GilaKoi

The Indonesian Koi Kichi

e-book GILA KOI – Diskon 50 %

Hati-hati Menggunakan Antibiotik Untuk Menyembuhkan Koi Sakit

antibiotik

Kultur Bakteri

Mungkin ada di antara anda yang merasa frustasi menggunakan berbagai jenis obat untuk menyembuhkan suatu penyakit, namun koi tak kunjung sembuh dan akhirnya mati. Apalagi koi yang ada di kolam anda terkena wabah penyakit secara masal. Ada juga yang sampai berpikir atau coba-coba untuk menggunakan obat antibiotik demi menyembuhkan koi-koi kesayangannya.

Nemun demikian, penggunaan obat jenis antibiotik ini sesungguhnya tak boleh dilakukan secara asal-asalan apalagi untuk coba-coba. Mengapa ? Sebab jika penggunaan antibiotics secara berlebihan (melebihi dosis yang tepat) bukan menyembuhkan penyakit tapi dampaknya malah membuat bakteri dan kuman penyebab penyakit menjadi resisten (kebal obat).

Ada berbagai jenis antibiotics yang bisa digunakan tapi harus sesuai dengan peruntukannya yaitu untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri tertentu. Atau dengan kata lain, jika anda tidak mengetahui secara pasti jenis bakteri apa yang sedang menyerang koi anda, maka jangan sembarang menggunakan obat antibiotics.

Jika salah dalam menggunakannya, justru bakteri yang harusnya bisa dibasmi dengan dosis tertentu, akan menjadi kebal dan sulit dibasmi. Kelebihan dosis atau terlalu sering menggunakan antibiotik menyisakan residu berbahaya di dalam tubuh koi.  Obat antibiotics harus digunakan dalam dosis yang tepat untuk membasmi bakteri atau kuman tertentu.

Apakah semua jenis antibiotik boleh digunakan untuk ikan atau koi?

Tidak. Sebab ada jenis antibiotik tertentu yang dapat merusak lingkungan hidup di perairan sekitar. atau dapat meracuni manusia yang mengkonsumsi ikan. Oleh sebab itu, pemerintah telah mengatur jenis antibiotik apa saja yang boleh digunakan untuk ikan/koi.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan NO 52/KEPMEN-KP/2014 Tentang Klasifikasi Obat Ikan, terdapat 3 golongan antibiotics yang boleh digunakan untuk mengobati penyakit ikan, yaitu ;

No Golongan Nama Zat Aktif
1 Tetrasiklin Klortetrasiklin
Oksitetrasiklin
Tetrasiklin
2 Makrolida Eritromisin
3 Kuinolon Enrofloksasin

Dalam Keputusan Menteri tersebut, antibiotics digolongkan dalam obat keras dalam daftar obat ikan.

Antibiotik untuk membubuh bakteri bukan virus

Yang perlu dicatat disini adalah bahwa obat antibiotik memang diciptakan untuk membunuh bakteri, sebab virus tak bisa diobati. Lalu bagaimana jika tubuh koi terserang virus?. Virus hanya bisa dibasmi oleh sistem imun (kekebalan) yang ada di dalam tubuh koi. Oleh karena itu, kondisi koi harus dalam keadaan sehat (fit) sehingga sistem kekebalan tubuhnya berada dalam kondisi prima sehingga tak mudah terserang penyakit. Manakala koi dalam keadaan stres, maka sistem kekebalan tubuhnya menurun. Nah, pada kondisi seperti inilah maka virus mulai menyerang.

Penyakit paling ganas yang disebabkan oleh virus adalah KHV (Koi Herpes Virus). Pada umumnya, jika koi anda terserang penyakit secara masal terutama jika ada koi baru, maka KHV inilah yang menjadi biang keladinya. Jika koi anda terserang KHV, jangan pernah berpikir bisa mengobatinya dengan menggunakan antibiotik. Sebab sekali lagi, antibiotik tak akan ada pengaruhnya jika penyebab penyakitnya adalah virus. Mengenai penyakit KHV selengkapnya bisa dibaca disini.

Janis bakteri apa saja yang membahayakan kesehatan koi dan bagaimana cara menggunakan antibiotik secara benar?

Ikuti terus artikelnya di situs GilaKoi.com ini..

#donibastian

 

Telah dibaca 470 kali, hari ini 1 kali




Updated: 30/03/2018 — 00:13

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

GilaKoi © 2015 - Indonesian Koi Kichi