibaca disini.

TDS adalah untuk mengukur kadar KH, GH, kotoran ikan , sisa makanan dan berbagai kandungan zat kimia yang terlarut dalam air kolam. Demikian juga dengan DOC. Idealnya, TDS semakin rendah, maka semakin baik bagi kesehatan, terutama mempercepat pertumbuhan koi.

TDS yang meningkat biasanya akibat terlalu banyak memberikan pakan (over feeding) atau sudah waktunya mengganti air kolam dengan air baru. Pakan koi yang berkualitas rendah, juga bisa membuat air menjadi cepat berbusa.

Read More

Oleh sebab itu, gunakan pakan yang berkualitas dan berikan secukupnya saja sesuai dengan populasi koi. Selain itu, lakukan penggantian air secara berkala, untuk menjaga kualitas air kolam anda.

5. Kadar Ammonia tinggi

Ammonia adalah zat yang paling berbahaya bagi kehidupan koi jika kadarnya melebihi ambang batas normal. Ammonia sesungguhnya adalah kotoran dari proses metabolisme dari tubuh koi yang dikeluarkan melalui insang dan anus. Air yang berbusa bisa juga sebagai pertanda tingginya kadar ammonia yang larut di dalam air kolam. Hal ini biasanya akibat sistem filter yang kurang memadai atau tidak berjalan dengan baik.

6. Algae bloom

Algae adalah tumbuhan bersel satu yang hanya dapat dilihat dengan microscope.  Ada beberapa jenis algae yang dbisa menimbulkan gangguan pada kolam koi antara lain membuat air kolam berwarna hijau, dan juga terkadang membuat air kolam berbusa, ketika alga sedang berkembang yang dikenal dengan istilah Algae Boom

Demikianlah sekilas tentang kolam koi berbusa,  semoga bermanfaat..

#gilakoi

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.